April 18, 2024

Sahabat Danakini, Industri perfilman menjadi salah satu industri terbesar di dunia saat ini. Seperti Hollywood, industri perfilman terbesar di dunia saat ini. Tidak aneh bahwa banyak film yang dibuat di Hollywood yang memakan biaya produksi yang tidak sedikit. Biaya tersebut mencakup bayaran pemain film yang bisa mencapai angka yang sangat besar tergantung kepopuleran aktor atau aktris, lalu biaya efek grafis film, properti, dan lainnya. Semua faktor tersebut bisa membuat biaya produksi film sangat mahal. Tentunya terdapat beberapa film dengan biaya produksi termahal. Sahabat Danakini, yuk kita coba intip apa saja film yang masuk ke daftar tersebut.

Kebanyakan film yang memakan biaya produksi yang besar ini dibuat untuk tujuan komersial atau untuk meraup keuntungan yang besar. Namun, sayangnya biaya produksi yang besar tidak selalu berarti film akan sukses di pasaran. Terdapat beberapa film yang justru tidak sukses secara komersial dan proyek lanjutan untuk film tersebut dibatalkan.

Batman v Superman: Dawn of Justice (2016)

Menurut The Hollywood Reporter, anggaran untuk Batman v Superman lebih dari 250 juta dollar AS sebelum insentif pajak. Sebuah studi tahun 2016 oleh Film LA menempatkan anggaran 263 juta dollar AS setelah 37 juta dollar AS jika insentif diperhitungkan. Walaupun film ini mendapatkan mixed review dari kritikus dan penggemar, tetapi film ini cukup sukses di pasaran dan berhasil meraup untung sebesar 873,6 juta dollar AS atau sekitar Rp. 12,8 Triliun.

John Carter (2012)

Film besutan Disney ini menjadi salah satu film yang paling flop di pasaran. Film ini menelan biaya yang sangat besar, tetapi pendapatan film ini tidak dapat menutupi biaya produksi yang sudah dikeluarkan. Film ini hanya berhasil mendapatkan pendapatan sebesar 284 juta dollar atau sekitar Rp. 4 Triliun, sementara film ini memiliki pengeluaran sebesar 263.7 juta dollar setelah mendapatkan insentif pajak. Kegagalan ini juga membuat sekuel dari film John Carter yang sudah direncanakan oleh Disney dibatalkan dan tidak ada rencana untuk membuat sekuelnya hingga saat ini.

Star Wars: The Rise of Skywalker (2019)

Film trilogi terakhir dari prekuel Star Wars ini menjadi salah satu film dengan biaya produksi termahal. Film ini memiliki biaya produksi sebesar 275 juta US Dollar dan berhasil meraup keuntungan yang sangat besar hingga menembus 1 billion dollar atau 1 miliar dollar. Film Star Wars The Rise of Skywalker ini adalah yang paling mahal dari trilogi baru. Film ini diterima lebih baik daripada The Last Jedi oleh penggemar, tetapi mendapat tinjauan beragam dari para kritikus.

Solo: A Star Wars Story (2018)

Biaya produksi film ini diperkirakan sebesar 275 juta dollar AS dan belum termasuk dengan biaya pemasaran film ini yang juga sangat besar. Namun, sayangnya film ini tidak mendapatkan keuntungan yang diharapkan. Total film ini hanya memiliki pendapatan sebesar 393.2 juta dollar, jauh dari dari yang diharapkan. 

Pirates of the Caribbean: At World’s End (2007)

Film dengan biaya produksi termahal selanjutnya adalah film Pirates of the Caribbean: At World’s End. Pendapatan kotor film ini sekitar 961 juta dollar AS dan memiliki biaya produksi sebesar 300 juta dollar. The Wall Street Journal melaporkan film At World’s End ini adalah salah satu film pertama yang dibuat dengan dana lebih dari 300 juta dollar AS. Film ini sendiri meraih keuntungan 960.9 juta dollar berhasil menjadikan film ini sebagai film terlaris di tahun 2007 meskipun pendapatan film ini berada di bawah pendapatan film Pirates of the Caribbean sebelumnya yang keluar di tahun 2006.

Avenger: End Game (2019)

Film superhero ini mencatatkan pendapatan kotor dari seluruh dunia sebesar 2,8 miliar dollar AS. The New York Times melaporkan anggaran film sekuel Infinity War ini sekitar 350 juta dollar AS. Namun pada April 2020, Deadline melaporkan anggaran sedikit lebih tinggi menjadi 356 juta dollar AS. Film ke-22 MCU ini menampilkan lebih dari 30 karakter utama dalam pertempuran terakhir film tersebut. Pertempuran cerita epik ini berhasil menjadi film sebagai film terlaris sepanjang masa.

Pirates of the Caribbean: On Stranger Tides (2011)

Film ini berhasil mencetak pendapatan kotor 1 miliar dollar AS di seluruh dunia dengan biaya produksi 376,5 juta dollar AS. Bahkan menurut Forbes, aktor utama film ini, Johnny Depp, menghasilkan 55 juta dollar AS untuk berperan dalam sekuel film ini. Walaupun memiliki biaya produksi termahal, tetapi film ini tidak menjadi film terlaris di dunia, tetapi film keluaran tahun 2011 ini tetap mendapatkan kesuksesan komersial yang besar serta review positif dari penggemar.

Dapatkan aplikasi Danakini melalui Apps Store dan Play Store.

About Author

Indakhila Putri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *