Tech

Manfaat Pinjaman Online Untuk Keuangan

Manfaat Pinjaman Online Untuk Keuangan

Manfaat pinjaman online untuk keuangan – Munculnya pinjol atau pinjaman online memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk melakukan pinjaman uang. Sebelumnya, banyak orang kesulitan untuk melakukan pinjaman uang di bank atau koperasi karena banyaknya syarat yang diperlukan. Proses pencairan uang juga memakan waktu yang cukup lama. Namun, melalui pinjaman online, orang-orang dipermudah karena proses pencairan dana jauh lebih cepat dan syarat peminjaman juga tidak seketat meminjam uang dari bank. 

Terkadang muncul kebutuhan mendesak yang mengharuskan orang untuk meminjam uang. Dengan adanya pinjol, proses pengajuan cepat, transparan, dan praktis. Pijol juga biasanya memberikan bunga yang terjangkau, sehingga peminjam uang tidak perlu khawatir saat pembayaran. Total ada lebih dari 100 pinjol atau fintech lending legal di Indonesia, tentunya pinjol-pinjol tersebut sudah terdaftar dan berizin di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Masyarakat juga dapat dengan mudah memilih pinjaman online mana yang ingin digunakan. 

Selain memenuhi kebutuhan utama, orang-orang juga dapat menggunakan pinjaman uang untuk kebutuhan-kebutuhan lainnya. Tidak sedikit orang yang menggunakan pinjaman online untuk mendapatkan modal usaha atau kegiatan lainnya. Pinjol menjadi salah satu produk fintech yang dapat membantu kehidupan finansial Anda. Sayangnya masih cukup banyak orang yang sering kali salah paham dengan pinjol. Banyak orang yang ragu untuk menggunakan pinjol dan takut menggunakan layanan pinjaman online. Padahal, jika digunakan dengan bijak, pinjol dapat menjadi jawaban dari masalah keuangan orang-orang dan membantu memenuhi kebutuhan. Pastinya selalu gunakan pinjaman online yang sudah terpercaya, legal, dan telah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Mungkin setiap orang memiliki pandangan tersendiri mengenai pinjol, tetapi untuk membantu menghilangkan keraguan Anda, berikut merupakan beberapa manfaat pinjaman online untuk keuangan.

 

Memberikan Layanan Praktis

Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/pasangan-orang-orang-wanita-laki-laki-8815826/

Pinjaman online merupakan salah satu bentuk dari financial technology, penggabungan antara sektor teknologi dengan sektor finansial. Hal ini membuat pinjaman online begitu praktis karena kebanyakan dapat diakses melalui aplikasi mobile atau melalui website. Jadi, Anda dapat dengan mudah mengajukan pinjaman dari rumah tanpa harus pergi kemana-mana. Proses pinjol juga cepat dan transparan sehingga Anda tidak perlu khawatir saat melakukan pinjaman. Ditambah lagi persyaratan yang diminta oleh pinjol juga tidak terlalu merepotkan dan tidak membutuhkan banyak waktu untuk memenuhi persyaratan tersebut. Anda cukup memberikan KTP dan dokumen-dokumen pendukung lainnya secara online dan mengikuti proses-proses selanjutnya. Proses tersebut biasanya hanya memakan waktu kurang dari 30 menit. Pinjaman online memberikan layanan yang praktis dan tentunya cocok bagi orang-orang yang sedang memerlukan uang untuk keperluan mendesak.

 

Mencegah Lintah Darat Dan Pinjaman Online Ilegal

Terkadang ada kalanya seseorang membutuhkan uang untuk keperluan mendesak dan ada oknum-oknum tidak bertanggung jawab yang berusaha memanfaatkan situasi tersebut. Alhasil mereka akan memberikan pinjaman uang dengan bunga yang sangat besar dan tenor pinjaman yang sangat singkat. Hal ini sangat membebani peminjam uang dan merugikan. Tidak jarang oknum-oknum tersebut menggunakan kekerasan dan blackmailing untuk membuat peminjam dana ketakutan. Dengan adanya pinjaman online yang legal, Anda dapat lebih mudah mengecek status legalitas dari pinjaman online. Pinjol legal juga memperkecil terjadinya praktek lintah darat atau pinjaman online ilegal. Hal paling penting yang perlu diketahui adalah pinjol legal tidak akan menggunakan kekerasan, memasang bunga tinggi, serta memberikan tenor pinjaman yang singkat. 

 

Mendorong Pertumbuhan Usaha Kecil

Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/dua-wanita-melihat-dan-menunjuk-laptop-macbook-1569076/

Hal utama yang membatasi pertumbuhan usaha kecil adalah keterbatasan modal. Tentunya untuk membuka suatu usaha baru diperlukan uang yang tidak sedikit dan banyak orang tidak mampu untuk menanamkan modal sendiri dan tidak memiliki orang-orang yang dapat membantu memberikan modal. Mencari uang untuk modal usaha bisa menjadi hal yang cukup sulit untuk dilakukan. Nah, salah satu manfaat pinjaman online adalah mampu memberikan pinjaman kepada siapapun asalkan telah memenuhi semua persyaratan. Hal ini berarti, pelaku usaha dapat memperoleh modal dengan cukup mudah. Kemudahan inilah yang mendorong pertumbuhan usaha-usaha kecil menengah karena orang-orang dapat dengan lebih mudah mendapatkan modal usaha. Hal ini juga memberikan manfaat bagi pertumbuhan ekonomi kota dan negara.

 

Baca Juga: Peluang Usaha Modal Kecil Yang Menjanjikan

 

Mendorong Taraf Hidup Masyarakat

Adanya pinjaman online juga mendukung standar dan memperbaiki taraf hidup masyarakat. Saat kondisi keuangan sedang buruk, ada beberapa orang yang mungkin tidak dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Misalnya saja saat situasi tidak terduga seperti pandemi saat ini. Beberapa orang mungkin kesulitan karena kehilangan penghasilan atau sejumlah penghasilan mereka. Dengan melakukan pinjaman uang melalui pinjol, kondisi keuangan ini dapat diringankan. Misalnya Anda sedang membutuhkan uang untuk membayar biaya perbaikan rumah. Melalui pijol, Anda bisa mendapatkan uang yang Anda butuhkan dan berangsur-angsur membayar uang yang dipinjam sesuai tenor yang ditentukan. Manfaat pinjaman online yang satu ini dapat mendorong taraf hidup masyarakat. 

 

Dapat Menjangkau Masyarakat Secara Luas

Manfaat pinjaman online
Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/kota-persimpangan-orang-orang-jalan-5493280/

Bukan rahasia lagi bahwa perkotaan dan daerah-daerah terpencil memiliki fasilitas yang berbeda. Hal ini juga termasuk pada layanan keuangan. Banyak orang-orang desa atau yang tinggal di daerah yang bukan perkotaan kesulitan untuk mendapatkan layanan finansial. Namun, dengan adanya pinjaman online ini, bantuan uang tunai dapat lebih mudah menjangkau daerah-daerah. Apalagi kebanyakan pinjol memberikan kemudahan untuk melakukan pinjaman. Cukup dengan menggunakan handphone dan internet saja. Orang-orang dapat melakukan pinjaman. Dengan kata lain, kesempatan orang-orang yang tinggal di pedesaan untuk mendapatkan pinjaman uang menjadi lebih mudah dan manfaat pinjaman online ini juga mampu meningkatkan inklusi keuangan negara.

 

Menggunakan Pinjaman Online Terpercaya

Ada banyak manfaat pinjaman online dan jika dilakukan dengan bijaksana dapat memberikan keuntungan bagi orang-orang. Meski begitu, jika Anda tertarik untuk menggunakan pinjol, Anda tetap harus berhati-hati. Pastikan kalau Anda menggunakan pinjol yang memiliki legalitas dan kredibilitas. Jangan sekali-sekali terpancing untuk menggunakan pinjol ilegal. Cukup banyak orang yang mengalami masalah finansial akibat dari salah menggunakan pinjaman online seperti pinjol ilegal. Oleh karena itu, selalu gunakan pinjol yang pasti sudah terpercaya dan terdaftar di OJK. Hal paling penting adalah bertanggung jawab saat mengajukan cicilan dan melunasi cicilan sampai selesai. Manfaatkan pinjaman uang seoptimal mungkin dan jangan sampai tergoda untuk menghambur-hamburkan uang untuk hal yang tidak terlalu penting.

 

Danakini

Salah satu pinjaman online yang terpercaya dan memiliki kredibilitas yang tinggi adalah Danakini. PT. Dana Kini Indonesia dengan nama Danakini, merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang layanan finansial berbasis teknologi Informasi (Fintech Lending), yang mempertemukan Pemilik Dana dan Peminjam Dana yang difokuskan untuk keperluan pembiayaan konsumer (contoh: berbelanja perlengkapan rumah dan gaya hidup), pembiayaan industri mikro, dan pinjaman dana tunai karyawan.

Danakini merupakan perusahaan berbadan hukum yang telah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sesuai Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) Nomor 77/POJK.01/2016 tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi dengan nomor registrasi S-26/NB.213/2018. Jadi, Anda tidak perlu meragukan keamanan dan kredibilitas dari Danakini. Anda juga dapat dengan mudah menggunakan berbagai layanan dari Danakini melalui mobile apps yang dapat diunduh melalui Apps Store dan Google Play Store. Anda dapat melihat informasi lebih lanjut melalui website Danakini

About Author

Indakhila Putri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *