May 24, 2024

Kebebasan finansial (financial freedom) merupakan salah satu keadaan saat seseorang telah mencapai kemapanan dalam keuangannya. Saat seseorang telah mencapai kebebasan finansial, sudah tidak ada lagi kekhawatiran dalam dirinya untuk melakukan pemenuhan hidupnya. Artinya ia tidak akan menghadapi kekurangan dalam keuangan untuk membeli berbagai kebutuhan dan keinginannya. 

Intinya, kebebasan finansial seseorang sudah terwujud apabila ia memiliki uang yang cukup untuk hidup, mempunyai tabungan dan dana darurat, serta tidak mempunyai hutang dengan orang lain. Seseorang yang sudah berada di tahap ini dapat dengan mudah untuk melakukan berbagai hal yang diinginkan tanpa perlu mempertimbangkan keuangannya. 

Banyak manfaat yang dapat diterima ketika kamu telah mencapai kebebasan finansial, beberapa di antaranya:

1. Memiliki keuangan yang stabil

Seseorang yang memiliki kondisi keuangan yang stabil tidak akan mengalami kekurangan ketika ingin memenuhi kebutuhan dan keinginan dalam hidupnya. Keuangan yang stabil menjadikan kondisi keuangan bukanlah masalah baginya.

2. Mengurangi stress

Manfaat lainnya dari kebebasan finansial adalah menghilangkan stress yang muncul karena masalah keuangan. Hal tersebut dikarenakan saat seseorang mengetahui bahwa ia memiliki cadangan dana yang cukup untuk mengatasi keadaan darurat maka ia juga akan menjalani kehidupan dengan tenang. 

3. Memiliki hidup yang fleksibel dan mandiri

Kebebasan dalam finansial juga dapat memberikan fleksibilitas dalam mengatur rencana hidup seperti berlibur, dll. Dengan kemampuan finansial yang tercukupi, seseorang akan lebih mandiri dan tidak akan bergantung pada kondisi atau bantuan finansial dari orang lain. Manfaat ini memberikan kontrol yang sangat besar terhadap waktu.

Semua orang pasti ingin mencapai kebebasan finansial agar dapat menikmati kehidupannya dengan lebih bermakna tanpa perlu khawatir terhadap keadaan finansial. Namun untuk mencapainya diperlukan kerja keras dan berbagai cara yang cermat, berikut langkah yang dapat dilakukan: 

1. Memahami tujuan keuangan

Untuk bisa mencapai kebebasan finansial, bisa dimulai dengan melakukan pengerucutan berbagai poin yang diinginkan dalam tabungan. Kamu dapat melakukannya dengan menyesuaikan gaya hidup saat ini agar dapat mencapai nominal yang diinginkan pada usia yang ditargetkan.

2. Membuat rencana anggaran keuangan

Pembuatan rencana keuangan baik bulanan maupun tahunan dapat menjadikan pengelolaan keuangan lebih tertata dengan baik. Rencana keuangan juga merupakan salah satu cara terbaik dalam melakukan evaluasi apakah pemasukan dan pengeluaran sudah seimbang. Untuk melakukan langkah ini, kamu dapat mencoba mengkategorikan setiap pengeluaran yang akan dialokasikan. Selain itu, kamu juga perlu membedakan antara kebutuhan dan keinginan agar kondisi finansial tetap aman dan stabil.

3. Memulai gaya hidup dengan sederhana

Kamu perlu memulai untuk lebih bijak dalam mengelola keuangan agar pemasukan dapat dialokasikan dengan baik dalam tabungan dalam jumlah yang besar. Selalu meninjau kembali anggaran kebutuhan di setiap bulannya. Kamu juga dapat memangkas pengeluaran yang tidak terlalu penting. 

4. Melunasi utang dan cicilan

Semakin sedikit utang dan cicilan yang kamu miliki maka tujuan dari kebebasan finansial akan semakin cepat tercapai. Kamu dapat menyisihkan beberapa persen dari pendapatan kamu setiap bulannya untuk melakukan pelunasan agar tidak terjadi penumpukan utang.

5. Mencari sumber pendapatan tambahan

Sumber pendapatan tambahan bisa didapatkan dari berbagai hal seperti membuat bisnis sampingan, menambah pekerjaan, dll. Dengan adanya sumber pendapatan tambahan maka tujuan untuk mencapai kebebasan finansial akan lebih cepat dicapai karena pendapatan yang didapatkan dapat diolah menjadi aset yang lebih menguntungkan. 

About Author

Grisela Felicia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *