April 13, 2024

Sahabat Danakini, Kebanyakan orang saat ini lebih memilih untuk tinggal di daerah perkotaan. Meskipun terkenal dengan keramaian dan hingar bingar, tinggal di perkotaan besar memiliki keuntungan tersendiri. Mulai dari dekat dengan segala kebutuhan, peluang pekerjaan dan edukasi tinggi, serta sarana transportasi yang memadai. Namun, kepraktisan tersebut hadir dengan biaya yang besar juga, karenanya tidak aneh kebanyakan kawasan urban di berbagai dunia memiliki biaya hidup yang tidak murah. Namun, terdapat beberapa kota dengan biaya hidup termahal di dunia, kira-kira Jakarta masuk ke dalam list ini tidak ya sahabat Danakini?

Dilansir dari CNN Travel, Selasa (8/6/2022), berikut merupakan kota-kota dengan biaya hidup termahal di dunia menurut data dari ECA Internasional.

Kota dengan Biaya Hidup Termahal didominasi Benua Asia

Benua Asia memiliki banyak kota dengan biaya hidup termahal di dunia, bisa dikatakan bahwa benua Asia adalah benua termahal di dunia. Total terdapat 5 kota termahal yang terletak di benua Asia dan posisi nomor satu juga diduduki oleh kota yang ada di Asia. Asia juga memiliki banyak negara dengan tingkat pertumbuhan ekonomi yang tumbuh dengan pesat, seperti India, Pakistan, China, dan masih banyak lagi. 

Ada banyak faktor yang memengaruhi hal ini, tetapi diyakini bahwa tingkat populasi serta perkembangan biaya hidup serta kekuatan ekonomi yang tubuh dengan cepat dinilai menjadi faktor besar yang melahirkan kota-kota besar dengan biaya hidup yang besar pula.

1. Hong Kong

Kota Dengan Biaya Hidup
Sumber: https://unsplash.com/photos/c4XoMGxfsVU

Posisi pertama ditempati oleh Hong Kong yang sering menjadi juara satu dalam kategori kota dengan biaya hidup termahal. Koloni bekas jajahan Inggris ini memang telah lama menjadi kota urban besar dengan harga kebutuhan yang mahal, mulai dari tempat tinggal, pekerjaan, dan juga produk-produk lainnya. 

2. New York

New York berada di peringkat kedua sekaligus menjadi kota termahal di Amerika Serikat. Sebelumnya kota ini memang sangat dikenal sangat mahal, ada banyak millionaire dan billionaire yang tinggal di kota ini. Hal tersebut secara tidak langsung juga meningkatkan biaya kehidupan sehari-hari di kota ini. 

3. Geneva

Kota Dengan Biaya Hidup
Sumber: https://unsplash.com/photos/AWjVCFcUIbY

Kota yang terletak di negara Swiss ini juga merupakan kota termahal yang ada di Eropa dan sering masuk ke dalam list kota termahal di dunia. Biaya hidup di negara Swiss memang relatif sangat mahal ketimbang negara Eropa lainnya, tetapi kota yang menjadi markas dari PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) ini memiliki peringkat yang jauh lebih tinggi ketimbang kota-kota di Swiss lainnya. 

4. London

Ibu kota dari negara Inggris sekaligus United Kingdom ini memang merupakan kota yang mahal untuk ditinggali. Biaya kehidupan di kota London cukup mahal terutama dalam hal transportasi, gas, dan hiburan. Namun, meskipun lebih mahal ketimbang banyak kota lainnya, London biasanya tidak pernah memasuki posisi 10 besar, tetapi karena gejolak ekonomi belakangan ini membuat posisi London naik ke urutan 10.

5. Tokyo

Kota Dengan Biaya Hidup
Sumber: https://unsplash.com/photos/2cdvYh6ULCs

Ibu Kota Jepang ini memang sangat terkenal dari dulu sebagai kota dengan biaya hidup yang mahal. Meskipun begitu, biaya hidup sehari-hari di kota ini sebenarnya cukup terjangkau dibandingkan kota lainnya. Namun, yang membuat posisi Tokyo cukup tinggi terletak pada biaya kebutuhan lainnya seperti transportasi pribadi, biaya hiburan, dan juga produk-produk tertentu.

6. Tel Aviv

Tel Aviv sebelumnya jarang memasuki peringkat tinggi dalam kategori kota dengan biaya hidup termahal. Namun, kota mediterania yang terletak di Israel ini mengalami kenaikan berkat kekuatan mata uang Israel terhadap Dollar US yang menguat membuat posisi Tel Aviv masuk ke posisi nomor 6.

7. Zurich

Kembali ke negara Swiss, kota Zurich juga dikenal memiliki biaya hidup yang mahal. Pusat keuangan dan perbankan dunia ini memang sama seperti Geneva terkenal memiliki harga yang mahal untuk banyak produk-produk.

8. Shanghai

Kota Dengan Biaya Hidup
Sumber: https://unsplash.com/photos/uKyzXEc2k_s

Shanghai menjadi salah satu dari kota besar yang ada di China dan sejak lama terkenal sebagai pusat tempat orang-orang kaya China bermain. Kota-kota besar di China lainnya seperti Beijing memang memiliki biaya hidup yang sangat fantastis. Hal ini bisa tercapai berkat kekuatan perekonomian China yang tubuh dengan sangat cepat dalam dua dekade terakhir.

9. Guangzhou

Posisi ke-9 ditempati oleh kota asal China yang lain, yaitu Guangzhou. Kota yang terletak dekat dengan Hong Kong ini merupakan tempat markas perusahaan-perusahaan teknologi raksasa China. Hal ini juga mendorong kenaikan biaya hidup di kota Guangzhou seiring dengan pertubuhan kota tersebut menjadi kota urban raksasa.

10. Seoul

Sumber: https://unsplash.com/photos/Mwvhyd22Lyw

Kota dengan biaya hidup termahal di nomor 10 adalah kota Seoul yang berlokasi di Korea Selatan. Pertumbuhan ekonomi di Korea Selatan memang sangat berpusat di ibu kota Seoul. Hal ini membuat biaya hidup di kota tersebut cukup tinggi, tetapi masih lebih rendah dibandingkan kota-kota di Asia lain yang ada dalam list ini.

Dapatkan aplikasi Danakini melalui Apps Store dan Play Store.

About Author

Indakhila Putri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *