Syarat pinjaman online tidak sesulit pinjaman dari bank. Persyaratan yang perlu dipenuhi relatif mudah dan dapat dilakukan secara digital. Atas dasar tersebut, banyak orang memutuskan untuk menggunakan pinjaman online. Pinjaman online sendiri menjadi salah satu solusi bantuan finansial pribadi yang dapat dipilih orang-orang. 

Sebelum Anda melakukan pengajuan pinjaman online, sebaiknya Anda melakukan pengecekan terhadap status legalitas dari pinjaman online yang ingin Anda pakai. Anda dapat mengecek keamanan dan status legalitas pinjaman online melalui OJK (Otoritas Jasa Keuangan), hal ini untuk melihat apakah pinjaman sudah terdaftar atau berizin. Selain itu Anda juga dapat melihat review atau testimoni dari peminjam sebelumnya. Hal ini sangat penting untuk dilakukan sebelum melakukan pengajuan pinjaman karena legalitas pinjaman online akan berimbas pada data-data Anda. 

Perlu Anda ketahui kalau pinjaman online ilegal tidak hanya berusaha untuk mencuri uang Anda, tetapi mereka juga akan mencuri data-data Anda. Sebab data-data tersebut merupakan salah satu persyaratan krusial saat pengajuan pinjaman. Sebaliknya, pinjaman online yang aman akan menjaga data-data pribadi Anda dengan baik dan hanya akan meminta data seperlunya. 

 

Baca Juga: Cara Menggunakan kiniTunai Untuk Mengajukan Pinjaman Uang

 

Berusia Min 21 Tahun Dan Max 63 Tahun

https://www.pexels.com/id-id/foto/sekelompok-orang-dalam-sebuah-rapat-1367272/

Salah satu persyaratan dasar untuk menggunakan pinjaman online adalah telah berusia minimal 21 tahun dan maximal 63 tahun pada saat pengajuan. Meskipun Anda telah memiliki KTP, tetapi belum berusia 21 tahun saat pengajuan, maka Anda masih belum memenuhi persyaratan yang satu ini. Ketentuan batasan usia ini tentu ada alasannya tersendiri. Batas minimal usia 21 tahun karena pada usia ini seseorang telah dianggap dewasa dan dapat melakukan perbuatan sendiri secara hukum. Kemudian untuk batas maksimal 55-60 tahun, didasarkan pada harapan hidup rata-rata masyarakat Indonesia serta batas usia pensiun pegawai. Hal ini dibuat untuk melindungi peminjam dana serta mengurangi risiko gagal bayar yang dapat merugikan peminjam dana.

 

Warga Negara Indonesia Dan Memiliki KTP

Syarat penggunaan layanan Danakini selanjutnya adalah memiliki KTP (Kartu Tanda Penduduk) dan merupakan warga negara Indonesia. Syarat yang satu ini merupakan syarat paling umum dari kebanyakan syarat pinjaman online yang ada. KTP dibutuhkan untuk membuktikan diri sebagai warga negara Indonesia yang sah. Selain itu, KTP juga berfungsi sebagai bukti identitas dari peminjam dana. KTP diberikan dalam bentuk digital atau foto, jadi Anda tidak perlu repot mengumpulkan berkas dalam bentuk fisik. 

KTP Anda berisi data-data pribadi milik Anda. Jika Anda secara tidak hati-hati menggunakan layanan pinjaman online ilegal. Data tersebut dapat disalahgunakan oleh oknum-oknum tidak berwajib dan menyebabkan kerugian bagi diri sendiri. Oleh karena itu, pastikan Anda menggunakan pinjaman online yang sudah berbadan hukum, terdaftar, dan diawasi oleh OJK.

 

Dokumen Pendukung Lainnya

Syarat Pinjaman Online
https://www.pexels.com/id-id/foto/tangan-tanda-pena-penulisan-5387258/

Dokumen pelengkap yang diminta dibutuhkan untuk melengkapi pengajuan dan sebagai bukti pendukung. Dokumen pendukung yang dapat Anda sertakan berupa SIM (Surat Izin Mengemudi), Kartu Kredit, Paspor, KK (Kartu Keluarga), NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), kartu debit dengan nama Anda, dan dan dokumen lainnya yang dapat Anda baca pada syarat dan ketentuan dokumen dari masing-masing lembaga fintech. Pastikan bahwa Anda telah mengisi data-data yang diminta sesuai dan lengkap untuk menghindari penolakan pengajuan. 

Syarat pinjaman online lainnya juga menyertakan pas foto saat pengajuan. Pengambilan foto akan dilakukan secara langsung, Ada tidak diperbolehkan scan atau foto pas foto milik Anda. Hal ini dilakukan untuk menjaga keamanan dan keaslian. Hal ini juga untuk melindungi diri Anda dari kemungkinan pencurian identitas orang lain. 

 

Memiliki Pekerjaan

Syarat Pinjaman Online
https://www.pexels.com/id-id/foto/foto-orang-bersandar-di-meja-kayu-3183183/

Selain harus cukup umur, calon peminjam yang ingin mengajukan pinjaman online juga harus memiliki pekerjaan. Syarat pinjaman online yang satu ini sangat penting karena mengingat dalam pinjaman online, Anda harus membayar cicilan pinjaman secara berkala, tentu saja Anda harus mempunyai pekerjaan untuk mendapat penghasilan. Setiap penyedia pinjaman online sudah pasti akan menetapkan ini sebagai persyaratan utama. Apabila Anda tidak memenuhi persyaratan ini, pengajuan Anda bisa jadi akan ditolak. Untuk itu dalam mengajukan pinjaman, Anda perlu menyertakan slip gaji sebagai bukti bahwa Anda memiliki pekerjaan. 

Biasanya juga terdapat tambahan syarat minimum gaji. Contohnya pada fintech lending Danakini, Anda harus memiliki penghasilan bulanan lebih besar dari Rp. 3,000,000 juta. Hal ini untuk memastikan bahwa pinjaman yang Anda ajukan dapat Anda kembalikan. 

 

Danakini

Danakini merupakan salah satu fintech lending atau pinjaman online terpercaya yang sudah terdaftar dan berizin di OJK. Danakini merupakan perusahaan berbadan hukum yang telah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sesuai Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) Nomor 77/POJK.01/2016 tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi dengan nomor registrasi S-26/NB.213/2018. 

Anda dapat melakukan pengajuan pinjaman uang tunai melalui salah satu layanan Danakini berupa kiniTunai. Pastikan kalau Anda telah memenuhi persyaratan-persyaratan yang ada di atas sebelum melakukan pengajuan. Sebelum itu, Anda juga harus mengajukan limit yang dapat Anda ajukan melalui mobile apps Danakini. Informasi lebih lengkap mengenai Danakini bisa Anda dapatkan melalui website Danakini. Mobile apps Danakini sendiri dapat Anda unduh melalui Google Play Store dan Apps Store. 

About Author

Indakhila Putri

3 Comments

    Saya ibu rumah tangga tidak bisa pinjam ya,,saya punya warung tapi tidak punya slip gaji…

      Untuk Slip gaji bisa diganti dengan rekening koran.

    Caraa aajukan untuk mendapatkaan limit gimana yag,,, udah cobabbebeerapa kaali tapi selalu gaagal terbuka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *