July 1, 2022

Tokoh Fiksi Terkaya – Akhir-akhir ini kalimat crazy rich banyak menghiasi layar kaca di Indonesia. Kalimat tersebut banyak disandangkan kepada orang-orang yang memiliki kekayaan yang sangat besar. Namun, sahabat Danakini tahu gak kalau crazy rich tidak hanya berlaku pada orang-orang nyata saja, ternyata ada tokoh-tokoh fiksi yang tercatat memiliki kekayaan yang sangat signifikan, bahkan beberapa diantaranya jauh lebih kaya dari beberapa orang terkaya di dunia ini. 

Tokoh Fiksi Terkaya

Mulai dari Marvel Cinematic Universe (MCU) sampai Disney, ada beberapa tokoh-tokoh fiksi terkaya dengan sumber kekayaan masing-masing. Yuk, sahabat Danakini kita coba intip beberapa tokoh fiksi terkaya sepanjang sejarah.

T’Challa (Black Panther)

Tokoh Fiksi Terkaya
Sumber: Disney Plus

Banyak orang mengira kalau karakter terkaya dari serial Marvel adalah Tony Stark, tetapi jauh dari itu, tokoh fiksi terkaya dari Marvel adalah seorang raja dari negeri fiksional Wakanda, T’Challa. Forbes mencatat orang nomor satu di Wakanda, T’Challa punya harta US$ 90 triliun atau setara Rp 1,3 kuadriliun atau setara Rp 1.323 triliun. Penonton MCU mungkin sudah mengetahui bahwa kekayaan T’Challa datang dari Vibranium.

Vibranium sendiri adalah bahan tambang yang paling langka dan berharga di dunia Marvel. Menurut buku komiknya, harga vibranium bisa mencapai US$ 10.000 (Rp 147 juta) per gram. Jika dihitung dengan jumlah cadangan vibranium yang tersedia, maka Wakanda yang dipimpin T’Challa punya kekayaan hingga US$ 90 triliun tadi. Nilai ini lebih tinggi US$ 10 triliun dari total Produk Domestik Bruto (PDB) gabungan seluruh negara di planet bumi.

Scrooge Mcduck (Paman Gober)

Tokoh Fiksi Terkaya

Karakter dari serial “Duck Tales” ini merupakan paman dari Donald Duck atau lebih dikenal sebagai Donald Bebek. Dikisahkan awalnya dia hidup serba kekurangan dan bekerja sebagai penyemir sepatu untuk bertahan hidup. Kemudian, saat dirinya pindah ke Amerika Serikat, secara tidak sengaja dia menemukan batu emas sebesar telur angsa yang mengubah hidupnya. Mulai dari situ perpaduan kepandaian bisnis, investasi, dan hidup pelit membuat kekayaan milik paman Gober bertambah dan saat ini total kekayaan yang dia miliki adalah 44.1 miliar dolar AS atau sekitar Rp608 triliun.

Smaug

Naga dalam novel The Lord Of The Ring karya J. R. R. Tolkien ini menjadi tokoh fiksi terkaya selanjutnya. Bagi pembaca novel atau penonton film adaptasi dari novel tersebut pasti sudah mengetahui kalau Smaug adalah naga serakah yang tinggal di gua yang penuh dengan harta karun seperti emas dan batu-batu berharga lainnya. Smaug sendiri juga terinspirasi dari karakter naga dalam karya epik Beowulf yang juga hidup di tengah-tengah harta. Harta yang dimiliki oleh Smaug sendiri merupakan hasil jarahannya setelah menyerang kota Dale dan mengambil seluruh harta benda kekayaan yang ada di sana. Total kekayaan yang ia miliki adalah sebesar 42.4 miliar dolar AS atau sekitar Rp585 triliun.

Tony Stark (Iron Man)

Tokoh Fiksi Terkaya
Sumber: https://unsplash.com/photos/mm5hzUbW65g

Datang dari serial Marvel juga, tokoh fiksi terkaya selanjutnya adalah Tony Stark atau lebih dikenal sebagai Iron Man. Karakter yang satu ini memang dikenal sebagai karakter superhero yang memanfaatkan kekayaannya untuk menciptakan alat yang membantunya untuk bertarung. Sumber kekayaan Tony Stark datang dari bisnis miliknya Stark Industry yang dia dapatkan dari ayahnya Howard Stark. Total kekayaan yang dia dapatkan dari warisan ayahnya adalah 20.3 miliar dolar AS atau sekitar Rp280 triliun. Di samping itu dia juga memiliki kekayaan pribadi yang tidak kalah tinggi, sebesar 8.5 miliar dolar AS atau sekitar Rp. 117 triliun. Walaupun kaya, karakter yang satu ini awalnya dikenal hobi menghambur-hamburkan kekayaannya untuk berfoya-foya.

Bruce Wayne (Batman)

Sumber: https://unsplash.com/photos/meqVd5zwylI

Siapa yang tidak kenal dengan tokoh hero yang satu ini. Jika karakter terkaya dari serial Marvel ada Black Panther dan Tony Stark. Maka, karakter terkaya dari serial DC adalah Bruce Wayne atau Batman. Hasil kekayaan Bruce didapatkan dari warisan yang dia dapatkan dari orang tuanya, Thomas dan Martha Wayne yang meninggal secara tragis saat Bruce masih kecil. Disamping ia melindungi Gotham sebagai Batman, ia juga menjalankan perusahaan bernama ‘Wayne Enterprises’. Dengan adanya bisnis tersebut, kekayaan Bruce Wayne mencapai 6.3 miliar dolar AS atau sekitar Rp90 triliun.

Itulah beberapa tokoh fiksi terkaya sepanjang sejarah, tentunya masih banyak tokoh fiksi kaya raya lainnya. Sahabat Danakini sendiri apakah punya nominasi untuk karakter fiksi paling kaya lainnya?

About Author

Indakhila Putri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *