July 1, 2022

Tips hemat belanja bulanan – Belanja bulanan menjadi salah satu kegiatan yang dilakukan oleh banyak orang. Namun, pernahkah Anda merasa bahwa pengeluaran belanja bulanan Anda membengkak? Mungkin ini saatnya Anda berhemat saat belanja bulanan. Menghemat bukan berarti harus hidup serba kekurangan, melainkan belajar untuk mengubah gaya hidup dan mengurangi pengeluaran yang tidak penting. Dengan mengetahui tips hemat belanja bulanan yang tepat, Anda tetap bisa menghemat, tetapi tidak merasa dibatasi. 

Mau seberapa besarpun gaji yang didapatkan kalau pengeluaran tidak dikontrol, uang yang Anda dapatkan tidak akan pernah cukup. Oleh karena itu, saatnya belajar untuk menghemat pengeluaran Anda dimulai dari belanja bulanan. Berikut adalah beberapa tips hemat belanja bulanan yang mungkin bisa membantu Anda. Mari, kita simak di bawah ini!

 

Melihat Stok Kebutuhan 

Sebelum belanja bulanan, coba cek stok barang-barang yang ada di rumah Anda. Apa saja yang sudah habis dan mana barang yang persediaannya masih cukup. Mulai dari stok makanan instant, bumbu dapur, beras, minyak, sampai kebutuhan lainnya seperti peralatan mandi. Biasanya ada barang-barang yang masih tersisa dari bulan sebelumnya dan masih cukup untuk digunakan. Jika stok barang sudah menipis atau sudah habis, catat dan masukkan ke dalam daftar belanja. Hal ini untuk menghindari pembelian barang-barang yang masih cukup. Dana yang dihemat juga dapat dialokasikan ke kebutuhan-kebutuhan lainnya. Selain itu, dengan melakukan hal ini agar tidak mubazir. 

 

Membuat Daftar Belanja Dan Anggaran Belanja

Tips Hemat Belanja Bulanan
Sumber: https://unsplash.com/photos/KXfiLw0HrvU

Setelah mengecek stok barang-barang kebutuhan Anda, sekarang saatnya membuat daftar belanja dan anggaran belanja. Tulislah kebutuhan-kebutuhan yang harus dibeli dan kebutuhan untuk waktu satu bulan. Membeli barang-barang yang dibutuhkan sekaligus akan jauh lebih murah dibandingkan membeli barang-barang harian. Namun, sebelum membuat daftar belanja, Anda terlebih dahulu harus membuat anggaran belanja bulanan. Misalnya belanja untuk satu bulan tiba boleh melebihi Rp. 800,000 atau sesuai dengan diri Anda. Setelah itu baru Anda cocokkan dengan daftar belanja Anda. Belanja tanpa rencana malah akan membuat Anda membeli barang-barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Dengan membuat daftar belanja, Anda juga tidak akan lupa membeli barang-barang yang dibutuhkan. Apalagi dengan kecanggihan teknologi saat ini, Anda dapat membuat daftar belanja di handphone agar lebih mudah.

 

Bandingkan Harga Barang

Sumber: https://unsplash.com/photos/k2ojxtdaslQ

Tips hemat belanja bulanan selanjutnya adalah membandingkan harga barang. Jangan langsung membeli barang tanpa melihat harga. Sebelum memasukkan barang ke dalam keranjang, pastikan cek harga terlebih dahulu. Pastikan juga Anda mengecek informasi-informasi dari barang yang akan Anda beli. Misalnya seperti tanggal ekspirasi, jangan sampai Anda tidak sengaja membeli barang yang sudah basi, dan harus bolak balik membeli barang tersebut lagi. Selain itu, selalu bandingkan harga barang. Ada banyak brand yang menawarkan produk-produk yang sama, tetapi harga yang ditawarkan tidaklah sama. Oleh karena itu, pastikan ada mengecek terlebih dahulu. Anda tidak harus selalu membeli barang yang paling murah, tetapi pastikan kalau harga yang ada dapatkan adalah harga yang terbaik untuk Anda. 

 

Belanja Sendirian

Sumber: https://unsplash.com/photos/Orcw3QahuS0

Jangan salah, belanja sendirian ternyata bisa membuat Anda lebih hemat loh. Belanja bersama-sama mungkin terasa lebih menyenangkan, tetapi tidak menyenangkan untuk kantong Anda. Hal ini karena orang yang menemani belanja dapat membuat Anda membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan. Misalnya Anda belanja bersama teman dan teman Anda mengatakan bahwa produk “A” sangat baik. Ujung-ujungnya Anda malah membeli produk tersebut padahal awalnya tidak ada rencana sama sekali untuk membeli produk tersebut. Hindari juga belanja dengan anak kecil karena anak-anak tentunya belum bisa membedakan apa yang dia butuhkan dan inginkan. Jika sudah melihat barang yang mereka mau, anak kecil mungkin akan menangis dan merengek untuk membeli barang-barang yang sebenarnya tidak diperlukan. Nah, cobalah untuk belanja bulanan sendirian. Selain lebih hemat, tips hemat belanja bulanan yang satu ini juga dapat membuat proses belanja bulanan Anda lebih cepat. 

 

Jika Tidak Butuh, Jangan Dipegang

Secara tidak sadar kalau Anda memegang suatu barang saat belanja, kemungkinan Anda membeli barang tersebut ternyata lebih tinggi. Hal ini karena Anda telah melihat dan akan muncul konsiderasi dipikiran Anda untuk membeli barang tersebut. Nah, untuk menghindari pembelian barang-barang yang tidak penting, hindari memegang barang yang tidak Anda butuhkan. Fokuskan pada produk-produk yang berada dalam daftar belanja. Hal ini mungkin kedengaran aneh, tetapi ketika Anda memegang suatu barang di supermarket akan muncul rasa ketertarikan yang mendorong Anda untuk membeli barang tersebut.

 

Manfaatkan Diskon Dan Promosi

Sumber: https://unsplash.com/photos/pPzQP35zh4o

Tips hemat belanja bulanan yang selanjutnya adalah memanfaatkan diskon dan promosi. Namun, jangan langsung tergiur promosi dan diskon. Pastikan terlebih dahulu kalau diskon atau promosi yang Anda dapatkan menguntungkan buat Anda. Jangan langsung membeli karena barang tersebut sedang diskon. Apalagi jika barang tersebut bukan barang yang Anda butuhkan. Ketika belanja di supermarket, pasti ada banyak promosi atau diskon-diskon yang sedang terjadi. Pastikan kalau barang yang sedang diskon adalah barang yang Anda butuhkan ya! Biasanya promosi atau diskon sering terjadi di akhir bulan, akhir pekan, atau saat event-event tertentu. Mungkin Anda bisa membuat jadwal belanja bulanan Anda sesuai tanggal-tanggal tersebut. 

 

Manfaatkan Fasilitas Pembiayaan Atau Cicilan

Selain memanfaatkan diskon dan promo yang ada di supermarket. Anda juga bisa memanfaatkan fasilitas cicilan dari layanan-layanan yang ada. Apalagi sekarang Anda bisa mencicil tanpa kartu kredit. Caranya dengan menggunakan kiniCintaku dari Danakini. Anda bisa berbelanja keperluan di rumah Anda di mitra-mitra Danakini seperti Ace, Informa, Selma, dan banyak lagi. Dengan memanfaatkan fasilitas cicilan dengan baik, Anda bisa menghemat pengeluaran bulanan Anda dan tidak perlu khawatir untuk pembayaran. Untuk informasi lebih lengkap mengenai fasilitas cicilan dari Danakini, Anda bisa melihat melalui website Danakini

About Author

Indakhila Putri

2 Comments

    […] Baca Juga: Tips Hemat Belanja Bulanan […]

    […] Baca Juga: Tips Hemat Belanja Bulanan […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *