July 21, 2024

Bagi Anda yang sedang bekerja paruh waktu atau part time, ini merupakan saat yang sangat tepat untuk mengelola kebijakan keuangan yang cermat serta mengembangkan cara untuk mengelola pendapatan dengan lebih bijak. Sebelum Anda terjun ke dunia kerja profesional, masa-masa berkuliah dan kerja paruh waktu merupakan waktu yang ideal untuk memulai kebiasaan keuangan yang bijak.

Cara memulai kebiasaan tersebut ialah merancang anggaran keuangan serta menjalani hidup sesuai dengan kemampuan finansial Anda. Bilamana ini diterapkan dengan baik, maka akan memberikan dampak yang positif untuk masa depan Anda. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatur keuangan kerja paruh waktu agar hemat.

1. Menghitung Pengeluaran Kebutuhan Sehari-hari

Hal yang paling mendasar untuk dilakukan ialah memahami berapa kisaran pengeluaran untuk kebutuhan Anda sehari-hari. Seperti biaya transportasi, pengeluaran untuk makanan, hingga kebutuhan belanja. Cara yang dapat dilakukan ialah membuat catatan untuk pengeluaran setiap harinya. Setelah Anda sudah mengetahui rata-rata pengeluaran selama beberapa bulan terakhir, maka Anda dapat menerapkannya untuk bulan-bulan selanjutnya.

2. Belajar untuk Menyeimbangkan Pengeluaran

Menyeimbangkan pengeluaran merupakan salah satu cara yang sangat menantang untuk menjadikan finansial Anda lebih mandiri. Langkah ini bisa menjadi lebih sulit terlebih bagi mereka yang masih duduk di bangku perkuliahan. Maka dari itu, Anda dapat mencoba untuk lebih hemat serta cermat dalam pengeluaran. Misalnya saja mencari diskon ketika berbelanja, lebih baik meminjam atau menyewa daripada membeli, serta menyetor secara otomatis gaji kerja paruh waktu Anda ke rekening tabungan.

3. Membuat Rencana Keuangan

Dengan membuat rencana keuangan Anda akan lebih terbantu untuk dapat menjaga pengeluaran Anda agar tetap dalam batasan yang bisa ditoleransi. Tidak hanya itu, rencana keuangan ini juga akan menolong Anda untuk bisa menentukan tujuan dari tabungan sesuai dengan kebutuhan Anda. Usahakan untuk h-1 sebelum menerima gaji bulanan, Anda telah menghitung serta menempatkan gaji Anda sesuai kebutuhan. Buatlah 2 tabungan yang berbeda antara untuk kebutuhan sehari-hari serta untuk tabungan Anda di masa depan.

4. Melakukan Penyesuaian Terhadap Anggaran

Dengan seiring berjalannya waktu, Anda akan perlu untuk melakukan penyesuaian terhadap anggaran keuangan Anda. Misalnya saja membatasi setiap jatah pembagian keuangan Anda, lebih besar pembagian persen untuk kebutuhan pokok dan persen yang lebih kecil untuk keinginan Anda. Hal ini akan sangat diperlukan terutama ketika terdapat kebutuhan yang sifatnya mendesak. Sehingga, dapat menghindari penggunaan keuangan darurat Anda. Namun, sangatlah penting untuk tetap berpegang teguh serta disiplin terhadap anggaran keuangan yang Anda buat.

5. Hidup Hemat

Mencari informasi mengenai proporsi yang ideal tentang pengeluaran Anda, misalnya rumus persentase dari penggunaan gaji. Bilamana pengeluaran Anda tidak memenuhi proporsi tersebut, maka Anda perlu untuk menemukan cara untuk dapat menghemat pengeluaran Anda, seperti mengurangi kebiasaan untuk nongkrong di cafe yang sekiranya menghabiskan uang atau aktivitas belanja yang tidak sesuai dengan kebutuhan Anda. Penting untuk lebih memprioritaskan kebutuhan dibandingkan keinginan. Salah satu tips lainnya ialah membawa bekal makanan dan minuman dari rumah. Dengan tips ini, pengeluaran Anda untuk makanan dapat berkurang.

Itulah beberapa tips mengenai cara untuk dapat mengatur keuangan Anda bagi para pekerja paruh waktu, baik yang sedang berkuliah ataupun tidak. Akan tetapi, perlu diyakini bahwa ilmu yang didapat dari perencanaan keuangan sedari dini dapat menjadi bekal untuk jenjang karir serta keuangan Anda selanjutnya. Selamat mencoba!

About Author

Monica Berliana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *