May 24, 2024

Pengertian dana darurat dan seberapa penting dana darurat

Dana darurat atau biasa disebut emergency money merupakan simpanan berupa uang yang bisa digunakan jika diperlukan untuk kebutuhan dadakan seperti biaya rumah sakit, kehilangan pendapatan atau terkena PHK (Pemberhentian Hak Karyawan), hingga biaya kebutuhan darurat lainnya. Dana darurat sangat penting untuk dimiliki karena jika ada hal tak terduga terjadi, maka masih ada dana darurat yang dapat digunakan untuk menyelesaikan kebutuhan dadakan sampai keadaan kembali stabil atau mendapat pekerjaan baru.

Kapan Anda dapat menggunakan dana darurat?

Dana darurat dapat digunakan ketika hal tak terduga terjadi, seperti kena PHK, sakit dan butuh dana untuk pengobatan, krisis finansial, hingga hal-hal mendesak lainnya. Dana darurat digunakan saat sudah tidak ada lagi pilihan lain selain menggunakan dana tersebut. Dengan demikian jangan ragu untuk menggunakan dana darurat yang anda miliki. Tetapi, jangan lupa untuk kembali menyisihkan dan mengumpulkan kembali dana darurat saat keadaan sudah kembali stabil dan memungkinkan.

Berapa dana darurat yang Anda butuhkan?

Banyak sedikit jumlah dana darurat ditentukan dari situasi finansial masing-masing individu. Jika Anda sudah berkeluarga tentu jumlah dana darurat yang perlu disisihkan berbeda dengan mereka yang masih single. Selain itu, cara mengumpulkan dana darurat juga harus dilihat dari penghasilan yang Anda dapatkan.

Tips untuk membangun dana darurat 

Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mulai menabung dan membangun dana darurat:

1. Buat tujuan atau goals yang ingin Anda capai

Salah satu hal penting dalam menabung adalah membuat tujuan apa yang mau dicapai dari menabung. Dengan memiliki tujuan yang jelas, hal ini akan mempermudah dan memotivasi Anda untuk segera mencapai hasil akhir tabungan yang telah direncanakan.

2. Menabung sesuai dengan pendapatan

Kesalahan yang paling banyak ditemukan dalam menabung adalah tidak membagi pendapatan dan jumlah yang ingin ditabung dengan benar. Banyak orang percaya bahwa cara menabung yang benar adalah dengan memaksakan menabung sebanyak mungkin tanpa memperhatikan hal penting lainnya seperti iuran rumah hingga kebutuhan sehari-hari. Maka dari itu, baik untuk memperhitungkan dengan bijak jumlah yang ingin ditabung berdasarkan pendapatan yang sudah dikurangi dengan kebutuhan pokok Anda dalam sebulan.

3. Mencari pendapatan tambahan di waktu senggang

Cara lain untuk menabung lebih banyak adalah mencari pendapatan tambahan melalui kerja sampingan. Bisa dengan cara part time, affiliate, atau freelance. Semakin besar pendapatan, semakin besar dana yang dapat Anda tabung. Dengan demikian, tabungan Anda akan lebih cepat mencapai tujuannya.

4. Sisihkan penghasilan untuk ditabung setiap bulan

Jika sudah mendapatkan gaji tetap dan juga side income, ada baiknya langsung disisihkan untuk dimasukan ke dalam tabungan. Jika kita menunggu uang sisa untuk ditabung maka akan lebih sulit untuk tercapai goalsnya dan tidak konsisten. Bisa saja uangnya sudah habis terpakai dan tidak ada sisa yang dapat ditabung. Maka dari itu, setelah mendapatkan penghasilan langsung disisihkan untuk dimasukan ke dalam dana darurat kita.

Cara Menghitung THR
Image by wirestock on Freepik

Dimana Anda dapat menyimpan dana darurat?

Ada beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk menyimpan dana darurat Anda, antara lain:

1. Tabungan bank

Anda dapat membuka rekening baru untuk menyimpan dana darurat, hal ini akan memudahkan Anda untuk membedakan mana uang yang dapat digunakan dan mana uang yang tidak dapat digunakan untuk kebutuhan Anda. Pilihan ini menjadi opsi yang sering digunakan karena aman dan juga mudah untuk dikelola.

2. Uang tunai

Menabung dalam uang tunai dapat menjadi salah satu opsi bagi orang yang tidak memiliki rekening untuk tabungan. Menabung dengan uang tunai dapat disimpan di berbagai tempat yang Anda inginkan seperti di celengan, brankas rumah, dan tempat lainnya yang dapat menampung uang Anda. Biasanya menabung dengan uang tunai dapat menambahkan semangat menabung beberapa orang karena dapat kita lihat dan kita perkirakan nominalnya sudah banyak atau belum. 

3. Reksadana pasar uang (RDPU)

Jika Anda tidak ingin uang Anda hanya diam saja di rekening bank dan kemakan inflasi maka RDPU ini adalah salah satu opsi yang dapat digunakan. RDPU ini adalah reksadana yang paling aman digunakan dan memiliki return atau bunga yang dapat membuat tabungan Anda tidak hanya berdiam saja. Tetapi perlu diketahui bahwa return yang diberikan tergolong kecil dan proses pencairan dananya di butuhkan waktu minimal 2-3 hari, tetapi akan terus naik dan memberikan sedikit tambahan untuk dana darurat Anda. Jadi hal ini tentunya baik digunakan untuk menabung dana darurat Anda.

About Author

Chrischeren Alamsyah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *