May 17, 2022

Atur Keuangan Pasca Lebaran – Setelah melewati ibadah puasa selama 30 hari penuh, seluruh umat Islam melanjutkan tradisinya dengan merayakan momen Lebaran dan pergi mudik ke kampung halaman. Sesampainya di sana, warga Indonesia biasanya langsung berkumpul dengan seluruh anggota keluarga sambil menikmati hidangan Lebaran, seperti lontong sayur dan kue kering, serta saling berbagi THR dengan keluarga dan sanak saudara.

Atur Keuangan Pasca Lebaran
Sumber Foto: Pexels / RODNAE Productions

Momen kebersamaan bersama keluarga di hari Lebaran seringkali juga menjadi ajang perlombaan untuk mempersiapkan hidangan makanan paling enak, perlengkapan ibadah baru, dan busana baru. Melihat kebutuhan yang selalu mengalami kenaikan menjelang hari raya, persiapan finansial untuk Lebaran tentu saja menjadi semakin meningkat. Apalagi melihat harga BBM dan tarif tol untuk mudik yang ikut naik menjelang Lebaran. 

Dengan prediksi pengeluaran yang tinggi selama Lebaran, penting bagi kita untuk mengetahui cara atur keuangan pasca lebaran agar finansial ke depannya tetap aman nih, Sahabat Danakini. Kita simak tips-nya sebagai berikut, ya!

Catat Pengeluaran

Dalam proses atur keuangan pasca Lebaran, hal pertama yang harus dilakukan adalah melihat kembali dan mencatat pengeluaran apa saja yang dilakukan selama Lebaran berlangsung. Dari catatan yang sudah dibuat, Sahabat Danakini dapat melihat apakah pengeluaran yang terjadi sesuai dengan budget awal atau justru melebihi budget. 

Setelah itu, Sahabat Danakini perlu menyesuaikan budget yang sudah ada dengan pengeluaran selanjutnya di bulan-bulan ke depan. Dengan catatan pengeluaran yang sudah dibuat, Sahabat Danakini juga dapat memprediksi berapa budget yang harus disiapkan untuk Lebaran di tahun yang akan datang.

Susun Anggaran

Hal selanjutnya yang Sahabat Danakini perlu lakukan dalam proses atur keuangan pasca Lebaran adalah membuat penyusunan anggaran. Dari catatan pengeluaran sebelumnya, Sahabat Danakini dapat membuat list kebutuhan yang harus dipenuhi, setidaknya sampai Anda menerima pemasukan selanjutnya. 

Atur Keuangan Pasca Lebaran
Sumber Foto: Pexels / Karolina Grabowska

Dengan membuat susunan anggaran ini, Sahabat Danakini juga dapat menentukan prioritas kebutuhan sehingga dapat meminimalisir pengeluaran untuk kebutuhan yang tidak terlalu penting. Jangan lupa untuk sertakan juga cicilan dan kewajiban di susunan anggaran Anda, ya!

Batasi Pengeluaran

Keuangan yang sudah diatur tidak akan dapat bertahan lama jika akar pengeluarannya tidak dibatasi. Ini dia cara atur keuangan pasca Lebaran yang berikutnya, yaitu membatasi pengeluaran kita. Agar tidak semakin menumpuk, Sahabat Danakini perlu semakin cerdik dalam mengatur pengeluaran ke depannya.

Upaya yang dapat Anda lakukan agar pengeluaran dapat diminimalisir adalah dengan memaksimalkan promo makanan, menggunakan transportasi umum, dan menerapkan sustainable living di kehidupan sehari-hari. Selain itu, Sahabat Danakini juga dapat membuat limit pribadi per harinya agar Anda dapat mengontrol keuangan dengan lebih mudah.

Terapkan Lagi Kebiasaan Menabung 

Setelah melakukan berbagai tips yang sudah dijelaskan sebelumnya, proses atur keuangan pasca Lebaran berikutnya adalah memulai kembali kebiasaan menabung. Sahabat Danakini dapat melakukan berbagai metode menabung yang banyak digunakan, salah satunya adalah metode 50/30/20. 

Atur Keuangan Pasca Lebaran
Sumber Foto: Pexels / maitree rimthong

Pada metode ini, Sahabat Danakini dapat membagi pendapatan menjadi tiga bagian, yaitu 50 persen untuk memenuhi kebutuhan pokok, 30 persen untuk memenuhi keinginan pribadi, dan 20 persen untuk ditabung. Jika Sahabat Danakini memiliki pendapatan sebesar Rp5 juta, Anda dapat memakai Rp2,5 juta untuk kebutuhan pokok, Rp1,5 juta untuk keinginan pribadi, dan Rp1 juta untuk ditabung. Walaupun hanya 20 persen, jika proses menabung dilakukan secara rutin dan konsisten, pasti akan terkumpul menjadi banyak. Yuk, kita mulai lagi menabung, Sahabat Danakini!

Cari Pendapatan Tambahan

Terakhir, Sahabat Danakini dapat menjalankan bisnis yang bisa menambah pendapatan per bulannya. Melihat perkembangan teknologi yang semakin hari semakin mengalami peningkatan, membuka suatu bisnis sudah bukan hal yang mustahil lagi. Sahabat Danakini dapat memaksimalkan penggunaan e-commerce atau sosial media agar bisnis semakin berjalan. 

Beberapa ide jualan yang dapat Sahabat Danakini lakukan dari rumah antara lain adalah bisnis catering, bisnis kue, menjadi reseller, jasa penitipan hewan peliharaan, dan masih banyak lagi. Selain menambah pendapatan, Anda juga dapat meningkatkan kreativitas dan skill enterpreneur Anda loh!

Itu dia tips atur keuangan pasca Lebaran yang dapat Sahabat Danakini lakukan! Semoga finansial Anda tetap terjaga ya, Sahabat Danakini!

About Author

Jovita Christie

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *