February 27, 2024

Gaji UMR di Dunia – Sampai saat ini, tidak bisa dipungkiri bahwa gaji tetap menjadi faktor utama bagi masyarakat saat ingin memilih suatu perusahaan untuk dijadikan tempat bekerja. Tentu saja, karena jika dilihat dari data Badan Pusat Statistik (BPS), sumber pendapatan terbesar pada rumah tangga di Indonesia adalah dari upah dan gaji.

Saat sebuah perusahaan ingin memberikan upah atau gaji, ada upah minimum yang sudah ditetapkan dan menjadi acuan pendapatan pekerja oleh gubernur sesuai dengan wilayahnya. Upah minimum ini disebut juga dengan Upah Minimum Regional atau disingkat menjadi UMR. Di Indonesia, daerah dengan UMR tertinggi saat ini dipegang oleh daerah DKI Jakarta dengan upah sebesar Rp4,4 juta. Sementara daerah dengan UMR terendah dipegang oleh daerah Jawa Tengah dengan upah sebesar Rp1,81 juta. 

Melihat besar nominal UMR di Indonesia, Ida Fauziah, selaku Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), menilai bahwa upah minimum saat ini masih terlalu tinggi. Dampaknya akan membuat perusahaan dan pengusaha kesulitan saat ingin menjangkaunya, juga akan berdampak negatif saat penerapannya di lapangan. 

Gaji UMR di Dunia
Sumber Foto: ANTARA FOTO / Puspa Perwitasari

Menurut Ida, tingginya upah minimum di Indonesia disebabkan oleh Kaitz Indexnya yang lebih besar dari 1, dimana idealnya berada pada kisaran 0,4 sampai dengan 0,6. Kaitz Index sendiri adalah satu indeks yang sudah digunakan secara internasional untuk mengukur tinggi rendahnya upah minimum di suatu wilayah. Saat ini, Indonesia merupakan satu-satunya negara yang belum menerapkan Kaitz Index secara sempurna. 

Setelah melihat kondisi di Indonesia, kita lihat list gaji UMR di dunia yuk, Sahabat Danakini! Ini dia 5 negara yang memberikan gaji UMR tertinggi di dunia.

Luksemburg

Negara pertama pada list gaji UMR di dunia adalah Luksemburg. Negara di Eropa Barat ini hanya memiliki populasi sebanyak 632.000. Walaupun kecil, Luksemburg merupakan salah satu negara terkaya dengan bayaran tertinggi di dunia. Rata-rata pendapatan tahunan pekerjanya mencapai US$68.681 atau setara dengan Rp977,3 juta per tahun. 

Gaji UMR di Dunia
Sumber Foto: Getty Images

Luksemburg memiliki beberapa industri yang berjalan di negaranya, yaitu perbankan, layanan keuangan, real estate, konstruksi, baja, logam, kaca, alumunium, teknologi informasi, telekomunikasi, teknik, transportasi kargo, bahan kimia, bioteknologi, dan juga pariwisata.

Islandia

Negara Islandia berada di urutan kedua pada list gaji UMR di dunia. Dengan populasi yang lebih kecil dari negara Luksemburg, Islandia hanya memiliki populasi sebanyak 350.000. Meskipun populasinya kecil dan cuacanya sangat dingin, Islandia termasuk salah satu negara termahal di dunia dan memiliki industri pariwisata yang berkembang karena alamnya yang sangat indah. 

Rata-rata pendapatan tahunan pekerja di Islandia mencapai US$68.006 atau setara dengan Rp967,7 juta per tahun. Industri yang berjalan di negara Islandia ada pariwisata, perikanan, tenaga air, dan juga pertambangan.

Swiss

Pada urutan ke-3, ada Swiss dengan populasi 8,3 juta orang dan rata-rata pendapatan tahunan sebesar US$66.567 atau setara dengan Rp947,2 juta per tahun. Swiss merupakan negara makmur yang menawarkan gaji tinggi kepada rakyatnya. 

Gaji UMR di Dunia
Sumber Foto: Timeout

Swiss sampai saat ini menjadi negara yang unggul di berbagai bidang industri, termasuk keuangan, perbankan, cokelat, elektronik, farmasi, jam tangan, dan juga pariwisata. Selain itu, Swiss juga menjadi tempat bagi banyak perusahaan multinasional top dunia.

Amerika Serikat (AS)

Dikenal dengan negara yang ekonominya sangat maju, beragam, dan memainkan peran penting pada kancah internasional di berbagai sektor, Amerika Serikat (AS) berada pada urutan ke-4 pada list gaji UMR tertinggi di dunia. 

Di negara Amerika Serikat, penduduk dapat dengan mudah mencari pekerjaan, asalkan memiliki visa kerja yang sesuai. Rata-rata pendapatan tahunan yang diterima dapat mencapai US$65.836 atau setara dengan Rp936,8 juta per tahun.

Denmark

Di urutan ke-5, ada Denmark dengan rata-rata pendapatan tahunan sebesar US$57.150 atau setara dengan Rp813,2 juta per tahun. UMR di negara Denmark sudah disesuaikan dengan standar gaya hidup di sana yang juga sangat tinggi. Selain UMR yang tinggi, Denmark juga menjamin hak-hak karyawan dan upah yang adil, meskipun negaranya relatif kecil dan ketersediaan pekerjaannya terbatas.

Sumber Foto: Unsplash

Industri yang dijalankan oleh Denmark berfokus pada pertambangan, logam, makanan, minuman, transportasi, furniture, pembuatan kapal, dan obat-obatan.

Itulah list gaji UMR di dunia yang masuk ke dalam urutan 5 tertinggi! Walaupun UMRnya tinggi, Sahabat Danakini tetap harus lihat gaya hidupnya terlebih dahulu agar tidak terkecoh dengan nominal gaji yang tinggi.

Dapatkan aplikasi Danakini melalui Apps Store dan Play Store.

About Author

Jovita Christie

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *