April 27, 2024

Beli rumah atau apartemen – Tempat tinggal menjadi kebutuhan utama setiap orang. Tempat tinggal tidak hanya sebatas tempat berteduh, tidur, dan melakukan aktivitas sehari-hari saja. Tempat tinggal menjadi suatu hal yang penting, gambaran dari pemiliknya dan sangat penting bagi pemilik untuk membuat tempat tinggal senyaman mungkin. Gaya hidup di kota-kota besar juga membuat tempat tinggal berevolusi. Tempat tinggal tidak hanya rumah belaka, tetapi juga gaya lain seperti apartemen. Tuntutan kota besar mendorong orang-orang untuk memilih tempat tinggal yang dekat dengan berbagai kebutuhan. Lahan-lahan yang juga semakin sempit membuat apartemen menjadi semakin banyak dan mudah untuk didapatkan. Hal ini membuat orang-orang memiliki beberapa pilihan untuk tempat tinggal, tetapi mana yang harus dipilih? Beli rumah atau apartemen? 

Namun, dari kedua pilihan tersebut, banyak orang yang bertanya. Mana pilihan yang lebih baik? Jawabannya tergantung dari kebutuhan orang masing-masing. Orang-orang memiliki kebutuhan yang berbeda dan tergantung dari kebutuhan tersebut, tempat tinggal yang sesuai untuk Anda juga dapat berbeda. Apartemen dan rumah memberikan keuntungan masing-masing. Jadi, sebelum memilih tempat tinggal, kenalilah kebutuhan masing-masing.

Selain berfungsi sebagai tempat tinggal, apartemen dan rumah juga memberikan berbagai keuntungan sendiri. Memiliki properti seperti dua hal tersebut juga memakan biaya yang tidak sedikit. Biasanya pertimbangan saat memilih rumah atau apartemen adalah biaya dan luas hunian. Biasanya rumah memiliki luas hunian yang lebih besar, tetapi datang dengan biaya yang cukup besar pula. Sementara itu, apartemen menawarkan hunian yang minimalis dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan orang. Misalnya apartemen dengan 2 kamar, 1 kamar atau tipe studio. Oleh karena itu, harga yang ditawarkan oleh apartemen juga biasanya lebih terjangkau. 

Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/cahaya-tembok-meja-dalam-7031831/

Pertimbangan Sebelum Beli Rumah Atau Apartemen

Selain dua pertimbangan di atas, masih ada beberapa pertimbangan lainnya yang patut Anda pikirkan sebelum membeli tempat tinggal.

1. Hak pemilik rumah dan apartemen

Dengan membeli tempat tinggal sesuai dengan pilihan Anda, terdapat pula hak yang didapatkan oleh orang masing-masing. Perlu diketahui bahwa jika Anda membeli rumah, maka Anda juga membeli tanah tempat rumah tersebut berdiri. Sementara itu, membeli apartemen berarti membeli salah satu ruangan yang ada di dalamnya. Namun, dengan membeli atau menyewa apartemen tersebut, Anda juga bisa menikmati berbagai fasilitas yang diberikan. 

2. Biaya Tambahan

Setelah membeli tempat tinggal, masih terdapat biaya-biaya lainnya yang harus dikeluarkan guna merawat tempat tinggal. Jika Anda membeli rumah, Anda perlu mengeluarkan biaya dalam beberapa waktu untuk merawat hunian tersebut. Sementara itu, pemeliharaan apartemen dilakukan oleh developer. Namun, setiap bulannya Anda masih harus mengeluarkan biaya untuk pemeliharaan dan biaya lain seperti biaya keamanan. 

3. Fasilitas

Fasilitas yang diberikan juga harus menjadi pertimbangan. Apartemen biasanya berlokasi di pusat kota, mudah untuk dikenali, dan dekat dengan berbagai tempat seperti mall, pusat perbelanjaan, kantor, dan lain-lain. Fasilitas lainnya yang diberikan oleh apartemen biasanya adalah kolam renang, gym, taman, dan lainnya. Jika fasilitas tersebut merupakan kebutuhan Anda, hal ini patut jadi bahan pertimbangan. Sementara itu rumah biasanya berada di pinggir kota, dekat atau jauhnya rumah dengan berbagai lokasi bergantung dari rumah yang Anda pilih. 

4. Keamanan

Tempat tinggal yang baik adalah tempat tinggal yang mampu memberikan rasa nyaman dan aman. Keduanya bisa didapatkan baik di rumah atau apartemen. Namun, saat membeli apartemen, keamanan sudah terjamin oleh pihak developer. Dengan pemasangan CCTV di sudut-sudut, security, kartu akses, dan fitur keamanan lainnya. Sementara itu, keamanan rumah sangat bervariasi, bergantung dari lokasi dan keadaan lingkungan sekitar. Pemasangan alat-alat keamanan di rumah seperti CCTV atau mempekerjakan security juga membuat pemilik rumah harus mengeluarkan biaya tambahan.

5. Bandingkan Hunian

Kota-kota besar seperti Jakarta memberikan banyak pilihan untuk apartemen maupun rumah. Oleh karena itu, pastikan Anda membandingkan apartemen dengan apartemen lainnya, juga rumah dengan rumah lainnya. Bandingkan harga, fasilitas yang didapatkan, dan lain-lainnya. Hal ini untuk memastikan kalau Anda mendapatkan hunian yang paling tepat untuk diri Anda. 

Keuntungan dan Kerugian Membeli Rumah Dan Apartemen

https://www.pexels.com/id-id/foto/lampu-rumah-menyala-106399/

Keuntungan Membeli Rumah

1. Membeli Rumah = Membeli Lahan.

Untuk sebagian besar orang, memiliki tanah menjadi suatu aset yang sangat berharga. Mengingat harga tanah selalu naik setiap tahunnya, hal ini bisa sekaligus menjadi investasi bagi orang-orang. 

2. Mudah Dijual Kembali

Salah satu keunggulan rumah yang tidak dimiliki oleh apartemen adalah rumah bisa dijual kembali dengan lebih mudah. Uang yang didapatkan dari hasil penjualan rumah juga cenderung meningkat setiap tahunnya. Hal ini membuat pemilik rumah bisa mengembalikan modal dari pembelian rumah.

3. Merasa Lebih Bebas Dan Memiliki Privasi

Memiliki rumah sendiri menurut banyak orang terasa lebih bebas dan memiliki privasi lebih. Anda bebas untuk melakukan apapun di rumah milik Anda, misalnya memiliki hewan peliharaan, mengadakan pesta, dan cenderung tidak berisik. Privasi juga didapatkan karena rumah Anda dan tetangga memiliki jarak dan hal tersebut membuat privasi Anda lebih terjaga.

Kerugian Membeli Rumah

1. Harga Cenderung Sangat Mahal

Harga properti seperti rumah setiap hari semakin bertambah dan hal ini tentunya bisa menjadikan rumah sebagai luxury yang sulit didapatkan. Apalagi jika rumah berada di pusat-pusat kota. Harganya bisa berkali-kali lipat.

2. Lokasi Rumah 

Ada rumah yang berlokasi dekat dengan pusat kota seperti mall, perkantoran, dan lainnya. Namun, rumah tersebut memiliki harga yang relatif mahal. Sementara itu, rumah-rumah yang memiliki harga terjangkau biasanya berada di pinggiran kota. Bagi sebagian besar orang, hal ini mungkin dapat menyulitkan, biaya transportasi juga bisa bertambah semakin jauh tempat tinggal Anda.

Beli Rumah Atau Apartemen
Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/rumah-beton-di-siang-hari-2079234/

Keuntungan Membeli Apartemen

1. Lokasi Berada Di Pusat Kota Dan Strategis

Apartemen biasanya akan dibangun di pusat kota atau sangat dekat dengan lokasi-lokasi yang strategis. Biasanya perkantoran, mall, dan pusat perbelanjaan mengelilingi apartemen. Hal ini membuat apartemen memiliki kelebihan di bagian lokasi.

2. Harga Relatif Terjangkau

Karena tidak memiliki tahan dan memiliki luas yang cenderung lebih minimalis, harga yang ditawarkan oleh apartemen juga relatif lebih terjangkau. 

3. Fasilitas

Apartemen juga datang dengan berbagai fasilitas. Seperti yang sudah dijelaskan sedikit sebelumnya. Apartemen memiliki fasilitas yang lebih, mulai dari lokasi, keamanan, perawatan, serta fasilitas lainnya seperti restoran, kolam renang, gym, dan sebagainya. Bagi orang-orang yang ingin hidup serba praktis, apartemen bisa menjadi pilihan yang solid.

Kerugian Membeli Apartemen

1. Ruang Gerak Terbatas

Biasanya apartemen memiliki luas lahan yang lebih kecil dibandingkan rumah. Hal ini membuat ruang gerak seseorang menjadi lebih terbatas.

2. Biaya Tambahan

Walaupun Anda sudah membeli apartemen, tetapi Anda masih harus membayar berapa biaya tambahan setiap bulanya. Misalnya biaya maintenance, keamanan, dan service charge. Biaya yang diberikan juga relatif cukup tinggi.

Isi Rumah Atau Apartemen Dengan Furniture Yang Tepat

Beli Rumah Atau Apartemen
Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/keluarga-membuat-sarapan-di-dapur-4259138/

Nah, setelah mendengar beberapa poin-poin di atas, mana yang lebih menarik bagi Anda beli rumah atau apartemen? Apapun hunian yang Anda pilih, hal terpenting adalah membuat tempat tinggal senyaman mungkin bagi pemilik rumah. Hal tersebut bisa didapatkan dengan memilih furniture yang tepat. Tidak hanya berfungsi sesuai fungsinya, furniture yang tepat juga mampu memberikan tempat tinggal Anda desain yang cantik sesuai keinginan pemilik rumah.

Jika Anda sedang mencari furniture yang tepat untuk mengisi tempat tinggal Anda, INFORMA adalah jawabannya. INFORMA menawarkan berbagai perabotan rumah tangga yang bisa Anda pilih sesuka hati. INFORMA juga memberikan desain-desain cantik untuk setiap furniture yang cocok untuk tempat tinggal masing-masing. Apalagi sekarang Anda bisa membeli furniture lewat cara cicilan, tanpa perlu menggunakan kartu kredit.

Dengan pembayaran cicilan dari Danakini, Anda bisa mendapatkan furniture-furniture idaman dengan lebih mudah. Layanan kiniCintaku (kini cicilan tanpa kartu kredit) juga memungkinkan Anda untuk memilih tenor sesuai kebutuhan Anda, tentunya dengan bunga yang ringan. Langsung saja cek furniture idaman Anda di toko INFORMA terdekat dan cicil dengan Danakini. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Danakini, Anda bisa langsung cek melalui website Danakini atau melalui media sosial Danakini. Jangan lupa unduh aplikasi mobile apps melalui Google Play Store atau Apps Store untuk penawaran menarik dari Danakini.

About Author

Indakhila Putri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *