Tips Olahraga Di Rumah – Olahraga menjadi salah satu hal yang sulit dilakukan selama masa pandemi COVID-19. Padahal olahraga adalah hal yang penting untuk dilakukan secara rutin. Untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, setiap orang disarankan untuk bergerak setidaknya 30 menit dalam sehari. Anda juga disarankan untuk terkena sinar matahari paling tidak 15 menit setiap harinya. 

Menjalankan aktivitas di masa pandemi memang susah-susah gampang. Mengingat seluruh kegiatan harus dilakukan secara online atau dari rumah. Hal ini cukup membatasi kebebasan, belum lagi jika rumah Anda memiliki ruang gerak yang terbatas. Sama seperti olahraga, di masa pandemi seperti ini, kegiatan tersebut cukup sulit untuk dijalani seperti biasa. Apalagi jika Anda lebih suka olahraga yang membutuhkan ruang yang besar seperti bermain bola, bermain bulu tangkis, dan olahraga lainnya. Namun, bukan berarti Anda tidak dapat berolahraga sama sekali. Olahraga di rumah tetap dapat dilakukan dengan cermat dan efisien. 

Berolahraga di rumah meminimalisir risiko penularan virus Corona sekaligus menjaga seluruh anggota keluarga Anda. Agar olahraga di rumah dapat kamu lakukan dengan efektif dan nyaman, kamu bisa mencoba tips olahraga di rumah agar tubuh Anda tetap fit selama masa pandemi COVID-19.

 

Buat Jadwal Olahraga

Tips Olahraga Di Rumah
https://unsplash.com/photos/aQfhbxailCs

Seringkali Anda kesulitan untuk mengatur jadwal olahraga saat di rumah. Kesibukan pekerjaan dan urusan rumah bisa membuat Anda lupa untuk berolahraga. Oleh karena itu, membuat jadwal berolahraga yang rutin bisa membantu memotivasi Anda. Luangkanlah waktu 30 – 45 menit untuk berolahraga minimal satu kali setiap harinya. Agar lebih termotivasi, Anda juga bisa mengajak orang-orang di rumah untuk berolahraga bersama-sama. 

Anda tidak perlu melakukan olahraga yang terlalu berat, Anda bisa mulai dengan olahraga ringan seperti push-up, sit-up, dan gerakan-gerakan lainnya. Ketika Anda mulai merasa terbiasa dengan jadwal tersebut, dorong diri Anda dengan menambahkan challenge atau gerakan lainnya. Misalnya ketika Anda sudah terbiasa push-up 20 kali dalam sehari, tambah menjadi 30 kali sehari dan begitu juga seterusnya. Jangan lupa buat jadwal beristirahat, idealnya setiap 3 hari sekali Anda harus mengistirahatkan otot-otot Anda. Hal yang terpenting adalah ikuti jadwal yang sudah Anda buat, jika Anda merasa malas, dorong diri Anda agar merasa termotivasi.

 

Makan Dan Minum Yang Cukup

Tubuh yang sehat dimulai dari makanan dan minuman yang cukup. Pada masa pandemi ini orang-orang sering lupa untuk makan makanan yang sehat dan bergizi. Padahal, makanan ibarat bahan bakar untuk tubuh, jika tidak diisi dengan bahan bakar yang sehat dan bernutrisi, tubuh akan terasa sulit bergerak dan tidak semangat. Meskipun sibuk bekerja atau belajar dari rumah, jangan sampai lupakan tips olahraga di rumah yang satu ini.

Pastikan Anda memakan buah dan sayuran yang cukup begitu juga dengan protein. Memakan makanan dan minuman yang tinggi akan protein juga dapat membantu Anda selama berolahraga di rumah. Mengapa? Menurut “Medical News Today” protein dapat membantu memperbaharui sel di tubuh yang sudah rusak. Selama olahraga, tubuh banyak menghabiskan glukosa, sehingga penting untuk mengisi bahan bakar tubuh Anda dengan makanan yang kaya akan protein. Namun, tidak hanya protein, karbohidrat, lemat sehat, dan macam-macam kandungan makanan lainnya juga dapat membuat aktivitas olahraga di rumah lebih baik. 

 

Pilih Tempat Yang Nyaman Dan Gunakan Pakaian Olahraga

Tips Olahraga Di Rumah
https://unsplash.com/photos/F7D7oWb8aO0

Agar olahraga dapat dilakukan dengan nyaman, Anda dapat memilih sebuah tempat di rumah yang cukup luas dan tidak terlalu banyak barang, seperti ruang tamu atau teras. Namun, jika olahraga yang kamu lakukan tidak membutuhkan gerakan luwes, seperti push up atau plank, kamu bisa melakukannya di kamar tidur atau di atas kasur. Agar olahraga di rumah dapat terasa lebih nyaman, Anda juga dapat membeli matras yoga atau matras untuk olahraga. 

Selain memilih tempat yang nyaman, menggunakan pakaian olahraga akan membantu meningkatkan semangat saat berolahraga. Mengenakan pakaian olahraga juga akan memberikan kenyamanan saat berolahraga, misalnya dengan kaos yang menyerap keringat dan sepatu anti licin yang dapat memudahkan saat melakukan gerakan.

 

Memanfaatkan Alat-Alat Olahraga

https://unsplash.com/photos/pQFWjqpSE3Y

Jika Anda merasa membutuhkan olahraga yang lebih, Anda juga dapat memanfaatkan alat-alat olahraga. Bagi Anda yang terbiasa pergi ke gym sebelum pandemi mungkin akan terasa sulit untuk berolahraga tanpa bantuan alat-alat olahraga. Anda tidak perlu membeli peralatan olahraga yang berlebihan, cukup beli satu atau dua alat yang paling sering Anda gunakan dan Anda juga bisa mendedikasikan satu ruangan di rumah khusus untuk olahraga. 

Namun, memang alat-alat olahraga harganya cukup tinggi dapat membuat orang-orang berpikir dua kali sebelum membeli. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena di ACE Hardware Anda dapat membeli peralatan olahraga sesuai keinginan Anda. Anda juga bisa membayar produk-produk olahraga dari ACE Hardware dengan cara cicilan tanpa kartu kredit lewat kiniCintaku (kini cicilan tanpa kartu kredit) dari Danakini. Nikmati fasilitas cicilan dengan minimal pembiayaan Rp. 2.000,000 dengan tenor pinjaman mulai dari 6, 12, 18, dan 24 bulan. Bunga yang ditawarkan juga terjangkau mulai dari 1.99%. 

Anda dapat menggunakan beragam layanan dari Danakini dengan menggunakan mobile apps kami yang dapat diunduh melalui Apps Store dan Google Play Store. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Danakini, langsung saja menuju website Danakini dan mengikuti media sosial Danakini.

About Author

Indakhila Putri

1 Comment

    This is my first time pay a quick visit at here and i am really pleassant to read all at one place.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *