Menentukan desain kamar kos bisa menjadi tantangan untuk Anda yang memiliki bisnis kos-kosan. Anda harus bisa pintar-pintar mencari desain yang bagus dan minimalis tapi masih mencakup semua aspek kebutuhan furniture para anak kos. Yuk, intip 7 inspirasi desain kamar kos minimalis yang bisa Anda gunakan!

Menyusun furniture dalam ruang kamar kost yang kecil tidaklah mudah. Anda harus pastikan kalau furniture yang esensial seperti kasur, meja, kursi, lemari, laci penyimpanan dan lainnya. Namun, Anda bisa melihat desain dibawah ini sebagai referensi untuk Anda membeli furniture dan mengisi kamar kos Anda.

 

Kayu dan Warna yang Cerah 

Sumber: archdaily.com

Ide untuk insipirasi desain kamar kos yang pertama adalah dengan menggunakan kayu dan warna yang cerah. Untuk ruangan yang cenderung kecil dan sempit, menggunakan lemari kayu berwarna coklat muda akan membuat kamar Anda terasa sedikit lebih lapang. Dan juga, menggunakan warna yang cerah, seperti teal, burgundy, pink, ataupun kuning akan membawa suasana yang terang dan cerah.

 

Monokrom

Sumber: adsttc.com

Desain kamar monokrom akan bersifat netral bagi siapapun yang akan menjadi anak kos Anda. Tema monokrom membawa nuansa yang tenang dan bersih. Jika Anda menata furniture dengan rapi, dan memadukan warna putih, abu-abu, hitam, dan warna lainnya yang ada pada spektrum tersebut, siapapun itu akan betah. Jangan gunakan furniture yang memiliki banyak pola karena akan membuat ruangan terasa lebih penuh.

 

Ranjang Double

Sumber: apkpure.com

Insipirasi desain kamar kos ini bisa menjadi salah satu desain pilihan jika Anda ingin memiliki ruangan untuk 2 anak kos sekaligus. Dengan begini, Anda akan mendapatkan ekstra ruang yang biasanya dijadikan tembok pemisah. Sehingga, ruang yang anak kos Anda akan dapatkan juga lebih lebar.

Dengan menaruh meja di tengah antara 2 ranjang, akan membuat ruang privasi yang cukup untuk mereka berdua. Meja yang panjang menyamping akan muat 2 orang untuk belajar, makan ataupun kerja. Anda hanya perlu menambahkan kursi yang minimalis dan tidak terlalu berat ataupun lebar supaya cocok dengan desainnya.

Menaruh meja dekat jendela juga akan sangat bagus untuk pencahayaan alami sinar matahari dapat masuk ke dalam kamar. Dan dapat mereka buka untuk mengganti sirkulasi udara. Jangan lupa untuk memasang gorden untuk menjaga privasi mereka.

 

Simpel dan Mewah

Insipirasi desain kamar kos
Sumber: hbpl.co.uk

Jika Anda ingin menggunakan tema yang simpel tapi mewah, gunakan lah furniture yang simpel dan yang terbuat dari kayu berwarna coklat muda. Furniture kayu berwarna coklat tua akan selalu terlihat minimalis dan rapi. Dan jangan hanya menggunakan bohlam lampu yang bulat, gunakan lampu gantung berbentuk unik.

Jangan lupa untuk menata meja dekat jendela untuk mendapatkan cahaya alami. Sinar matahari dapat membuat kamar terasa lebih terbuka, dan tidak pengap. Paduan warna coklat, putih dan hitam sangatlah cocok untuk Anda gunakan dalam kamar.

 

Ranjang Triple

Insipirasi desain kamar kos
Sumber: inhabitat.com

Sama dengan desain ranjang double dalam kamar kos Anda, hanya ini memiliki tiga ranjang untuk 3 anak kost dalam sekamar sekaligus. Ini akan menghemat ruang pada rumah kosan Anda, sama dengan yang tadi, meja memanjang ke samping dapat berfungsi sebagai meja belajar, kerja dan makan dengan ruang yang cukup banyak.

Tempat penyimpanan di bawah meja juga dapat berfungsi sebagai tempat menaruh tas mereka. Lemari buku dengan rak yang banyak bisa untuk menaruh pajangan dan buku-buku tentunya. Dan juga, lemari buku ini bersifat sebagai pemisah atau pembatas dari ranjang satu ke yang lainnya.

 

Estetis Korea

Sumber: behance.net

Desain ranjang dengan kerangka ranjang yang rendah dan berbahan kayu adalah khas estetis Korea. Desain ini sangatlah populer pada kawasan anak milenial. Sehingga, mereka akan suka dan betah tinggal di kamar kosan dengan nuansa minimalis ini. JikaAnda seseorang yang suka dengan desain semacam ini, mungkin inspirasi desain kamar kos ini bisa dicoba.

 

Twin Beds 

Sumber: apkpure.com

Inspirasi desain kamar kos minimalis terkahir adalah memakai twin bed. Hal Yang membedakan desain ini dengan desain kamar kos dengan ranjang double sebelumnya adalah mejanya hanya satu. Tetapi ada tiga laci yang bisa terpakai untuk menyimpan dokumen penting atau barang berharga lainnya. Jangan lupa untuk membeli laci yang bisa dikunci, untuk keamanan barang penting dan berharga bersama.

Warna netral yang ada pada desain ini juga unisex loh. Artinya, akan tetap bisa cocok untuk perempuan ataupun laki-laki. Kekurangan dari desain ini adalah ruang meja yang cukup kecil karena hanya muat untuk satu orang saja.

 

Danakini

Tahukah pembaca kalau kamu bisa membeli berbagai produk yang ada di INFORMA dengan cara cicilan tanpa kartu kredit? Nah, lewat kiniCintaku dari Danakini, Anda bisa membeli beragam produk untuk melengkapi kamar idaman Anda dan membuat kamar kos Anda terasa lebih nyaman. Anda juga bisa membeli berbagai perlengkapan rumah melalui RupaRupa dan pergi ke toko INFORMA terdekat. Jangan lupa untuk mengunduh aplikasi Danakini di Apps Store atau Google Store. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa cek melalui website Danakini. 

Sumber: https://www.ruparupa.com/blog/desain-kamar-kost-minimalis/

About Author

Indakhila Putri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *