Tips Merawat Kulkas – Kulkas merupakan salah satu perabotan rumah tangga yang wajib dimiliki. Tidak hanya berfungsi sebagai lemari pendingin tempat menyimpan bahan-bahan makanan, kulkas juga memiliki fungsi menjaga kesehatan anggota keluarga. Kulkas yang berfungsi dengan baik seharusnya dapat menjaga keawetan makanan dan menjaga agar bahan makanan yang disimpan tetap fresh dan bernutrisi. Namun, fungsi ini sulit dijalani kalau anggota rumah tidak merawat kulkas dengan baik. Tidak seperti perabotan rumah lainnya yang sering dibersihkan, banyak orang yang lalai dan lupa untuk membersihkan kulkas, terutama bagian dalam kulkas. Padahal membersihkan kulkas sama pentingnya seperti membersihkan AC. Jika tidak dirawat dengan baik, usia kulkas tidak akan panjang dan membuat bahan makanan yang ada juga tidak terawat. Berikut kami memberikan beberapa tips merawat kulkas agar awet dan tahan lama.

 

Perhatikan Penempatan Kulkas

Sebagai lemari pendingin, penempatan sebuah kulkas harus selalu diperhatikan. Hal ini karena kulkas sangat sensitif dengan suhu. Penempatan kulkas akan sangat memengaruhi usia kulkas. Pertama jauhi kulkas dari segala macam perabotan yang mengeluarkan hawa panas. Seperti kompor, oven, microwave dan lain-lainnya. Sebaiknya juga taruh kulkas di pojok ruangan karena pojok ruangan menjadi tempat dengan suhu pas untuk kulkas. Jangan letakkan kulkas di luar ruangan juga, kulkas yang sering terkena sinar matahari secara langsung agak berusia lebih pendek dan merusaknya. 

 

Bersihkan Dengan Rutin

Sumber: https://unsplash.com/photos/SnKfmC1I9fU

Tips merawat kulkas selanjutnya adalah membersihkan kulkas secara rutin. Dibandingkan perabotan rumah tangga lainnya, kulkas menjadi salah satu perabotan rumah tangga yang paling jarang dibersihkan. Mungkin kebanyakan hanya akan membersihkan bagian luar kulkas saja, tetapi ada bagian-bagian kulkas yang terabaikan. Salah satu bagian terpenting kulkas yang harus dibersihkan adalah bagian belakang kulkas yang menyalurkan dan mengatur suhu di kulkas atau bagian bawah. Karena terletak di posisi yang sulit dilihat, terkadang orang-orang sering lupa membersihkannya dan mengumpulkan debu. Jika tidak dibersihkan secara rutin, kemampuan kulkas untuk mengatur suhu akan menjadi tidak maksimal dan membuat kulkas mudah rusak. Bersihkanlah bagian belakang kulkas dengan menggunakan vacuum cleaner minimal satu bulan sekali. Jangan bersihkan dengan air atau sabun, Anda bisa menggunakan kain yang sedikit dibasahi. 

Selain itu, bagian kulkas yang juga sering dilupakan adalah bagian dalam kulkas. Mungkin banyak orang merasa bagian dalam kulkas tidak akan kotor karena tertutup dari debu di luar. Namun, jangan sampai salah, darah hewan, kotoran dari bahan makanan, dan hal-hal lainnya dapat terakumulasi menjadi kotoran di dalam kulkas. Jika kondisi dalam kulkas kotor, bahan makanan yang Anda simpan di dalam kulkas juga terkena dampaknya. Kulkas akan mengeluarkan bau amis dan ada kemungkinan kotoran masuk ke bahan makanan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda membersihkan bagian dalam kulkas sebaiknya 3 minggu sekali. Bersihkan dengan air dan jangan lupa bersihkan sela-sela di dalam kulkas. 

 

Jangan Menyimpan Bahan Makanan Yang Masih Panas

Kadang ketika orang terburu-buru, mereka akan lupa dan menaruh bahan-bahan makanan yang masih panas ke dalam kulkas. Padahal hal yang satu ini dapat merusak fungsi kulkas dan membuatnya menjadi tidak awet. Sama seperti menaruh kulkas di outdoor dan di dekat alat-alat yang mengeluarkan panas, menaruh makanan atau minuman panas di dalam kulkas hanya akan mengacaukan fungsi mengatur suhu di kulkas. Jika ini dilakukan berkali-kali, suhu di dalam kulkas akan berubah dan kulkas kesulitan membuat suhu menjadi sesuai. Hal ini hanya akan memendekkan usia kulkas saja. Oleh karena itu, selalu perhatikan makanan dan minuman yang Anda taruh di dalam kulkas. Pastikan kalau barang-barang yang Anda taruh memiliki suhu ruangan dan barulah Anda bisa memasukkannya ke dalam kulkas.

 

Isi Kulkas Sesuai Kapasitasnya

Tips Merawat Kulkas
Sumber: https://unsplash.com/photos/AEU9UZstCfs

Tips merawat kulkas selanjutnya adalah bijak dalam mengisi makanan dan minuman ke dalam kulkas. Sejatinya ada banyak ukuran kulkas, kulkas 4 pintu, 2 pintu, sampai satu pintu. Untuk menjaga fungsinya dan juga keawetan bahan makanan yang ada di kulkas, pastikan kalau Anda menaruh sesuai kapasitasnya, tetapi juga jangan dibiarkan terlalu kosong. Jika terlalu penuh, sirkulasi udara yang ada di dalam kulkas akan terganggu dan sebaliknya jika terlalu kosong, mesin akan kesulitan mengatur kekosongan dan membuat mesin harus bekerja ekstra. Idealnya Anda harus mengatur kondisi dalam kulkas dengan teratur. 

Jangan taruh barang yang terlalu besar di depan kipas internal lemari pendingin. Selanjutnya Anda juga harus memberikan jarak antara satu barang dengan barang lainnya. Terakhir, selalu berikan pembatas makanan dengan zona dalam kulkas secara langsung baik menggunakan tutup wadah atau plastik. Jangan biarkan keduanya berinteraksi secara langsung. Hal ini juga untuk menghindari frost yang tertumpuk di dalam kulkas. 

 

Pilih Kulkas Dengan Kualitas Baik

Kualitas yang baik akan menjaga keawetan kulkas menjadi lebih tahan lama. Oleh karena itu, saat Anda ingin membeli kulkas, belilah kulkas dengan kualitas yang baik. Kulkas dengan kualitas yang baik juga memberikan banyak fitur-fitur yang memudahkan Anda untuk menjaga keawetan kulkas, seperti ramah lingkungan, teknologi dual inverter, temperature sensor, dan lain-lainnya. Jika Anda sedang mencari kulkas baru untuk rumah Anda pastikan memilih kulkas yang berkualitas agar tahan lama, seperti Kulkas Kels  yang bisa Anda dapatkan di Informa store. 

Sumber: ruparupa.com

Lengkapi dapur Anda dengan kulkas dengan teknologi inverter canggih dari Kels. Didukung dengan fitur air flow sehingga dingin yang tersebar merata dan optimal. Sangat ideal untuk digunakan untuk menyimpan dan menjaga makanan, sayuran, serta bahan lainnya tetap segar tahan lama. Lemari pendingin ini juga dilengkapi dengan teknologi dual inverter menjadikan konsumsi listrik lebih hemat dan efisien. Ditambah dengan sistem multi air flow membuat proses pendinginan lebih cepat, suhu lebih stabil dan merata hingga tiap sudut lemari es. Makanan terjaga kesegarannya dan tidak berbau. Kulkas Kels menjadi pilihan tepat untuk kulkas di rumah Anda.

Apalagi Anda bisa mendapatkan kulkas ini dengan lebih mudah melalui pembayaran cicilan tanpa kartu kredit (kiniCintaku) dari Danakini. Tunggu apa lagi, langsung saja datang ke Informa store terdekat dan bayar menggunakan Danakini. Anda bisa mengajukan pembayaran melalui mobile apps Danakini yang dapat kalian unduh melalui Apps Store dan Google Play Store. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Danakini, langsung saja menuju website Danakini dan ikuti media sosialnya. 

About Author

Indakhila Putri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *