Tips dekorasi ruang belajar anak – Belajar dari rumah atau daring masih harus ditempuh oleh buah hati atau adik-adik kecil yang ada di sekitar Anda. Banyak dari mereka yang bisa jadi belum pernah tau atau merasakan bagaimana suasana sekolah sesungguhnya.

Hal ini tentu bisa memberikan pengaruh negatif bagi tumbuh kembang anak. Mulai dari kemampuannya untuk berinteraksi dengan teman sebaya, kelincahan yang biasanya didapat dari aktivitas motorik di sekolah hingga kemampuan untuk berimajinasi.

Selain itu, kondisi belajar dari rumah yang terus-menerus dilakukan juga bisa memberikan efek jenuh bagi buah hati. Oleh karena itu, yuk para ibu dan ayah, mari luangkan waktu sejenak untuk memperhatikan dekorasi pada ruang belajar anak di rumah!

Kita buat suasana belajar di rumah seperti di sekolah agar si Kecil kenal dan tidak kaget jika suatu saat harus bertemu dengan suasana belajar yang lebih formal, ramai dan berbeda dari rumah. Simak tips dekorasi ruang belajar anak agar terasa seperti sekolah di bawah ini:

 

Baca Juga: Mix & Match Furniture Untuk Hadirkan Suasana Ngopi Ala Cafe Di Rumah

 

Dedikasikan Satu Ruangan Terpisah

Tips dekorasi ruang belajar anak

Tips dekorasi ruang belajar anak di rumah yang pertama adalah upayakan untuk memiliki satu ruangan khusus untuk belajar. Fungsikan layaknya ruang kelas yang menjadi tempat untuk belajar dan serius.

Namun, untuk Anda yang memiliki area terbatas pada hunian, tidak perlu khawatir. Banyak solusi yang bisa Anda gunakan untuk melakukan tips yang satu ini. Cara yang paling mudah adalah dengan memanfaatkan sekat atau divider. Tidak hanya itu, Anda juga bisa memanfaatkan lemari atau gorden untuk membuat pembatas ruangan di ruang belajar anak di rumah loh, Sobat Informa!

 

Gunakan Meja dan Kursi Belajar yang Tepat

Tips dekorasi ruang belajar anak ini sangat berperan penting untuk menciptakan suasana sekolah yang khas. Gunakan meja dan kursi belajar yang tepat, yakni tidak hanya nyaman, tetapi juga khas sekolahan. Terutama dari unsur pemilihan warna, biasanya sekolah-sekolah untuk umur-umur playground dipenuhi oleh meja dan kursi belajar yang warna-warni.

Nah, Anda bisa mencontoh ciri khas tersebut untuk mengenalkan suasana sekolah bagi si Kecil di rumah. Temukan koleksi meja dan kursi belajar anak yang warna-warni hanya di Informa.

Beberapa pilihan meja dan kursi belajar anak terbaik contohnya ada Yaris Meja Anak. Meja ini memiliki bentuk persegi panjang dengan rangka kuat dan warna menarik. Ukurannya yang memanjang membuat Anda bisa mengenalkan Si kecil akan situasi duduk di sekolah yang harus berbagi atau berteman.

Tips dekorasi ruang belajar anak

Lalu, padukan Yaris Meja Anak dengan Yaris Kursi Anak. Yaris Kursi Anak terbuat dari plastik polipropilena berkualitas yang kuat, awet dan mudah dibersihkan. Kursi dirancang tanpa bagian yang tajam atau menonjol agar aman bagi si Kecil. Masing-masing meja dan kursi belajar anak di atas bisa Anda dapatkan dengan 4 pilihan warna, yaitu merah, biru, hijau dan kuning.

Tips dekorasi ruang belajar anak

 

Tambahkan Rak Penyimpanan 

Tips dekorasi ruang belajar anak

Setelah memilih furniture utama, tips dekorasi ruang belajar anak di rumah selanjutnya adalah tambahkan rak penyimpanan. Hal ini tentu untuk mengajarkan nilai kerapian sekaligus rasa tanggung jawab dan mandiri pada si Kecil.

Jadi, setiap memasuki ruang belajar, biasakan si Kecil untuk menyimpan tas atau barang-barang yang tidak diperlukan untuk belajar di dalam rak atau lemari penyimpanan. Selain itu, rak penyimpanan juga bisa difungsikan untuk tempat menyimpan buku atau alat belajar lainnya.

Salah satu lemari penyimpanan anak yang Informa rekomendasikan adalah Hana Rak Buku Anak. Hana Rak Buku Anak dengan Pintu Geser dapat digunakan untuk menyimpan koleksi buku, aksesoris hingga perlengkapan si kecil. Rak ini memiliki pintu geser yang hemat tempat dan dapat menjaga barang agar tidak terkena debu. 

 

Sisipkan Area Bermain

Tak ketinggalan area bermain pasti menjadi salah satu hal yang dirindukan si Kecil dari suasana sekolah. Oleh karena itu, sisipkan area bermain perlu Anda lakukan sebagai tips dekorasi ruang belajar anak di rumah.

Adapun area bermain ini bisa Anda kondisikan sesuai kebutuhan tumbuh kembang anak atau hobi si Kecil. Misalnya si Kecil sangat menyukai aktivitas motorik, maka Anda bisa menghadirkan aneka permainan seru, seperti trampolin dan seterusnya.

Atau bisa saja si Kecil suka permainan yang role play atau imajinasi. Maka, Anda bisa memanfaatkan beberapa lemari sekaligus mainan dari Informa berikut. Salah satunya, Play Kitchen Cabinet yang hadir dengan desain unik, tampilan seperti kabinet dapur lengkap dengan laci penyimpanan dan rak tingkat. Bisa digunakan untuk menyimpan pakaian, mainan, buku dan barang lainnya.

 

Tambahkan Aneka Poster Pengetahuan

Tips dekorasi ruang belajar anak di rumah agar terasa seperti di sekolah yang terakhir adalah tambahkan aneka poster pengetahuan. Selain menghadirkan nuansa belajar layaknya di ruang kelas, Anda juga bisa memanfaatkan aneka poster pengetahuan ini sebagai sarana belajar informal si Kecil.

Jadi, si Kecil tidak melulu harus mendengarkan penjelasan Anda atau guru secara virtual. Namun, dia bisa belajar dengan santai sambil melihat tempelan gambar warna-warni di dinding. Rangsang rasa keingintahuan buah hati Anda dengan cara ini.

Nah, demikian 5 tips dekorasi ruang belajar anak di rumah agar terasa seperti sekolah. Kira-kira tips mana yang akan Anda coba dulu

 

Danakini

Tahukah pembaca kalau kamu bisa membeli berbagai produk yang ada di Informa dengan cara cicilan tanpa kartu kredit? Nah, lewat kiniCintaku dari Danakini, Anda bisa membeli beragam produk untuk melengkapi rumah Anda, termasuk melengkapi ruang belajar anak untuk mendukung perkembangan edukasi anak. Ayo, gunakan Danakini untuk melengkapi perabotan di Rumah Anda. Jangan lupa untuk mengunduh aplikasi Danakini di Apps Store atau Google Play Store. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa cek melalui website Danakini.

 

Written by: novajoanita

Sumber: https://informa.co.id/inspirations/5-tips-dekorasi-ruang-belajar-anak-di-rumah-agar-terasa-seperti-sekolah

About Author

Indakhila Putri

1 Comment

    […] Baca Juga: 5 Tips Dekorasi Ruang Belajar Anak Di Rumah Agar Terasa Seperti Sekolah! […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *