April 27, 2024

Sahabat Danakini pasti sudah mulai banyak mendengar berita tentang bunga tabungan jadi 0% di beberapa bank bukan?  

Belum lama ini nasabah bank dikejutkan dengan perubahan suku bunga tabungan. Jika sebelumnya nasabah masih mendapatkan keuntungan dari bunga tabungan, namun saat ini di beberapa bank telah menerapkan sistem suku bunga 0%.

Memang masih ada beberapa bank yang menawarkan bunga tabungan untuk pelanggan, akan tetapi besarnya suku bunga masih relatif kecil dan ada ketentuan minimun nominal saldo tabungan. Misalnya untuk saldo di bawah satu juta akan berlaku nilai 0%. Sementara itu jika saldo minimum 50 juta, maka nasabah bisa menikmati bunga sebesar 1%.

Tentu hal ini memberatkan dan secara tidak langsung membuat nasabah merasa dirugikan. Lalu, kapan sebenarnya dan apa alasan suku bunga tabungan mengalami perubahan?

Bunga Tabungan Jadi 0%
Photo by Eduardo Soares on Unsplash

Kapan Bunga Mengalami Perubahan?

Berdasarkan informasi dari Bank Indonesia, penurunan suku bunga perlahan mulai terjadi di bulan Februari 2022. Beberapa bank mulai merubah regulasi pemberian keuntungan kepada nasabah. Hal inilah juga memberikan dampak pada nasabah dan tentunya sistem ekonomi.

Daftar Bank dengan Suku Bunga 0% pada Tahun 2022

  1. Bank Mandiri

Melalui halaman resminya, Bank Mandiri menerapkan aturan suku bunga 0% untuk nasabah yang memiliki tabungan berkisar antara 0 hingga 50 juta. 

Jika ingin mendapatkan suku bunga, maka nasabah harus memiliki saldo lebihdari 50 juta. Namun, persentasenya akan berbeda untuk setiap nominal. Jika total tabungan 50 sampai 500 juta, bisa mendapatkan bunga 0.1%.

Sementara untuk jumlah diatas 500 juta akan mendapatkan keuntungan sebesar 0.6% setiap tahun. Nilai yang cukup kecil jika dibandingkan dengan aturan sebelumnya.

  1. Bank Negara Indonesia (BNI)

Sementara, aturan keuntungan menabung di BNI sedikit lebih menguntungkan. Keuntungan menabung atau bunga diberikan kepada nasabah dengan total tabungan diatas Rp.1.000.000.

Artinya jika tabungan masih dibawah Rp.1.000.000, maka nasabah tidak bisa memperoleh keuntungan atau berada dalam tingkat bunga 0%. Kemudian, untuk nominal tabungan diatas satu juta akan mendapat keuntungan per tahun berkisar antara 0.1%-0.8%.

Ketentuan ini mulai diterapkan untuk seluruh nasabah BNI mulai dari 4 Februari 2022. 

  1. CIMB Niaga

CIMB Niaga mulai menerapkan ketentuan suku bunga tabungan 0% sejak 21 April 2022. Sama halnya dengan BNI, nasabah dengan saldo dibawah Rp.1.000.000 yang tidak dapat menerima keuntungan. 

Sementara jika memiliki nominal diatas Rp.1.000.000 otomatis akan menerima keuntungan. Persentase keuntungan pertahun dari CIMB Niaga terbilang besar. Yaitu mulai dari 0.25% hingga 2.5% tergantung jumlah tabungan.

Dampak Perubahan Suku Bunga Terhadap Nasabah

Bunga Tabungan Jadi 0%
Sumber: bankneocommerce.co.id

Dengan berubahnya ketentuan suku bunga tabungan, tentu akan memberikan dampak terhadap para nasabah. Hal ini juga bisa membuat minat untuk menabung di bank menjadi berkurang. Selain itu, perubahan ini akan berdampak pada hal-hal berikut:

  1. Turunnya Minat Menabung Di Bank

Tidak dapat dipungkiri bahwa selain faktor keamanan dan kemudahan transaksi. Dorongan menabung di bank berasal dari keuntungan suku bunga. Dari keuntungan tersebut, nasabah dapat melipatgandakan tabungan mereka.

Namun jika sudah tidak memperoleh keuntungan, tentunya hal ini hanya akan memberatkan nasabah. Menabung di bank menjadi tidak jauh berbeda dengan menyimpan uang dibawah bantal.

  1. Merugikan Nasabah Dari Kalangan Menengah Ke Bawah

Sistem penghapusan keuntungan dana simpanan sendiri berlaku berdasarkan tingkatan saldo. Bagi masyarakat kalangan menengah, tentu sulit untuk mencapai minimum saldo yang menyediakan keuntungan tambahan. Maka perubahan nilai suku bunga ini akan berdampak buruk bagi ekonomi masyarakat menengah ke bawah.

  1. Uang Tabungan Berkurang

Di satu sisi, nasabah yang menyimpan uangnya di bank akan menanggung potongan administrasi bulanan. Dari tidak adanya suku bunga tabungan bank, tentu ini memberatkan nasabah dan saldo yang awalnya ingin ditabung malah menjadi berkurang.

Namun apapun aturan yang diterapkan saat ini, tentu dibuat dengan pertimbangan matang. Sebagai nasabah, Anda dapat bijak membuat keputusan untuk mengelola tabungan dan menyesuaikan dengan aturan terbaru.

Nikmati ragam fasilitas finansial dari Danakini dengan mengunduh aplikasi Danakini melalui Apps Store dan Play Store.

About Author

Grace Kezia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *