Menabung menjadi hal penting untuk dilakukan oleh orang-orang. Namun, terkadang menabung bisa menjadi hal yang cukup menyulitkan untuk dilakukan. Padahal, menabung itu tidak hanya berfungsi sebagai tabungan untuk masa depan, tetapi juga memiliki fungsi-fungsi lainnya. Menabung membiasakan diri kamu untuk hidup berhemat, membuat dana darurat yang diperlukan sewaktu-waktu, dapat membuat kamu mandiri dalam hal finansial. Kalau Anda merasa kesulitan untuk menabung, Anda bisa mencoba beberapa cara menabung unik yang akan kami sebutkan.

Banyak orang yang menganggap manabung sebagai sebuah beban dan tidak jarang kesulitan untuk membiasakan diri untuk menabung. Menabung memang menjadi hal yang susah-susah gampang untuk dilakukan. Terkadang sulit untuk menahan godaan untuk menggunakan uang. Hasilnya uang yang didapatkan malah digunakan untuk membeli barang-barang yang sebenarnya tidak terlalu penting. Menabung tidak harus sulit untuk dilakukan, mungkin strategi menabung Anda selama ini yang kurang tepat. Daripada bingung, yuk kita coba cek beberapa cara menabung unik yang bisa Anda coba. Siapa tahu salah satu cara ini bisa menjadi jawaban dari masalah Anda.

 

Tabungan Bingo

Apakah Anda pernah mendengar permainan bingo? Nah, cara menabung unik yang pertama ini terinspirasi dari permainan tersebut. Sama seperti bingo, buatlah kotak-kotak di dalam kertas. Kemudian, isi kotak-kotak tersebut dengan nominal-nominal uang. Jangan lupa taruh nominal 0 juga untuk hari-hari kamu tidak dapat menyisihkan uang untuk ditabung. Jangan lupa tentukan seberapa besar yang kamu ingin kumpulkan. Tentunya buat juga batasan berapa lama Anda ingin menabung. Misalnya Anda ingin mengumpulkan jumlah Rp. 10,000,000 dalam waktu 5 bulan (150 hari). Buatlah 150 kotak-kotak yang telah diisi nominal uang hingga mencapai total 10 juta. Jika kamu sudah membuatnya, sekarang tinggal disiplin mengikuti bingo yang telah Anda buat. 

 

Menabung Mengikuti Tanggal 

Cara Menabung Unik
Sumber: https://unsplash.com/photos/oWUx0ON3EVc

Cara menabung yang satu ini dijamin bisa membuat Anda sulit lupa untuk menabung. Pasalnya cara menabung yang satu ini mengikuti tanggal. Apa sih maksudnya cara menabung ini mengikuti tanggal? Jadi, Anda harus menyisihkan uang setiap hari mengikuti tanggal pada hari itu. Misalnya tanggal 1 sama dengan Rp.10,000, tanggal 2 sama dengan Rp. 20,000, dan seterusnya. Namun, jika Anda belum siap untuk menyisihkan uang setiap harinya. Cara menabung yang satu ini bisa diganti seperti menabung setiap tanggal ganjil atau setiap tanggal genap. Dengan menggunakan cara menabung yang satu ini, Anda bisa lebih mengingat kebiasaan ini. Nah, supaya tidak kelewatan pastikan kamu juga tandai di kalender ya.

 

Punya Dua Rekening Bank

Sumber: https://unsplash.com/photos/dAmHWsRYP9c

Mungkin banyak dari Anda yang kesulitan untuk menabung karena setiap kali membuka rekening bank Anda, selalu saja ada godaan. Nah, mungkin ini sudah saatnya Anda memisahkan rekening bank Anda. Buatlah dua rekening, satu untuk keperluan belanja, membeli kebutuhan, dan lain-lain. Sementara itu, rekening yang satu lagi tujuannya untuk menabung. Mungkin Anda juga bisa memilih bentuk rekening yang khusus untuk menabung agar hasil tabungan Anda lebih maksimal. Setiap menerima pemasukan bulanan, selalu pisahkan sejumlah uang yang tujuannya untuk ditabung dan uang sisanya untuk kebutuhan bulanan. Misalnya dari pemasukan bulanan Anda, sebesar 30% ditaruh di rekening tabungan dan sisanya di rekening utama Anda. Dengan cara ini, kedua kebutuhan tersebut tidak akan bercampur lagi. 

 

Coba Metode 50/30/20

Kalau Anda bingung cara membagi-bagi penghasilan bulanan Anda, cara ini mungkin tepat untuk Anda. Cara menabung unik yang satu ini cukup populer di Amerika Serikat dan dilakukan oleh cukup banyak orang. Jadi 50/30/20 adalah jumlah pembagian uang dengan 50% penghasilan  untuk biaya kebutuhan hidup sehari-hari. 30% untuk biaya senang-senang, dan terakhir 20% untuk kepentingan menabung atau dana darurat. Pembagian yang satu ini cukup efektif dan bisa langsung Anda coba. Pastikan kalau pengeluaran Anda tidak melebihi persentase tersebut. Misalnya 30% penghasilan Anda digunakan untuk biaya hiburan. Pastikan kalau tidak melebihi persentase tersebut. Sebaliknya, jika uang yang Anda gunakan tidak sampai 30%, dana tersebut bisa langsung dialokasikan di tabungan Anda. Tentunya tidak ada salahnya lebih banyak menabung bukan?

 

Menabung Bersama Teman Dan Keluarga

Sumber: https://unsplash.com/photos/Cecb0_8Hx-o

Cara menabung unik yang terakhir mungkin bisa membantu Anda termotivasi. Ajaklah keluarga atau teman untuk sama-sama menabung. Lewat cara ini, Anda bisa sama-sama mengumpulkan uang dan sama-sama saling mengingatkan. Cara yang satu ini juga cocok untuk Anda lakukan jika kamu memiliki tujuan untuk menabung. Misalnya Anda dan keluarga memiliki tujuan untuk membeli mobil atau misalnya Anda dan keluarga ingin pergi jalan-jalan ke luar negeri. Dengan menabung bersama orang-orang terdekat Anda, pastinya tujuan menabung ini juga akan lebih cepat tercapai. Namun, cara menabung yang satu ini mungkin lebih cocok dilakukan dalam jangka pendek saja. 

About Author

Indakhila Putri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *