February 7, 2023

Tips Hemat Nonton Konser – Setelah lebih dari dua tahun masyarakat Indonesia menghadapi pandemi COVID-19 yang mengharuskan seluruh aktivitas dikerjakan dari rumah, pemerintah Indonesia akhirnya mengambil tahap persiapan menuju endemi di tahun 2022 loh, Sahabat Danakini. Beberapa kelonggaran yang sudah dilakukan oleh pemerintah Indonesia antara lain adalah penggunaan masker yang tidak diberlakukan secara ketat lagi, aturan berkerumun, dan juga perizinan menyelenggarakan konser musik secara offline.

Tips Hemat Nonton Konser
Sumber Foto: Pexels / Wendy Wei

Bagi Sahabat Danakini yang sebelum pandemi suka menonton konser musik, sekarang harus siap-siap tenaga dan finansial lagi, nih! Karena deretan konser yang vakum selama ini, akhirnya kembali hadir untuk menghibur para pecinta musik. Berbagai konser dan festival musik yang sudah membuka penjualan tiket sedari sekarang, ada We The Fest yang akan digelar pada 23-25 September 2022, Berdendang Bergoyang pada 29-30 Oktober 2022, Synchronize Fest pada 7-9 Oktober 2022, PestaPora pada 23-25 September 2022, dan yang terdekat ada Java Jazz pada 27-29 Mei 2022.

Melihat banyaknya konser musik yang menggoda untuk ditonton, Danakini sudah mempersiapkan tips hemat nonton konser offline untuk Sahabat Danakini agar dompet tetap aman. Simak bareng-bareng, yuk!

Rancang Keuangan Sedari Sekarang

Sudah tidak bisa dipungkiri lagi bahwa masalah utama para fans saat ingin menonton konser idola, pasti adalah tiket konser yang harganya mahal. Oleh karena itu, untuk tips hemat nonton konser offline yang pertama, Sahabat Danakini harus menentukan rancangan keuangan terlebih dahulu. Sebelum mulai membuat rancangan keuangan, Sahabat Danakini harus melakukan riset terlebih dahulu terhadap jadwal konser artis idola. Dengan begitu, Anda dapat mengira-ngira berapa uang yang harus ditabung setiap bulannya sebelum tanggal konser tersebut.

Tips Hemat Nonton Konser
Sumber Foto: Pexels / Karolina Grabowska

Selain untuk tiket konser, Sahabat Danakini juga perlu memperhitungkan berbagai biaya lain, seperti transportasi untuk ke venue, makanan dan minuman untuk berjaga-jaga, sampai penginapan bila perlu menginap. Setelah memprediksi biaya yang perlu dipersiapkan, Sahabat Danakini dapat mulai menabung dan menyisihkan beberapa persen dari pendapatan agar uang dapat terkumpul sebelum tanggal konser si idola datang.

Manfaatkan Early Bird

Selain untuk memudahkan pembuatan rencana keuangan, memeriksa jadwal konser idola juga dapat membuat Sahabat Danakini lebih sigap dalam membeli tiket konser yang lebih murah. Biasanya konser-konser musik akan membagi penjualan tiket ke dalam beberapa tahapan, ada early bird, pre-sale, dan on the spot. Biasanya, tiket early bird dijual dengan harga lebih murah ratusan ribu rupiah ketimbang tiket yang dibeli saat pre-sale ataupun on the spot. Inilah tips hemat nonton konser yang kedua, yaitu membeli tiket early bird

Tips Hemat Nonton Konser
Sumber Foto: Pexels / Andrea Piacquadio

Selain harganya yang berbeda, jumlah tiket yang disediakan setiap tahapan juga berbeda-beda loh, Sahabat Danakini. Oleh karena itu, penting bagi Sahabat Danakini untuk mengikuti akun social media promotor konser untuk selalu mendapatkan informasi terbaru mengenai penjualan tiket.

Hindari Godaan Calo Tiket

Jika Sahabat Danakini kehabisan tiket atau ingin membeli tiket langsung ke tempat, pasti Anda akan didatangi oleh banyak jasa pembelian tiket yang biasa disebut dengan calo. Kehadiran calo ini bisa membawa hal yang positif atau justru negatif bagi Anda, karena tidak sedikit calo-calo tiket yang menjual tiket dengan harga murah, tetapi berujung menipu dan merugikan Anda. Walau begitu, Sahabat Danakini juga dapat menemukan pihak calo tiket terpercaya yang memang terdesak untuk menjual tiket konsernya karena beberapa alasan. Tetapi biasanya, tiket yang dijual akan menjadi lebih mahal  dari yang dijual di toko resmi.

Melihat harga jual tiket di calo yang terkadang jauh lebih tinggi dari yang dijual di toko resmi, dianjurkan agar Sahabat Danakini berpikir berulang-ulang kali sebelum memutuskan untuk melakukan pembelian tiket konser melalui calo.

Siapkan Mental dan Fisik

Tips hemat nonton konser berikutnya adalah mempersiapkan mental dan fisik sebelum pergi ke konser. Secara mental, Sahabat Danakini harus siap menahan godaan untuk membeli berbagai merchandise atau segala kebutuhan yang dijual di lokasi konser. Untuk menghindari godaan tersebut, pastikan Sahabat Danakini sudah menyiapkan berbagai kebutuhan, seperti aksesoris, power bank, botol minum, tissue, dan kebutuhan lainnya sebelum pergi ke konser. Sedangkan untuk godaan merchandise, Sahabat Danakini dapat membuat limit jumlah merchandise yang ingin dibeli dari awal agar tidak berlebihan.

Sumber Foto: Pexels / Aleksandr Neplokhov

Selain secara mental, Sahabat Danakini juga harus siap secara fisik. Kesehatan tubuh Anda adalah hal yang terpenting saat ingin datang ke konser. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan saat konser, Sahabat Danakini disarankan untuk datang ke lokasi konser dalam keadaan perut kenyang dan membawa air minum sendiri ke lokasi konser. Dengan begitu, kebutuhan Sahabat Danakini akan lebih mudah tercukupi dan dompet tetap aman dari pengeluaran.

Itulah tips hemat nonton konser dari Danakini yang dapat Anda terapkan. Walaupun keadaan secara perlahan sudah kembali normal, tetap jaga kesehatan dan imun tubuh ya, Sahabat Danakini!

Dapatkan aplikasi Danakini melalui Apps Store dan Play Store.

About Author

Jovita Christie

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *