April 22, 2024

Istilah crazy rich bukan lagi hal yang asing bagi masyarakat Indonesia setelah sering digunakan di berbagai media publik belakangan ini. Istilah crazy rich mulai dikenal dan digunakan oleh masyarakat Indonesia sejak meluncurnya film Crazy Rich Asians pada tahun 2018 yang menceritakan tentang perjuangan Rachel membuktikan dirinya sebagai pendamping hidup yang pantas bagi Nick, anak dari keluarga kaya raya. Sejak saat itu, istilah crazy rich seringkali dipakai untuk mendeskripsikan sosok kaya raya dengan hidup berkelimpahan dan menjadi pusat perhatian karena kekayaannya seperti Nick.

Istilah Crazy Rich
Sumber Foto: IMDb

Di Indonesia sendiri, ada beberapa sosok yang sering disebut sebagai crazy rich, yaitu Indra Kenz dan Doni Salmanan yang saat ini sedang ramai dibicarakan karena terjerat kasus investasi bodong. Sebelum terjerat kasus tersebut, Indra Kenz disebut dengan istilah crazy rich Medan karena sering memamerkan harta kekayaannya dan membuat sensasi di media sosial, seperti membeli mobil Tesla Model 3 seharga Rp1,5 miliar pada jam 3.00 pagi hanya karena sedang bosan, membeli jam tangan Rolex Jess No Limit dengan harga Rp260 juta, dan masih banyak lagi. Serupa dengan Indra Kenz, Doni Salmanan juga disebut dengan istilah crazy rich Bandung setelah memberi saweran kepada Reza Arap sebesar Rp1 miliar, membeli mobil Porsche 911 GT3 RS milik Arief Muhammad seharga Rp4 miliar, dan masih banyak lagi. Melihat aktivitasnya yang terlihat sangat megah, tidak aneh masyarakat Indonesia menyebut mereka sebagai crazy rich, walaupun ternyata kekayaannya itu didapatkan secara ilegal. 

Baca Juga: Cara Menjadi Pengusaha Sukses, Ikuti Langkah-Langkahnya!

Top 5 Crazy Rich Indonesia 

Bukan Indra Kenz dan Doni Salmanan, ternyata inilah daftar top 5 crazy rich Indonesia sesungguhnya menurut Forbes yang dihitung dari aset perusahaan publik maupun pribadi, real estate, otomotif, perhiasan, dan gandaan perkiraan keuntungan mereka. 

R. Budi dan Michael Hartono

Dilihat dari data Forbes tahun 2021, Hartono bersaudara menempati urutan pertama sebagai crazy rich Indonesia dengan total kekayaan sebesar 42,6 miliar dolar Amerika atau sekitar Rp608 triliun. Diketahui, Hartono bersaudara adalah pemilik Group Djarum, dimana di dalamnya ada bank BCA, rokok Djarum, Polytron, real estate, dan perusahaan besar lainnya.

Keluarga Widjaja

Selanjutnya ada keluarga Widjaja yang menempati posisi kedua di data Forbes crazy rich Indonesia dengan kekayaan sebesar 9,7 miliar dolar Amerika atau sekitar Rp139,2 triliun. Keluarga Widjaja adalah pemilik Sinar Mas Group yang bergerak di bidang pulp, kertas, agrobisnis, jasa keuangan, real estate, telekomunikasi, energi, kesehatan, dan pendidikan.

Istilah Crazy Rich
Sumber Foto: Freepik

Anthony Salim

Orang ketiga dengan istilah crazy rich Indonesia selanjutnya adalah Anthony Salim dengan kekayaan mencapai 8,5 miliar dollar Amerika atau sekitar Rp122 triliun. Anthony Salim sendiri adalah bos dari Salim Group yang membawahi PT Bogasari Flour Mill, PT Nippon Indosari Corpindo Tbk, Indomobil, Superindo, Bank Ina, dan Nusantara Infrastructure.

Sri Prakash Lohia

Crazy rich Indonesia di posisi keempat ada Sri Prakash Lohia dengan kekayaan 6,2 miliar dolar Amerika atau setara dengan Rp89 triliun. Pengusaha kelahiran India ini hijrah ke Indonesia pada umur 21 tahun dan berhasil menjadi pendiri, sekaligus ketua Indorama Corporation yang bergerak di bidang petrokimia dan tekstil. 

Prajogo Pangestu

Di posisi kelima, ada Prajogo Pangestu dengan kekayaan sebesar 6,1 miliar dolar Amerika atau setara dengan Rp87,5 triliun. Prajogo adalah pemilik PT Barito Pacific Tbk (BRPT) yang bergerak di bidang energi dan petrokimia dan menguasai 71,64 persen sahamnya. Terlebih dari itu, BRPT juga merupakan pemegang saham mayoritas PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA), sebesar 41,88 persen saham.

Dari kelima crazy rich Indonesia versi Forbes 2021, Sahabat Danakini familiar dengan yang mana saja nih? Tanpa memamerkan kekayaannya secara terang-terangan, para crazy rich ini tetap dikenal oleh masyarakat dengan membuktikan kekayaan melalui berbagai pencapaian yang didapatkannya.

Istilah Crazy Rich
Sumber Foto: Pexels / Alexander Mils

Yuk, kita tetap jaga dan kontrol finansial kita, serta melihat peluang investasi untuk masa depan! Dan yang terpenting, jangan lupa untuk terus melakukan aktivitas finansial secara legal dan aman ya, Sahabat Danakini!

Dapatkan aplikasi Danakini melalui Apps Store dan Play Store.

About Author

Jovita Christie

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *