October 6, 2022

Kalau berbicara tentang bulan Agustus, mungkin pikiran orang-orang akan menuju ke satu perayaan yang paling identik dengan Indonesia. Tepatnya hari kemerdekaan Indonesia atau HUT RI. Tanggal 17 Agustus menjadi hari yang dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia. Seperti sudah menjadi tradisi, hari kemerdekaan Indonesia biasanya diisi dengan kegiatan untuk merayakan HUT RI. Macam-macam kegiatan tersebut seperti lomba, upacara bendera, atau makan tumpeng. 

Walaupun belakangan tahun ini, perayaan hari-hari besar di Indonesia, termasuk HUT RI terasa berbeda karena pandemi. Namun, masyarakat Indonesia masih tetap berusaha untuk merayakan hari kemerdekaan dengan cara masing-masing. Hari kemerdekaan Indonesia yang jatuh tanggal 17 Agustus ini masih tetap menjadi hari yang spesial bagi banyak orang. Berikut adalah beberapa kegiatan untuk merayakan HUT RI yang sering dilakukan oleh banyak masyarakat Indonesia. Mari kita simak di bawah ini.

Pasang Bendera

Sumber: https://unsplash.com/photos/5i3oyOrojvk

Hal yang paling wajib untuk dilakukan untuk merayakan HUT RI adalah dengan memasang bendera di rumah masing-masing. Seakan sudah menjadi kebiasaan bagi orang-orang, menjelang tanggal 17 Agustus, bendera merah putih bisa terlihat berkibar dari rumah ke rumah. Kegiatan yang satu ini menjadi tanda penghormatan dan penghargaan terhadap jasa pahlawan Indonesia. Memasang bendera juga dipandang sebagai tanda mengenang perjuangan Indonesia saat masih dijajah hingga telah mencapai kemerdekaan di tanggal 17 Agustus 1945. Orang-orang juga suka memasang bendera merah putih dengan tiang bambu yang pada masa penjajahan merupakan senjata yang digunakan untuk melawan penjajahan. 

Upacara Bendera

Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/pria-mengenakan-sweater-leher-kru-hitam-memegang-bendera-putih-dan-merah-berdiri-dekat-gunung-di-bawah-langit-biru-dan-putih-1009949/

Hari kemerdekaan Indonesia tidak lengkap tanpa adanya upacara bendera. Mungkin bagi pelajar-pelajar Indonesia tidak asing lagi dengan hal yang satu ini. Walaupun, sering kali dilakukan setiap hari senin di masa sekolah, tetapi upacara bendera tanggal 17 Agustus memiliki makna yang lebih dalam dibandingkan upacara biasa. Pada tanggal 17 Agustus biasanya juga dilaksanakan upacara bendera nasional yang dijalankan di Istana Presiden dengan mengundang petinggi-petinggi negara. Selain itu, upacara bendera nasional juga memilih beberapa siswa sebagai anggota upacara, seperti pengibar bendera, protokol upacara, dan lainnya. Kalaupun Anda sudah tidak lagi berstatus sebagai seorang pelajar, Anda tetap bisa mengikuti upacara bendera dari rumah. Upacara bendera nasional biasanya akan disiarkan melalui stasiun televisi yang ada di Indonesia. 

Lomba 17 Agustus

Tidak lengkap berbicara tentang hari kemerdekaan Indonesia tanpa membicarakan lomba-lomba 17 Agustusan. Mungkin kegiatan untuk merayakan HUT RI yang satu ini sulit untuk dilakukan di masa pandemi. Namun, bukan berarti lomba-lomba semacam ini harus dibatalkan. Biasanya lomba 17 Agustus sangat identik dengan lomba makan kerupuk, kelereng sendok, memasukan pensil ke dalam botol, dan lomba-lomba lainnya. Lomba ini mungkin dapat dilakukan dengan skala yang lebih kecil dan menghindari lomba-lomba yang mengharuskan orang-orang terlalu dekat. Mungkin Anda dan keluarga juga dapat mengadakan lomba kecil-kecilan di rumah atau mengikuti perlombaan online. Perayaan lomba 17 Agustus akan terasa berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tetapi makna dari hari kemerdekaan tidak akan berubah. 

Makan-Makan

Kegiatan Untuk Merayakan HUT RI
Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/makanan-piring-salad-cahaya-7245480/

Kegiatan untuk merayakan HUT RI selanjutnya adalah dengan makanan. Perayaan di Indonesia tidak lengkap tanpa makanan. Hampir seluruh hari besar di Indonesia dirayakan dengan beragam makanan. Tentunya HUT RI juga tidak lepas dari kebiasaan ini. Namun, berbeda dengan hari besar lainnya, makanan HUT RI biasanya lebih bermacam-macam. Jika perayaan imlek identik dengan makanan Tiongkok, Ramadan identik dengan opor ayam dan makanan lainnya, perayaan HUT RI biasanya tidak memiliki makanan spesifik. Oleh karena itu, Anda dan keluarga dapat merayakan dengan makan-makan di rumah. Tidak harus berlebihan, Anda mungkin dapat membuat makanan khas Indonesia atau BBQ di halaman belakang rumah. Apapun makanannya, kita tetap merayakan semangat kemerdekaan Indonesia. 

Promo Kemerdekaan

Satu lagi hal yang tidak boleh dilupakan saat memasuki bulan Agustus, “promo kemerdekaan”. Siapa sih yang tidak menyukai promo? Memasuki awal bulan Agustus, banyak barang dan jasa beramai-ramai memberikan promo menarik yang sangat sayang untuk dilewatkan. Danakini juga tidak ketinggalan dengan menghadirkan promo kemerdekaan yang bisa dinikmati oleh para pelanggan.

Tidak tanggung-tanggung, Danakini memberikan dua promo kemerdekaan. Pertama promo untuk barang-barang elektronik di Informa. Dapatkan promo bunga sebesar 1,99% untuk tenor 6 dan 9 bulan dan bunga sebesar 2,49% untuk tenor 12 bulan. Berlaku dari periode 1 – 31 Agustus 2021. Promo kemerdekaan kedua dapat dinikmati untuk pembeli furniture di Informa. Dapatkan promo bunga sebesar 0.99% untuk tenor 6 bulan. Yuk langsung kunjungi Informa terdekat dan rayakan kemerdekaan Indonesia dengan mengejar promo kemerdekaan dari Danakini. 

Promo berlaku untuk pengguna mobile apps Danakini yang dapat diunduh melalui Apple Store atau Google Play Store. Untuk informasi lebih lanjut bisa dilihat melalui mobile apps Danakini atau melalui website Danakini.id. Jangan lupa ikuti media sosial Danakini untuk mendapatkan informasi-informasi terbaru tentang Danakini.

About Author

Indakhila Putri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *