February 7, 2023

Kejadian menarik Piala Dunia 2022 menjadi tanda bahwa ajang sepak bola terbesar dunia itu memang sebuah kompetisi yang sangat seru. Piala Dunia 2022 sudah berlangsung selama lebih dari seminggu terhitung sejak pertandingan antara Qatar vs Ekuador pada tanggal 20 November lalu.

Ada beberapa poin menarik pada Piala Dunia 2022 kali ini yakni rekor baru yang tercipta, kejutan khas turnamen di 4 tahun silam, dan peristiwa menarik lainnya. Berikut merupakan beberapa kejadian menarik yang terjadi selama turnamen Piala Dunia 2022 berlangsung

Kejadian Menarik Piala Dunia 2022

Sumber: Photo by Master1305 on Freepik

Semakin banyak peristiwa menarik semakin seru pula turnamen besar ini. Semua kejadian di bawah adalah peristiwa yang tentunya tidak akan terlupakan dalam ajang pertandingan Piala Dunia 2022. Berikut ini beberapa peristiwa menariknya.

1. Tuan Rumah Keok Pada Laga Pembuka

Sumber: Photo by Matthew Childs on CNN Indonesia 

Seperti yang sudah Sahabat Danakini ketahui bahwa ajang turnamen besar sepak bola tahun ini diadakan di Qatar dan negara tersebut juga mendapat kesempatan untuk main di laga pembuka. Hanya saja sangat disayangkan pada kesempatan ini pula Qatar kalah saat bertanding dengan Ekuador.

Ekuador berhasil menaklukan tuan rumah dengan skor 2-0 berkat gol dari salah satu pemain bernama Enner Valencia. Padahal saat itu ada banyak pendukung dari tim tuan rumah di Stadion Al Bayt, akan tetapi sangat disayangkan tuan rumah tidak bisa memberikan kabar baik.

Berdasarkan informasi dari AFP, tuan rumah Qatar tidak pernah terkalahkan selama 92 tahun dalam pertandingan pembuka, 16 kali kemenang dan 6 kali seri. Namun untuk tahun ini, rekor tersebut berhasil dipatahkan oleh Ekuador.

2. Wakil Asia Taklukan Finalis Piala Dunia 2014

Sumber: Photo by Lee Smith on CNN Indonesia

Ada lagi kejadian menarik Piala Dunia 2022 yaitu perwakilan negara dari Asia berhasil mengalahkan finalis World Cup tahun 2014. Pertama yakni Arab Saudi yang berhasil menang melawan Lionel Messi dan kawan-kawan dengan skor 2-1.

Kemenangan ini adalah sejarah baru dari negara Asia pertama yang berhasil mengalahkan Argentina. Arab akhirnya mematahkan rekor 36 pertandingan tidak terkalahkan milik Argentina. Selain itu, Jepang juga membuat penonton terkagum-kagum karena menang melawan Jerman.

Kala itu Jepang mencetak gol sebanyak 2 dan Jerman hanya 1. Takuma Asano dan Ritsu Doan adalah “Samurai” yang berhasil memberikan kemenangan atas negaranya itu. Pertandingan kala itu dilakukan di Khalifa International Stadium.

3. Prancis Lolos dari Kutukan Juara Bertahan

Sumber: @FrechTeam on Twitter

Timnas Prancis adalah negara pertama yang berhasil masuk ke babak 16 besar setelah berhasil mengalahkan Denmark 2-1 di grup D. Fakta ini tentu saja mematahkan kutukan juara bertahan Piala Dunia yang mengatakan bahwa juara World Cup tidak akan lolos ke babak berikutnya.

Hal ini sempat dirasakan oleh Timnas Italia yang pada tahun 2006 menjadi juara akan tetapi di ajang berikutnya gagal masuk ke babak 16 besar. Nasib sama juga menimpa Spanyol setelah meraih kemenangan di 2010, pada ajang berikutnya mereka juga gagal.

4. 7 Gol di Matchday yang Berasal dari Titik Putih

Kejadian menarik Piala Dunia 2022 selanjutnya adalah 7 gol penalti pada matchday pertama. Salah satu penghasil golnya yakni pemain terbaik dunia Cristiano Ronaldo serta gol dari mega bintang lapangan Lionel Messi.

Ada juga Enner Valencia pemain dari Ekuador, Ia beserta dengan timnya dapat menaklukan tuan rumah pada laga pembuka. Enner adalah kunci dari Ekuador karena menciptakan gol dari titik putih setelah sebelumnya dijatuhkan oleh kiper dari Qatar.

5. Suporter Jepang Membersihkan Stadion

Sumber: Photo by Eugene Hoshiko on Sport.detik.com

Jarang sekali menemukan peristiwa seperti ini di kompetisi sepak bola yaitu suporter yang bukan dari tim tuan rumah turut membersihkan lapangan. Para suporter Jepang serentak membersihkan stadion, merekapun tak peduli timnya menang atau kalah.

Tidak hanya di stadion, mereka juga membersihkan seluruh area ruang ganti seperti menggantung handuk, menyapu lantai, dan meninggalkan tulisan terima kasih. Pelatih Timnas Jepang yaitu Hajime Moriyasu berkata bahwa hal tersebut memang sudah biasa terjadi di negaranya.

Kejadian menarik Piala Dunia 2022 di atas akan menjadi sebuah kenangan yang tidak akan terlupakan khususnya pada kejadian terakhir. Para suporter tidak peduli timnya menang ataupun kalah tetapi mereka tetap membersihkan stadion, dari peristiwa ini patut dijadikan teladan bagi kita semua.

Nikmati ragam fasilitas finansial dari Danakini dengan mengunduh aplikasi Danakini melalui Apps Store dan Play Store.

About Author

Grace Kezia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *