April 26, 2024

Memiliki bisnis mungkin menjadi impian banyak orang, tetapi untuk membuat bisnis diperlukan perencanaan yang tepat. Tidak hanya perencanaan matang, membuka usaha baru juga membutuhkan modal yang cukup besar. Perkara tersebut sering membuat orang mengurungkan niatnya untuk membuat bisnis baru. Namun, sebenarnya terdapat beberapa peluang usaha modal kecil yang menjanjikan. Penghasilan yang mungkin didapatkan dari ide usaha tersebut juga cukup besar. 

Membuat usaha baru memang gampang-gampang susah, tidak semua orang mampu untuk melihat peluang usaha yang sedang naik daun. Oleh karena itu, pada artikel kali ini, kami akan memberikan ide-ide peluang usaha dengan modal kecil yang dapat Anda coba. Anda bisa melihat dan memilih sendiri mana usaha yang paling cocok untuk diri Anda.

Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Membuka Bisnis Sendiri

Sebelum membuka bisnis baru Anda, ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelumnya. Membuka bisnis tidak dapat dijalani dalam waktu satu malam saja. Butuh perencanaan yang matang dan tergantung dari besarnya usaha yang Anda rencanakan, dibutuhkan waktu perencanaan yang bisa memakan waktu yang tidak sebentar. 

Menjalankan bisnis memang selalu menggiurkan. Selain memberikan keuntungan yang besar, membuka bisnis juga memberikan Anda kesempatan untuk menjalankan passion milik Anda. Salah satu alasan terbesar seseorang membuka bisnis pribadi adalah keinginan untuk memiliki kebebasan mengatur dan menjalankan pekerjaan. Namun, tentunya hal ini tidak semudah yang dibayangkan. Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum membuka bisnis sendiri.

Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/orang-orang-meja-tulis-kantor-bekerja-7437090/

Jalani Bisnis Sesuai Passion Anda

Bisnis itu bukan pekerjaan jangka pendek, Anda harus berpikiran panjang sebelum membuka bisnis. Oleh karena itu, buatlah bisnis sesuai dengan apa yang Anda sukai, ikuti passion milik Anda. Hal ini agar bisnis tidak terasa seperti pekerjaan yang membebani, tetapi terasa sebagai hobi yang Anda nikmati. Dengan mindset dan perasaan senang menjalankan pekerjaan setiap hari, Anda akan lebih menikmati semua proses bisnis yang akan dilalui.

Bisnis Mungkin Membuat Rugi Dan Tidak Langsung Sukses

Realita utama dari menjalankan bisnis adalah kemungkinan bisnis yang Anda buat mendapatkan kerugian, bahkan harus membuat Anda gulung tikar. Namun, begitulah realitanya. Hal yang dapat Anda lakukan adalah mempersiapkan diri, bisnis, dan segala kebutuhannya. Anda dapat mempersiapkan dana darurat untuk bisnis milik Anda atau strategi lainnya saat bisnis berjalan kurang baik. 

Kenali Persaingan Usaha

Persaingan dalam usaha adalah hal yang lumrah terjadi, tetapi sebagai pelaku usaha, Anda harus mampu mengenali persaingan di pasar usaha. Lakukanlah riset terlebih dahulu di bidang usaha yang akan Anda jalani. Jika tidak, mungkin saja usaha yang ingin Anda bangun kalah bersaing dengan kompetitor.

Peluang Usaha Modal Kecil

Nah, setelah melihat hal-hal yang perlu diketahui sebelum membuka bisnis, berikut kami berikan beberapa ide untuk peluang usaha dengan modal kecil. Mungkin salah satunya dapat Anda coba sendiri.

Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/mitra-bisnis-menutup-kesepakatan-di-kantor-5668510/

1. Kursus

Peluang usaha dengan modal minim yang pertama adalah kursus. Jumlah pelajar di Indonesia semakin meningkat dan mendorong kebutuhan guru les, untuk mata pelajaran apapun. Jika Anda memiliki keahlian dibidang tertentu mungkin membuka usaha kursus bisa jadi ide usaha yang menarik untuk Anda. Mulai dari kursus bimbel, bahasa, dan pelajaran-pelajaran lainnya, semuanya bisa Anda jalani. Saat ini, kursus juga bisa dilakukan secara online atau guru datang langsung ke rumah murid. Hal tersebut akan membuat modal yang harus Anda keluarkan makin minim. Lalu, setelah usaha Anda mulai membuahkan hasil, mungkin Anda dapat memperbesar usaha Anda dengan menggaet pengajar-pengajar lainnya.

2.Event Organizer

Jenis usaha yang satu ini cukup diminati banyak orang, mengingat kebutuhan akan perencanaan event semakin meningkat, semakin banyak event organizer baru yang tumbuh. Walaupun masa pandemi membuat usaha jenis ini menurun, tetapi permintaan akan event organizer masih cukup tinggi. Setiap orang tentunya ingin rangkaian acara mereka berjalan dengan baik dan dengan alasan tersebut, event organizer masih sering dicari. Kreativitas menjadi kunci utama untuk membangun bisni EO yang sukses. Selain itu, untuk menjalani usaha ini, Anda juga memerlukan orang-orang yang dapat membantu Anda untuk menjaga kelancaran event, mencari vendor, dan lain-lainnya. Diperkirakan setelah pandemi terkendali, kebutuhan orang-orang akan event organizer juga akan semakin meningkat tinggi.

3.Jasa Freelancer

Apakah kalian pernah mendengar istilah freelancer? Freelancer sendiri merupakan istilah untuk pekerja lepas. Artinya pekerja yang tidak berafiliasi dengan perusahaan, tetapi melakukan pekerjaan yang dibutuhkan oleh perusahaan. Pekerjaan freelance juga tidak hanya satu jenis saja. Saat ini ada banyak pekerjaan freelance, mulai dari graphic designer, penulis, pembuat aplikasi atau website, dan masih banyak lagi. Jika Anda memiliki keahlian tertentu, mungkin peluang usaha freelance bisa Anda coba. Mungkin hal ini tidak terdengar seperti bisnis, tetapi jika dikembangkan dengan baik, Anda dapat memperluas usaha Anda menjadi penghubung antara freelancer dengan pihak yang membutuhkan freelance.

4.Dropshipper

Dropshipper merupakan peluang usaha yang memungkinkan Anda memulai usaha tanpa modal atau dengan modal yang terjangkau. Meskipun begitu, usaha ini memungkinkan Anda untuk menghasilkan uang yang tidak sedikit. Model usaha dropshipping sebenarnya mirip dengan reselling. Keuntungan didapatkan dari selisih harga jual. Bedanya, dropshipping tidak menuntut seseorang untuk membeli produk dalam jumlah banyak atau menyetok barang di gudang atau toko. Dropshipper juga biasanya dilakukan secara online dan lebih mudah ditangani. 

5.Berjualan Online

Satu lagi peluang usaha modal kecil yang tidak boleh dilewatkan. Berjualan online seakan menjadi jenis usaha yang banyak diminati banyak orang. Hal ini karena Anda memiliki kebebasan untuk menjual barang apapun yang Anda sukai. Anda bisa berjualan makanan ringan, mainan, buku, dan barang-barang lainnya. Apalagi dengan adanya online shop yang semakin banyak, Anda dapat berjualan online dengan lebih mudah, aman, dan terjamin. Tidak sedikit orang yang berhasil mendapatkan penghasilan besar dari berjualan online. Modal yang harus dikeluarkan untuk membuat usaha jenis ini juga sangat minim, tetapi juga bergantung pada barang yang ingin Anda jual. Bahkan tidak sedikit orang yang memperluas pasarnya ke ranah internasional atau bahkan membuat toko fisik sendiri.

Mendapatkan Modal Untuk Membuka Usaha

Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/tangan-uang-memegang-keuangan-4968655/

Sudah bukan rahasia lagi bahwa mencari modal untuk usaha memang cukup sulit untuk dilakukan. Ada banyak orang yang tidak berhasil membangun bisnis pribadinya karena kurangnya modal dan sulit untuk mencari modal usaha. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena lewat kiniTunai dari Danakini, Anda bisa mendapatkan pinjaman uang tunai untuk kebutuhan Anda. Salah satunya untuk kebutuhan usaha. 

Anda bisa mendapatkan pinjaman uang tunai dengan mudah melalui mobile apps Danakini yang dapat diunduh melalui Apps Store dan Google Play Store. Ajukan limit pada aplikasi mobile Danakini dan setelah itu Anda dapat menggunakan produk-produk dari Danakini, seperti kiniTunai. Sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi untuk mencari modal untuk membuka usaha Anda pribadi. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Danakini, silahkan langsung menuju website Danakini.

About Author

Indakhila Putri

1 Comment

    […] Peluang Usaha Modal Kecil Yang Menjanjikan […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *