July 1, 2022

Tips Hemat Selama Puasa – Sahabat Danakini, selama bulan puasa seharusnya pengeluaran bisa menurun, mengingat saat bulan puasa pengeluaran untuk makan harusnya berkurang. Namun, secara tidak disadari pengeluaran selama bulan puasa malah meningkat tajam. Kebanyakan orang yang menjalankan puasa mengalami hal ini, selama bulan puasa pengeluaran justru naik 2 – 3x lipat. Hal ini karena selama bulan puasa banyak orang yang memilih berbuka puasa di luar rumah, menambah jajan selama waktu berbuka dan sahur, serta keperluan-keperluan untuk hari raya lainnya. 

Tentunya hal ini cukup merepotkan karena pembengkakan pengeluaran tersebut dapat membuat situasi finansial menjadi menurun. Namun, sahabat Danakini tidak perlu khawatir karena Anda bisa melakukan tips hemat selama puasa di bawah ini untuk mengatur pengeluaran selama bulan puasa dan tetap merayakan momen lebaran dengan semangat dan sukacita.

Tips Hemat Selama Puasa

Bulan puasa memang menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh seluruh umat muslim di dunia. Tidak dapat dipungkiri kalau selama bulan puasa ada saja pengeluaran yang harus dikeluarkan dan orang-orang harus merogoh kocek yang cukup dalam. Berikut merupakan tips hemat selama puasa dari Danakini. Yuk, kita simak di bawah ini. 

Tips Hemat Selama Puasa
Sumber: Photo by Abdullah Arif on Unsplash

Membuat Budget Menu Plan untuk Sahur dan Berbuka

Selama bulan puasa, umat muslim di seluruh dunia melakukan ibadah dengan berpuasa dari saat sahur sampai matahari terbenam. Perubahan jadwal tersebut sering membuat orang-orang tidak memiliki rencana menu makanan apapun. Alhasil banyak orang yang memilih untuk membeli makanan yang tentunya akan menambah pengeluaran di bulan puasa.

Hal yang bisa sahabat Danakini lakukan untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan membuat budget menu plan untuk kebutuhan sahur dan berbuka. Dengan membuat perencanaan seperti ini, Anda bisa mengatur seberapa besar pengeluaran yang harus dikeluarkan untuk keperluan sahur dan berbuka selama 1 bulan. Anda juga dapat  mengatur makanan apa saja yang ingin dimasak dan kapan ingin berbuka bersama teman dan kerabat. Hal ini akan membantu Anda membuat estimasi seberapa besar pengeluaran selama 1 bulan.

Batasi Bukber (Buka Bersama)

Tips hemat selama puasa yang kedua adalah membatasi bukber. Ajakan untuk bukber atau buka bersama sering sekali didapatkan, entah dari teman, rekan kerja, dan kerabat. Memang buka bersama sangat menyenangkan, tetapi jika terlalu sering hal ini tidak akan menyenangkan untuk dompet Anda. Buka puasa di luar pasti akan membuat Anda mengeluarkan uang lebih besar dibandingkan berbuka puasa di rumah. 

Namun, bukan berarti sahabat Danakini tidak boleh berbuka bersama orang-orang tersayang. Pastikan kalau pengeluaran masih dalam batas wajar dan tidak melebihi budget yang sudah Anda tentukan. 

Bawa Bekal dari Rumah

Bulan puasa tentunya bukan alasan untuk tidak bekerja, mengingat saat ini work from office sudah mulai berjalan normal, terkadang ada kalanya Anda tidak dapat berbuka puasa di rumah bersama keluarga dan terpaksa berbuka di kantor. Jika tanpa persiapan, tentunya hal ini berarti Anda harus membeli makanan untuk berbuka yang akan membuat pengeluaran yang tidak perlu. Hal ini bisa Anda atasi dengan mempersiapkan bekal untuk berbuka puasa di kantor. Siapkan bekal di pagi hari atau saat sahur. Membawa bekal sendiri dari rumah akan membuat pengeluaran Anda lebih hemat dan tidak perlu memusingkan harus makan apa. 

Belanja Kebutuhan untuk Satu Bulan Kedepan

Biasanya orang-orang sering melakukan belanja mingguan atau bulanan. Untuk bulan puasa ini, sangat disarankan untuk langsung berbelanja kebutuhan untuk satu bulan kedepan. Apalagi mengingat harga kebutuhan pokok selama bulan Ramadhan cenderung meningkat tajam. Kenaikan harga ini bisa membuat pengeluaran bulanan sahabat Danakini ikut membengkak.

Supaya bisa berhemat, Anda harus berbelanja bahan pokok makanan yang bisa tahan lama untuk jangka waktu satu bulan ke depan, sehingga tidak perlu membeli barang tersebut ketika harganya mahal nantinya. Selain hemat, aktivitas belanja juga jadi lebih efektif dan tidak perlu khawatir kulkas kosong saat berbuka atau sahur. 

Manfaatkan Promo Ramadhan

Tips Hemat Selama Puasa
Tips Hemat Selama Puasa

Terakhir, tips hemat selama puasa yang bisa sahabat Danakini coba adalah memanfaatkan promo Ramadhan. Jelang sebelum puasa dan selama bulan puasa ada banyak diskon dan promo-promo yang ditawarkan berbagai toko. Khususnya di Indonesia, momen lebaran sering menjadi momen yang dimanfaatkan bisnis untuk melakukan promosi. Anda dapat memanfaatkan promo-promo tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda. Namun, tetap be mindful dengan keuangan Anda. Jangan membeli barang yang tidak dibutuhkan hanya karena sedang promo, tetapi pastikan Anda membeli barang yang penting.

Sahabat Danakini, selama bulan puasa ini Danakini juga menghadirkan beragam promo lebaran di berbagai merchant Danakini. Mulai dari Ace Hardware, Selma, Informa, serta Informa elektronik. Dapatkan promo potongan bunga cicilan tanpa kartu kredit di merchantpilihan tersebut. Jangan sampai ketinggalan promo “Ketupat” kejutan berlipat dari Danakini dan segera kunjungi toko-toko tersebut untuk mendapatkan promonya. 

About Author

Indakhila Putri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *