December 7, 2022

Memasuki bulan Ramadhan, buka puasa bersama adalah salah satu tradisi yang tidak bisa dihindari dan selalu saja dirayakan setiap tahunnya. Selain untuk menikmati momen kebersamaan, acara ini juga seringkali dijadikan acara temu kangen dengan keluarga, kerabat, atau teman-teman lama, seperti teman satu sekolah, satu kuliah, ataupun satu geng yang sudah lama tidak bertemu. 

Walaupun sebenarnya kita bisa saja menolak undangan untuk datang, tetapi pasti di dalam diri kita ada rasa tidak enak sehingga terkadang berat untuk mengatakan tidak. Oleh karena hal ini,  perkiraan di bulan puasa yang menganggap bahwa kita akan menjadi lebih hemat karena kebutuhan makan dan minum dalam satu hari berkurang, justru membludak dikarenakan berbagai kegiatan dan kebutuhan yang harus dipenuhi, salah satunya adalah kegiatan buka puasa bersama. Melihat hal ini, menyiapkan dana tambahan adalah tindakan yang tepat, terutama jika Sahabat Danakini lebih memilih untuk mengadakannya di luar rumah. 

Sumber Foto: Pexels / Askar Abayev

Agar finansial Sahabat Danakini tidak terkuras banyak sebelum Lebaran datang, ada baiknya Anda mengikuti tips buka puasa bersama tanpa harus mahal berikut ini.

Baca Juga: Masuk Bulan Puasa, Harga Pangan Semakin Meningkat

Masak Bersama

Sahabat Danakini ingin menikmati momen kebersamaan bersama teman-teman dengan lebih hemat dan ada aktivitas seru sebelumnya? Belanja dan masak bersama adalah jawaban yang tepat! Sebelum bertemu di tempat yang dijanjikan, Sahabat Danakini dan teman-teman dapat mampir ke pasar atau supermarket untuk berbelanja bahan masak terlebih dahulu. Jika Sahabat Danakini menginginkan yang lebih simple, Anda dapat membagi bahan masakan kepada teman-teman yang akan hadir dan meminta setiap mereka membawanya.

Selain lebih bebas dalam memilih menu apa saja yang ingin dijadikan menu buka puasa, masak bersama juga dapat membuat hubungan dengan keluarga atau teman-teman menjadi lebih dekat dan lebih berkesan. 

Pilih Menu Sharing

Saat Sahabat Danakini buka puasa bersama di luar rumah, pilihlah restoran yang menyediakan menu sharing, seperti pizza, hot pot, martabak, atau lainnya. Dengan begitu, Sahabat Danakini dapat menyamakan selera makan dengan keluarga atau teman-teman dan membayar secara patungan, sehingga variasi menu yang dipesan lebih beragam dan pengeluaran jadi lebih sedikit. Sahabat Danakini jadi dapat tetap hemat, deh!

Sumber Foto: Pexels / cottonbro

Memaksimalkan Promo

Di saat bulan puasa, restoran atau jasa pengantar makanan pasti banyak menawarkan potongan harga atau paket hemat. Melihat banyak promo yang bertebaran, Sahabat Danakini dapat memaksimalkan promo tersebut agar dapat meminimalisir pengeluaran di saat buka puasa bersama. Jangan lupa juga untuk mengikuti tips-tips sebelumnya agar tidak termakan godaan promo secara berlebihan ya, Sahabat Danakini!

Potluck

Selain kedua cara sebelumnya, agar dapat lebih hemat, Sahabat Danakini dapat melakukan sistem potluck. Sistem potluck dilakukan dengan mengajak setiap orang yang ikut buka puasa bersama untuk membawa makanan atau minuman tertentu untuk dinikmati bersama-sama. 

Sahabat Danakini dapat membebaskan jenis makanan dan minuman yang dibawa, tetapi jika ingin membuat sistem potluck ini lebih menyenangkan, Anda dapat menambahkan tema atau ketentuan tertentu, misalkan makanan masa lalu, makanan ala Eropa, makanan warna kuning, dan lain-lainnya. Tetapi jika Sahabat Danakini ingin membuat buka puasa bersama ini simple saja, Anda juga dapat menentukan menunya dari awal kok!

Sumber Foto: Pexels / fauxels

Nikmati Takjil

Bulan puasa pasti dekat kaitannya dengan takjil, sampai-sampai banyak restoran atau tempat makan yang menyediakan banyak macam takjil yang dapat dinikmati saat buka puasa. Melihat banyaknya takjil yang ditawarkan, Sahabat Danakini dapat memanfaatkan tawaran tersebut agar perut terasa lebih terisi dan tidak menjadi lapar mata saat memesan hidangan utama dari menu. Dengan begitu, Anda dapat memilih menu secara lebih bijak dan tidak berlebihan.

Memilih Minuman Dengan Baik

Walaupun terlihat murah, terkadang minuman justru memakan finansial yang cukup banyak loh, Sahabat Danakini. Apalagi setelah menjalankan ibadah puasa seharian, seringkali kita jadi tergoda untuk memesan minum lebih banyak. Pastikan untuk ke depannya saat buka puasa bersama, Sahabat Danakini lebih bijak saat memesan minum agar meminimalisir pengeluaran ya!

Sumber Foto: Pexels / Burst

Itu dia tips buka puasa bersama agar lebih murah ala Danakini. Tetap semangat dalam menjalani ibadah puasa dan kontrol finansial Anda saat buka puasa bersama ya, Sahabat Danakini!

Dapatkan aplikasi Danakini melalui Apps Store dan Play Store.

About Author

Jovita Christie

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *