April 26, 2024

Tips Mudik Hemat – Memasuki akhir bulan April, suasana mudik semakin terasa ya, Sahabat Danakini! Setelah melewati ibadah puasa selama satu bulan penuh, tradisi wajib selanjutnya adalah mudik atau pulang kampung untuk menikmati momen kebersamaan dengan keluarga di hari raya. Jika kita lihat kilas balik dua tahun lalu, tradisi mudik hanya dilakukan secara digital melalui video call atau saling kirim hampers Lebaran karena angka penyebaran Covid-19 yang masih sangat tinggi.

Setelah melewati tahun-tahun tersebut, angka penyebaran Covid-19 di tahun 2022 mengalami penurunan signifikan dikarenakan program vaksin dan protokol kesehatan yang sudah diterapkan secara tertib oleh masyarakat Indonesia. Hal ini akan berpengaruh terhadap perjalanan mudik tahun ini, seperti yang dibahas di survei Balitbang Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pada Maret 2022, jumlah masyarakat yang akan melakukan mudik di tahun 2022 diprediksikan akan mencapai 79,4 juta orang dengan prediksi mobilitas sebesar 16,27 persen, dari sebelumnya pada Idul Fitri 2021, jumlah masyarakat yang melakukan mudik hanya 29,7 juta orang. 

Tips Mudik Hemat
Sumber Foto: Pexels / Kun Fotografi

Walaupun pemerintah Indonesia sudah memperbolehkan masyarakat untuk pergi mudik, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh Sahabat Danakini. Memasuki tahun 2022, banyak kenaikan harga yang terjadi di tengah masyarakat, dari permasalahan minyak goreng yang tidak kunjung usai, BBM naik, tarif tol naik, dan masih banyak lagi. Untuk mencegah finansial membengkak di saat mudik, Danakini sudah menyiapkan tips mudik hemat agar finansial tetap terjaga nih. Yuk, kita simak!

Tips Mudik Hemat Transportasi Umum

Melakukan perjalanan mudik menggunakan transportasi umum adalah hal yang bisa Sahabat Danakini lakukan untuk menghindari persoalan biaya yang saat ini mengalami lonjakan tinggi. Berikut adalah tips mudik hemat menggunakan transportasi umum.

Pesan Tiket Dari Jauh Hari

Karena harga tiket transportasi selalu mengalami lonjakan setiap menjelang hari raya, ada baiknya Sahabat Danakini memesan tiket perjalanan mudik dari jauh-jauh hari agar harganya tetap normal. Selain itu, jika kita sudah memesan tiket dari jauh hari, Sahabat Danakini bisa lebih bijak dalam membuat rencana mudik.

Tips Mudik Hemat
Sumber Foto: Pexels / Oleksandr Pidvalnyi

Aktif Membandingkan Harga

Sahabat Danakini sekarang tidak perlu ribet lagi saat ingin membeli tiket transportasi, karena sudah ada banyak aplikasi yang menyediakan layanan beli tiket transportasi secara online. Biasanya, setiap aplikasi akan menawarkan harga yang berbeda-beda sesuai dengan promo, waktu, dan aspek lainnya. Oleh karena itu, penting bagi Sahabat Danakini untuk aktif dan cermat membandingkan harga dari satu aplikasi dengan aplikasi lainnya. Hal ini juga berlaku untuk Sahabat Danakini yang ingin membeli tiket melalui biro travel. 

Pilih Jalur Darat

Jika dibandingkan antara transportasi darat dan udara, transportasi darat memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan jalur udara. Walaupun transportasi udara akan lebih menghemat waktu dan tenaga, jalur darat akan menyelamatkan finansial Anda lebih banyak. Sahabat Danakini pilih yang mana?

Patungan Dengan Rombongan

Selain transportasi umum, Sahabat Danakini juga dapat melakukan mudik bersama berombongan. Nantinya Sahabat Danakini dan rombongan dapat menyewa atau menggunakan mobil bersama dan di akhirnya segala biaya perjalanan akan dibayar secara patungan. Dengan melakukan tips ini, Sahabat Danakini dapat lebih hemat dan aman saat mudik.

Tips Mudik Hemat Transportasi Pribadi

Di tahun 2022, banyak harga barang dan jasa yang mengalami kenaikan harga, salah satunya adalah BBM. Mulai 1 April 2022, harga Pertamax di beberapa Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) mencapai harga Rp12.500 per liternya. Jika Sahabat Danakini lebih memilih menggunakan transportasi pribadi dalam merencanakan perjalanan mudik, Danakini sudah mempersiapkan tips mudik hemat agar penggunaan bensin lebih sedikit nih.

Tips Mudik Hemat
Sumber Foto: Pexels / Rachel Claire

Minimalisir Rem Mendadak

Ternyata tanpa kita sadari, kebiasaan rem mendadak yang membuat kecepatan mobil menurun secara drastis dapat mempengaruhi penggunaan bensin kita loh, Sahabat Danakini. Apabila kebiasaan ini terus menerus dilakukan, pemakaian bensin akan menjadi lebih boros dari biasanya. Untuk menghindari hal ini terjadi, Anda dapat menjaga jarak dengan kendaraan di depan Anda agar meminimalisir kemungkinan terjadi rem mendadak.

Tidak Gas Berlebihan

Selain rem mendadak, gaya berkendara juga dapat mempengaruhi penggunaan bensin. Saat kita menekan pedal gas secara spontan atau membiarkan mesin sampai berbunyi saat berkendara akan membuat penggunaan bahan bakar menjadi lebih boros. Oleh karena itu, penting bagi Sahabat Danakini untuk tidak agresif saat berkendara agar dapat menghemat bensin lebih banyak.

Dapatkan aplikasi Danakini melalui Apps Store dan Play Store.

About Author

Jovita Christie

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *