July 1, 2022

Persiapan Finansial Kebutuhan Anak – Kehadiran sang buah hati di tengah kehidupan rumah tangga sudah pasti dilihat sebagai anugerah yang indah, apalagi oleh pasangan suami istri yang ingin segera memiliki anak setelah menikah. Namun, sebelum menyambut kehadiran si kecil, ada baiknya kita mempersiapkan dan mempertimbangkan beberapa hal terlebih dahulu.

Tanpa kita sadari, memiliki dan merawat anak membutuhkan persiapan yang matang dari berbagai segi, salah satunya adalah finansial. Dengan mempersiapkannya sedari dini, kebutuhan dan berbagai hal yang sudah maupun belum terpikirkan di saat ini, dapat dijalani dengan baik di masa yang akan mendatang. Maka dari itu, yuk kita mengenal dan menyiapkan persiapan finansial kebutuhan anak sebelum merencanakan kehamilan agar dapat merayakan kehadiran sang buah hati tanpa harus khawatir!

Baca Juga: 5 Tips Dekorasi Ruang Belajar Anak Di Rumah Agar Terasa Seperti Sekolah!

Persiapkan Biaya di Saat Hamil dan Menjelang Melahirkan

Sebelum menyambut kehadiran sang buah hati, persiapan finansial kebutuhan anak yang perlu diperhatikan adalah anggaran pengeluaran di saat kehamilan dan menjelang melahirkan. Seorang Ibu yang sedang mengandung tidak hanya membutuhkan baju khusus hamil, tetapi juga banyak nutrisi tambahan. Oleh karena itu, kebutuhan Ibu saat sedang hamil harus terus tercukupi, seperti makan makanan penuh gizi, penuh nutrisi, minum suplemen kesehatan, konsumsi berbagai vitamin agar daya tahan tubuh terus terjaga, dan juga konsultasi dengan dokter kandungan secara rutin agar dapat melihat perkembangan janin dan kesehatan tubuh Ibu. 

Selain itu, biaya proses persalinan Ibu juga perlu dipersiapkan sedari masih merencanakan kehamilan, dari aspek pilihan rumah sakit, dokter, fasilitas, layanan, dan tentu saja biaya persalinan dan pemulihannya. Dengan melakukan riset terlebih dahulu, Sahabat Danakini dapat memperkirakan total biaya yang harus dikeluarkan. Jangan lupa juga untuk melebihkan nominal biaya yang disiapkan untuk menghindari biaya yang kurang ya, Sahabat Danakini!

Sumber Foto: Pexels / Jonathan Borba

Persiapkan Kebutuhan Pokok Anak

Persiapan finansial kebutuhan anak yang selanjutnya adalah kebutuhan pokok. Dasarnya, kebutuhan pokok yang dibutuhkan oleh semua orang adalah sandang, pangan, dan papan yang meliputi nutrisi, kebersihan, pakaian, dan tempat istirahat. Tetapi bagi si buah hati, ada tiga kebutuhan yang perlu disiapkan oleh orang tua agar anak dapat tumbuh secara optimal.

Kebutuhan yang pertama adalah pertumbuhan fisik yang baik dengan asupan nutrisi yang cukup. Nutrisi seorang anak didapatkan sedari kecil, dimulai dari asupan ASI selama 6 bulan, kemudian dilanjutkan dengan pola makan yang sesuai untuk pertumbuhannya. Kemudian, kebutuhan pokok yang kedua adalah kasih sayang. Kasih sayang sendiri memiliki cara yang berbeda-beda, bisa dengan memberikan hadiah, baju baru, mainan, atau juga bisa dengan memberikan pujian, dukungan, dan kehadiran kita. Selanjutnya kebutuhan terakhir adalah stimulasi kreativitas dan kecerdasan yang dapat dikembangkan melalui menjalankan aktivitas kesukaan si buah hati, memasukkannya ke tempat belajar tambahan, dan lainnya. Pada kebutuhan ini, mungkin Sahabat Danakini tidak bisa memprediksi biayanya secara detail, tetapi perlu disiapkan biaya yang cukup besar agar kebutuhan pokok buah hati dapat selalu tercukupi.

Sumber Foto: Pexels / Ketut Subiyanto

Persiapkan Biaya Pendidikan

Walaupun ada jarak waktu yang cukup panjang antara buah hati hadir di dunia dengan masuk ke sekolah, biaya pendidikan tetap harus direncanakan sedari awal. Sama seperti poin sebelumnya, untuk biaya pendidikan, Sahabat Danakini juga perlu melakukan riset sekolah anak dengan beberapa pertimbangan, seperti jarak sekolah dengan rumah, fasilitas pengajaran, dan biaya yang harus dikeluarkan. Dari biaya pendidikan ini, banyak pasangan suami istri yang menghindari memiliki anak dengan jarak umur berkelipatan tiga untuk menghindari biaya pendidikan yang tinggi. Pastikan Sahabat Danakini mempersiapkan biaya pendidikan si buah hati agar sudah siap sepenuhnya saat momennya datang, ya!

Sumber Foto: Pexels / Ketut Subiyanto

Persiapkan Biaya Darurat

Persiapan finansial kebutuhan anak selanjutnya adalah biaya darurat. Keadaan darurat sudah pasti tidak bisa kita prediksi dan bisa datang kapan saja tanpa sepengetahuan kita, seperti penyebaran Covid-19 yang terjadi sangat cepat dan berbahaya. Karena itu, penting bagi pasangan suami istri untuk menyediakan biaya lain di luar kebutuhan sehari-harinya untuk keperluan darurat agar tidak kebingungan. Dengan begitu, keamanan buah hati dan keluarga dari keadaan darurat jadi lebih terjamin deh.

Sumber Foto: Pexels / Karolina Grabowska

Itulah beberapa persiapan finansial kebutuhan anak yang harus disiapkan oleh Sahabat Danakini dalam rencana kehamilan. Semoga dunia rumah tangga Sahabat Danakini bahagia selalu, ya!

About Author

Jovita Christie

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *