December 7, 2022
Info Lifestyle Tech

Jenis Investasi Untuk Pemula

Jenis Investasi Untuk Pemula

Investasi menjadi salah satu hal yang semakin diminati oleh orang-orang akhir-akhir ini. Meningkatnya kebutuhan pokok orang-orang dan kesadaran bahwa investasi menjadi suatu instrumen keuangan yang penting, membuat banyak orang mencoba untuk berinvestasi. Namun, jika anda belum pernah melakukan investasi sebelumnya, memilih investasi yang tepat dapat menjadi tantangan tersendiri bagi anda. Memang perkembangan teknologi dan pengawasan dari pemerintah membuat proses investasi semakin mudah dan aman, tetapi anda sebagai pelaku investasi harus cerdas dalam membuat keputusan terbaik dengan keadaan anda. Nah, dalam artikel kali ini, kami akan menjelaskan secara singkat jenis-jenis investasi dan pilihan-pilihan investasi yang dapat anda pilih dan tentunya cocok bagi investor pemula.

Jenis Investasi Berdasarkan Waktu

Hal utama yang harus kamu perhatikan saat mulai berinvestasi adalah jangka waktu. Berdasarkan hal tersebut, jenis investasi untuk pemula yang utama ini dapat dibagi menjadi dua yaitu, investasi jangka panjang dan jangka pendek.

Jangka Panjang

Investasi jenis ini merupakan investasi yang akan memberikan keuntungan dalam jangka waktu yang cukup panjang. Biasanya panjang waktunya adalah satu hingga puluhan tahun ke depan. Investasi jenis ini didesain untuk memberikan keuntungan untuk kebutuhan jangka panjang. Karena investasi ini berlangsung dalam jangka waktu yang panjang, keuntungan yang diterima juga lebih besar ketimbang investasi jangka pendek. Investasi jenis ini cocok digunakan untuk kebutuhan masa depan seperti dana darurat, dana pensiun, menabung untuk membeli rumah, dan lain-lain. Investasi jenis ini memiliki resiko cukup besar jika difungsikan sebagai investasi jangka pendek, untuk mengatasi permasalahan ini, anda sebaiknya menanamkan modal dalam jangka waktu yang lama dan jangan terburu-buru untuk menarik uang dari investasi ini

Jenis Investasi Untuk Pemula

Sumber: https://unsplash.com/photos/lZ_4nPFKcV8

Jangka Pendek

Kebalikan dengan investasi jangka panjang, investasi jangka pendek merupakan investasi yang dapat memberikan keuntungan dalam waktu yang relatif singkat. Investasi jenis ini cocok untuk membayarkan kebutuhan yang diperlukan dalam waktu singkat atau urgent seperti dana liburan atau dana darurat. Investasi jenis ini berbeda dengan investasi jangka panjang yang dapat memberikan keuntungan lebih besar karena berkembang dalam jangka waktu yang panjang. Sementara itu, investasi jangka pendek biasanya tidak memberikan keuntungan yang besar dibandingkan investasi lainnya. Selain itu, resiko terbesar investasi jenis ini adalah rentan terhadap inflasi dan bunga yang dihasilkan dari investasi ini tidak dapat menyaingi inflasi yang terjadi.

Jenis Investasi Untuk Pemula

Setelah mengetahui secara singkat mengenai jenis-jenis investasi yang paling umum, lalu tipe investasi apa yang dapat anda coba gunakan? Ada beberapa pilihan yang dapat kamu coba yang mudah untuk dinavigasi dan pastinya jenis investasi untuk pemula ini aman dan terpercaya. Jadi, anda tidak perlu khawatir.

Investasi Emas / Logam Mulia

Logam mulia atau paling sering emas menjadi jenis investasi untuk pemula yang cukup mudah untuk dilakukan. Investasi yang satu ini juga tidak memiliki cara kerja yang rumit. Kamu cukup membeli logam mulia untuk investasi dan menjual logam mulia yang sudah kamu kumpulkan ketika harganya sudah naik. Namun, investasi jenis ini dapat memakan waktu yang cukup lama untuk memberikan keuntungan yang signifikan kepada investor. Hal ini karena harga emas yang cenderung meningkat secara perlahan-lahan membuat waktu yang dibutuhkan untuk menjadi lebih lama. Keuntungan dari investasi ini adalah harganya cenderung stabil. Sehingga, kemungkinan investasi yang kamu lakukan mengalami kerugian berkurang. Ditambah lagi dengan adanya lembaga-lembaga berizin khusus untuk menjalankan investasi jenis ini membuat proses pembelian sampai penjualan mudah dan aman.

Sumber: https://unsplash.com/photos/iYsrkq5qq0Q

Deposito

Deposito merupakan sebuah jenis tabungan yang dapat disimpan oleh anda selama jangka waktu tertentu. Jangka waktu tersebut disesuaikan dengan kebutuhan anda sendiri. Deposito dapat disimpan dalam jangka waktu pendek mulai dari satu sampai 24 bulan tergantung dengan kerjasama yang disetujui dengan pihak bank sebagai tempat penyimpanan uang milik Anda. 

Berbeda dengan tabungan biasa yang hanya memiliki suku bunga rendah. Deposito memiliki suku bunga yang lebih tinggi mulai dari 5 – 8%. Namun, Deposito tidak dapat diambil kapan saja. Misalnya Anda menyimpan uang di salah satu bank selama jangka waktu 12 bulan. Maka, uang yang Anda simpan beserta bunga yang didapatkan baru bisa diambil dalam jangka waktu 12 bulan. Jenis investasi ini cocok bagi pemula karena aman dan tidak memerlukan tindakan yang banyak. 

Saham

Jenis investasi yang satu ini menjadi salah satu instrumen yang sering didengar oleh orang-orang. Namun, bagaimana cara kerja dari saham sendiri masih sering tidak dimengerti oleh orang-orang dan saham sendiri dapat membingungkan bagi pelaku investasi awal. Namun, dengan adanya kemudahan teknologi dan juga lembaga pengawasan pembelian saham membuat proses ini semakin mudah untuk dilakukan dan aman. 

Saham sekarang sudah tidak terbatas pada orang-orang dengan modal besar saja, Anda bisa menyewa orang-orang yang dapat mengurusi investasi saham milik Anda dan menggunakan website resmi yang dibuat friendly dan mudah dinavigasi. Hal-hal ini membuat saham menjadi salah satu jenis investasi untuk pemula yang dapat dicoba.

Sumber: https://unsplash.com/photos/dBI_My696Rk

Properti

Jenis investasi untuk pemula yang satu ini juga cocok untuk dilakukan oleh investor-investor pemula. Namun, memang jenis investasi yang satu ini memang membutuhkan modal yang besar dibandingkan investasi lainnya. Seperti namanya, investasi yang satu ini membeli investasi berbentuk properti seperti rumah, apartemen, dan properti sejenis lainnya. Walaupun membutuhkan modal yang lebih besar, tetapi investasi jenis ini masih menjadi investasi favorit dari orang-orang. Hal ini karena kenaikan harga properti yang meningkat setiap tahunnya menjadikan investasi jenis ini menjadi salah satu favorit orang-orang.

P2P Lending

Jenis investasi yang satu ini masih tergolong sebagai bentuk investasi baru dan diminati oleh orang-orang, termasuk anak muda. P2P sendiri merupakan proses peminjaman uang peers to peers atau proses peminjaman uang tanpa adanya pihak seperti bank. Investasi jenis ini mempertemukan pihak peminjam uang dan pihak yang ingin meminjam uang.

Nah, untuk memastikan kalau proses ini berjalan dengan lancar dan aman. Pastikan kalau Anda menggunakan P2P lending yang memiliki izin dari OJK. Anda bisa mengecek P2P yang sudah berizin dan diawasi oleh OJK di situs resmi Otoritas Jasa Keuangan. Salah satunya adalah Dana Kini yang sudah berizin oleh OJK. Jadi, semua prosesnya pasti sudah terjaga dan aman. 

Dapatkan aplikasi Danakini melalui Apps Store dan Play Store.

About Author

admin

1 Comment

    […] Baca Juga: Jenis Investasi Untuk Pemula […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *