Akhir-akhir ini pinjaman online menjadi suatu pilihan yang digandrungi oleh banyak orang. Hal ini karena proses peminjamannya jauh lebih mudah ketimbang bank serta proses peminjaman uang yang cepat membuat pinjaman online semakin populer. Hal ini terlihat dari banyaknya pinjaman-pinjaman online di Indonesia yang muncul dan dapat dipilih oleh pihak peminjam. Namun, hal ini juga membuat maraknya pinjaman-pinjaman online ilegal yang berbahaya dan dapat membuat peminjam dana merugi. Hal ini dapat dihindari dengan mengenali ciri-ciri pinjaman online aman agar tidak salah pilih. 

Memang semakin populer proses pinjaman online. Maka, semakin banyak pula muncul pinjaman online – pinjaman online yang tidak bertanggung jawab dan hanya bertujuan untuk menipu dan mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya. Hati-hati karena bentuk kejahatan berbasis pinjaman online masih cukup marak terjadi di Indonesia. Orang-orang yang menjadi korban dari pinjaman online ini juga masih cukup banyak. Oleh karena itu, bagi Anda yang sedang tertarik untuk melakukan pinjaman uang online juga harus lihai melihat mana ciri-ciri pinjaman online aman dan yang ilegal.

Sumber: https://unsplash.com/photos/ROQzKIAdY78

 

Ciri-Ciri Pinjaman Online Aman

Saat ingin mencoba melakukan pinjaman online, sebaiknya Anda meng-konsiderasi beberapa hal-hal ini. Pilihlah pinjaman online terbaik yang memiliki seluruh ciri-ciri berikut ini. Hal ini untuk menjamin keamanan Anda saat melakukan transaksi peminjaman.

 

Terdaftar Di OJK

Salah satu ciri-ciri pinjaman online aman yang wajib dimiliki oleh online adalah telah terdaftar di OJK. OJK sendiri merupakan Otoritas Jasa keuangan yang merupakan lembaga independen yang bertugas untuk pengaturan, pengawasan, pemeriksaan, dan penyidikan dalam sektor jasa keuangan. Hal ini meliputi jasa keuangan seperti pinjaman online. Untuk melihat apakah pinjaman online sudah terdaftar di OJK, Anda bisa masuk ke laman milik Otoritas jasa keuangan dan melihat list pinjaman-pinjaman online yang sudah terdaftar melalui link berikut ini (https://www.ojk.go.id/id/Default.aspx)

 

Memiliki Alamat dan Informasi yang Lengkap

Ciri-ciri pinjaman online aman selanjutnya adalah memiliki kejelasan dari segi alamat dan informasi yang lengkap. Pinjaman online yang dapat kamu percaya adalah pinjaman online yang terlihat nyata, salah satunya ditunjukkan dari kejelasan informasi yang mereka berikan seperti alamat, nomor telepon, email, sosial media, dan lain-lain. Alamat tersebut dapat kamu periksa dengan mudah melalui pencarian laman internet atau review-review. 

Sumber: https://unsplash.com/photos/F68HtpYHu_w
Sumber: https://unsplash.com/photos/F68HtpYHu_w

 

Memiliki Website Resmi

Sama dengan alamat dan informasi yang lengkap, pinjaman online yang dapat Anda percayai adalah pinjaman online yang memiliki website resmi. Tampilan website tersebut biasanya profesional dan rapi, tidak berantakan atau sulit untuk dinavigasi. Sebaliknya, jika pinjaman online yang kamu temui tidak memiliki website resmi, sebaiknya dijauhi. Website juga menjadi tempat menaruh segala informasi dari pinjaman online tersebut, seperti email, nomor telepon, informasi produk, sosial media, dan informasi-informasi penting lainnya. Website seharusnya menjadi tempat pertama yang kamu datangi saat ingin mulai meminjam uang melalui pinjaman online. 

 

Mekanisme Peminjaman Transparan

Pinjaman online yang legal dan terpercaya tidak akan ragu menjelaskan seluruh proses transaksi secara transparan mulai awal sampai akhir. Mereka akan menjelaskan mulai dari produk yang tempat untuk diambil, total bunga, simulasi cicilan, dan lain-lainnya. Sehingga, peminjam dana dan nasabah memiliki pemahaman yang jelas dan tidak kebingungan. Ciri-ciri pinjamanan online aman yang satu ini bisa dipastikan tidak terdapat dalam pinjaman online yang ilegal. Sebaliknya, mereka akan berusaha untuk membuat peminjam kebingungan dan tidak transparan dalam proses peminjaman.

Ciri-Ciri Pinjaman Online Aman
Sumber: https://unsplash.com/photos/NeTPASr-bmQ

 

Pinjaman Online Tidak akan Memaksa dan Melalakukan Kekerasan

Apa yang terbesit di pikiran Anda ketika mendengar kata pinjaman online? Mungkin akan terbesit bayangan debt collector yang dapat melakukan banyak cara agar peminjam segera membayar dan tidak jarang menggunakan cara paksaan dan kekerasan. Hal tersebut hanya terjadi di pinjaman online ilegal yang tidak terdaftar atau diawasi oleh OJK. Ciri-ciri pinjaman online aman yang lain juga pinjaman online tidak akan memaksa Anda untuk melakukan pinjaman. Segera menjauh jika Anda merasa dipaksa.

 

Hati-Hati Dengan Pinjaman Online Ilegal

Maraknya dan meningkatnya popularitas pinjaman online membuat oknum-oknum tidak bertanggung jawab melihat peluang untuk melakukan kejahatan berkedok pinjaman online. Pinjaman online ilegal semacam ini tentunya sangat meresahkan dan membuat rugi berbagai pihak karena mereka sering kali memasukkan bunga yang tidak masuk akal. Nah, pinjaman online yang tidak memenuhi ciri-ciri di atas hampir bisa dipastikan sebagai salah satu dari oknum tidak bertanggung jawab tersebut.

Tidak perlu khawatir karena Dana Kini sebagai salah satu pinjaman online berbasis P2P sudah memenuhi seluruh ciri-ciri pinjaman online aman di atas. Dana Kini sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK NO. REG: KEP-46/D bulan Mei 2020. Serta dengan adanya aplikasi mobile, proses peminjaman uang juga sudah terjamin dan mudah. 

About Author

admin

2 Comments

    […] Mengingat bahwa ada cukup banyak oknum-oknum yang mengatasnamakan fintech yang malah berbalik mencuri data Anda. Selalu pastikan untuk menggunakan platform fintech yang terpercaya. Platform fintech yang dapat dipercaya adalah yang sudah terdaftar dan berizin di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Terutama jika Anda ingin menggunakan jasa pinjaman online. Anda dapat melihat status legalitas pinjol dengan melihat ciri-ciri dari pinjol ilegal. […]

    […] Baca Juga: Ciri-Ciri Pinjaman Online Aman […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *