May 17, 2022

Melewati libur panjang pada hari raya Idul Fitri tahun 2022, adakah Sahabat Danakini yang menggunakan waktu liburannya untuk jalan-jalan ke luar negeri? Perlu diketahui bahwa saat kita ingin pergi ke luar negeri, ada banyak hal-hal yang harus disiapkan terlebih dahulu, seperti paspor, visa, dan alat pembayaran internasional.

Alat Pembayaran Internasional
Sumber Foto: Pexels / Natasha Chebanoo

Melihat adanya banyak money changer di tempat-tempat keberangkatan dan kedatangan seperti bandara, stasiun, ataupun pelabuhan, banyak orang yang mengira alat pembayaran internasional yang dapat digunakan hanyalah uang cash yang perlu ditukar terlebih dahulu dari rupiah ke mata uang negara lain yang dituju. Padahal selain uang cash, ada banyak alternatif alat pembayaran internasional lain yang bisa digunakan untuk bertransaksi, loh. 

Kali ini, Danakini sudah menyiapkan daftar alat pembayaran internasional khususnya saat Anda travelling ke negara lain. Kita simak bersama ya, Sahabat Danakini! 

Cash / Tukar Rupiah ke Mata Uang Negara Tujuan

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, salah satu alat pembayaran internasional yang dapat digunakan oleh Sahabat Danakini saat berlibur ke luar negeri adalah uang cash yang sudah ditukar ke mata uang negara tujuan. Sahabat Danakini dapat menukarkan uang di money changer yang sudah masuk ke dalam Authorized Money Changer atau telah mendapatkan izin. Dengan begitu, Anda dapat mengurangi risiko kecurangan atau mendapatkan uang palsu, serta meminimalisir penawaran nilai tukar yang rendah.

Setelah memastikan legalitasnya, Anda dapat mulai mengecek kurs mata uang asing di internet atau beberapa agen money changer agar dapat membandingkan nilai tukar yang menguntungkan bagi Anda. Selain itu, Sahabat Danakini juga dapat menentukan waktu yang tepat untuk menukarkannya, biasanya harga kurs terbaik bisa didapatkan di awal pekan pada saat pagi hari.

Alat Pembayaran Internasional
Sumber Foto: Pexels / Karolina Grabowska

Perlu diingat juga oleh Sahabat Danakini, hindari melakukan penukaran uang di bandara atau hotel. Meskipun lokasi tersebut lebih mudah dijangkau dan terpercaya, cenderung kedua lokasi ini memasang kurs dengan harga tinggi sehingga dapat membuat Anda rugi. Jangan lupa untuk terus pantau dan bandingkan kursnya sebelum menukar, ya!

Debit / Kartu Kredit Master Card / Visa

Selain tukar uang, Sahabat Danakini juga dapat menggunakan kartu untuk menarik uang atau bertransaksi di luar negeri. Jika dibandingkan dengan tukar uang melalui money changer, alat transaksi satu ini dinilai lebih praktis karena tidak perlu datang ke money changer untuk menukar secara manual, lebih aman karena tidak perlu selalu membawa uang cash yang dapat membahayakan diri, dan lebih cepat saat membutuhkan uang tunai di saat genting. 

Alat Pembayaran Internasional
Sumber Foto: Pexels / Ono Kosuki

Saat ini banyak bank dan aplikasi keuangan yang menawarkan banyak promo untuk melakukan tarik tunai dan berbelanja di luar negeri, seperti Bank Jenius yang tidak memungut biaya administrasi saat Anda ingin melakukan pembayaran di merchant tertentu yang memakai mesin EDC dengan koneksi jaringan Visa. Karena penggunaannya mudah dan praktis, jangan lupa untuk tetap batasi jumlah penarikan uang tunai agar tidak berlebihan ya, Sahabat Danakini!

Dompet Digital

Melihat teknologi yang sekarang semakin berkembang, semua hal dapat dilakukan secara digital, termasuk pembayaran internasional. Sampai saat ini, sudah banyak layanan yang menyediakan dompet digital, dimana kita dapat memiliki rekening virtual yang kemudian dapat digunakan untuk transfer, menerima, atau menyimpan uang. 

Sumber Foto: Pexels / Anete Lusina

Di Indonesia, saat ini sudah banyak bank yang terhubung dengan negara lain, sehingga memudahkan kita untuk melakukan transaksi secara internasional dengan mudah dan cepat, contohnya Alipay, layanan E-Wallet yang dapat digunakan berbagai negara lain di dunia, tetapi hanya dapat digunakan oleh warga China.

Itulah 6 alat pembayaran internasional yang dapat Sahabat Danakini gunakan, entah itu untuk transaksi saat berlibur, ataupun jual-beli barang secara internasional. Dari berbagai jenis alat pembayaran di atas, mana yang paling mudah menurut Sahabat Danakini?

About Author

Jovita Christie

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *