February 7, 2023

Banyak orang tua yang masih kurang paham cara mendidik anak mengelola uang. Padahal, semua anak nantinya akan tumbuh menjadi remaja dan dewasa tentu harus paham bagaimana caranya mengelola keuangan dengan baik.

Manfaatnya tentu banyak, yaitu nantinya mereka akan lebih mudah berhemat dan lebih terampil dalam mengelola keuangan. Jika sudah dibiasakan sejak dini mereka akan tahu bedanya kebutuhan dengan keinginan, karena banyak anak sekarang memiliki gaya hidup boros dan membeli barang yang kurang penting.

Cara Mendidik Anak Mengelola Keuangan

Sumber: Photo by Lifestylememory on Freepik

Literasi keuangan memang tidak dipelajari pada pendidikan formal, itulah sebabnya ketika sudah beranjak dewasa mereka tidak memiliki bekal untuk mengelola keuangan dengan baik. Untuk mengatasi hal tersebut Sahabat Danakini bisa menerapkan beberapa cara di bawah ini.

1. Mengajarkannya Untuk Mempertimbangkan Barang yang Hendak Dibeli

Cara pertama adalah dengan mengajarkan mereka untuk mempertimbangkan barang yang hendak mereka beli. Saat memiliki banyak uang, terkadang ada saja keinginan untuk membeli sesuatu yang kurang penting bahkan bukan kebutuhan primer.

Oleh karena itu, sebagai orang tua Sahabat Danakini bisa mengajarkan kepada anak agar tidak hidup boros. Caranya adalah dengan memberikan buah hati kebebasan untuk memegang uang akan tetapi Sahabat Danakini bisa mengarahkannya dan membantunya menyusun prioritas kebutuhan.

2. Berikan Kesempatan Untuk Menghasilkan Uang Sendiri

Tips mendidik anak mengelola uang yang berikutnya adalah biarkan mereka menghasilkan uang sendiri. Maksudnya bukan berarti meminta anak untuk bekerja, Sahabat Danakini bisa memberikan hadiah berupa uang setelah anak berhasil menyelesaikan tugasnya.

Misalnya dengan meminta anak membersihkan kamarnya sendiri, jika sudah orang tua bisa memberikan mereka reward. Reward semacam ini akan membuat anak paham bahwa mencari uang itu sulit sehingga mereka tidak akan menggunakannya sembarangan.

3. Mulai Mengenalkannya dengan Tabungan

Menabung di bank bisa menjadi tips agar literasi keuangan anak bisa berkembang. Anak akan tahu di mana tempat menyimpan uang yang aman, setelah beranjak dewasa Sahabat Danakini bisa mulai mengenalkannya lebih dalam tentang investasi.

Akan tetapi apabila Sahabat Danakini juga masih belum memiliki investasi, maka cukup kenalkan anak dengan menabung saja. Selain di bank, Sahabat Danakini bisa memberikan mereka celengan dan setiap mendapatkan reward uangnya bisa dimasukkan ke celengan.

4. Memulai dari Uang Logam

Sumber: Photo by Jcomp on Freepik

Ada yang mengatakan bahwa tips mendidik anak mengelola uang bisa dimulai dari mengenalkannya pada uang logam. Uang logam memiliki nominal yang lebih kecil dibandingkan dengan uang kertas, jadi anak bisa belajar ilmu dasarnya terlebih dahulu.

Langkah berikutnya adalah dengan mengajarkan kepada anak bagaimana caranya menghitung uang logam dan barang-barang apa saja yang bisa dibeli dengan uang logam tersebut. Cara ini sangat bermanfaat ketika anak sudah beranjak dewasa nanti agar mereka lebih hati-hati dalam membelanjakan uangnya.

5. Mengajari Cara Menggunakan Kalkulator

Setelah mereka tahu cara menghitung uang logam, langkah berikutnya adalah dengan mengajar bagaimana cara menggunakan kalkulator. Kalkulator adalah alat hitung praktis yang mudah digunakan agar buah hati bisa menghitung berapa jumlah simpanan yang dimiliki.

Orang tua dapat memulainya dengan menghitung berapa pemasukan dan pengeluaran sehingga mereka tahu berapa sisa simpanannya. Sahabat Danakini tidak perlu membelikannya kalkulator ilmiah, cukup pakai kalkulator pasar saja karena lebih mudah.

6. Mengajak Mereka Belanja Bersama

Sumber: Photo by Senivpetro on Freepik

Tips agar buah hati tahu caranya hidup hemat adalah dengan mengajaknya berbelanja bersama. Tidak hanya itu, sebagai orang tua Sahabat Danakini juga bisa memantau buah hati apakah mereka tipikal anak yang seperti apa, apakah boros, tidak mementingkan kualitas dan kuantitas atau tipikal seperti apa.

Tidak hanya itu, Sahabat Danakini juga dapat mengajarkan buah hati memilih mana barang bagus dan murah, jika sudah demikian maka mereka tidak akan berbelanja secara asal-asalan. Kelak saat dewasa mereka lebih mudah dalam membelanjakan sesuatu.

7. Memandu Membuat Catatan Keuangan

Sumber: Photo by Partystock on Freepik

Cara terakhir adalah dengan memandunya membuat catatan keuangan yaitu membuat tabel pengeluaran dan pemasukan. Setiap ada pengeluaran atau pemasukan, minta mereka untuk langsung mencatatnya di buku khusus.

Walaupun terlihat sulit, tetapi masalah keuangan ini sangat penting untuk mulai diajarkan kepada buah hati sejak dini. Sahabat Danakini bisa mengerjakannya dengan mengikuti beberapa tips mendidik anak mengelola uang di atas atau cara lain yang sekiranya tepat. 

Nikmati ragam fasilitas finansial dari Danakini dengan mengunduh aplikasi Danakini melalui Apps Store dan Play Store.

About Author

Grace Kezia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *