February 27, 2024

Liburan – Liburan dipercaya dapat menjadikan pikiran lebih segar setelah berhadapan dengan rutinitas yang membuat lelah. Selain itu, kegiatan dari berlibur ini dapat membuka kesempatan baru dalam berteman, membuka pengetahuan baru, serta memahami budaya dari tempat liburan.

Maka dari itu, liburan ini menjadi kesukaan banyak orang apalagi anak muda. Namun, dibalik kesenangannya kegiatan liburan ini juga dapat menguras tabungan.

Image by tawatchai07 on Freepik

Agar tabungan tidak terkuras untuk liburan, yuk simak beberapa tips yang dapat kamu lakukan agar dapat berlibur tanpa menguras tabungan:

Menentukan tujuan tempat wisata yang tidak terlalu jauh

Tips pertama ini tentunya perlu dilakukan agar dapat menentukan budget untuk transportasi dan penginapan. Selain itu, kamu juga dapat memilih tempat penginapan yang tidak jauh dari tempat wisata yang ingin didatangi agar kamu tidak perlu lagi mengeluarkan uang lebih banyak untuk transportasi ke tempat wisata. 

Tepat dalam memilih tanggal liburan

Pemilihan tanggal liburan yang tepat dapat menjadi salah satu penentu budget yang akan dikeluarkan. Hal tersebut dikarenakan terjadinya kenaikan harga tiket mulai dari transportasi hingga penginapan saat high season. Maka dari itu, disarankan untuk berlibur saat low season agar tabunganmu tidak terkuras saat liburan.

Liburan beramai-ramai

Ketika kamu memilih untuk berlibur sendiri, kamu tentunya harus membayar seluruh akomodasi yang akan membuat budget keluar lebih banyak dibandingkan bersama teman-teman atau keluarga. Tips ini dapat dilakukan jika kamu berniat untuk liburan secara mewah agar dapat menekan pengeluaran untuk biaya-biaya lain. 

Selain itu, biasanya tempat wisata menyediakan promo menarik bagi rombongan seperti potongan tiket masuk tempat wisata hingga promo paket rombongan untuk makanan mewah yang dapat dimanfaatkan.

Melakukan reservasi penginapan dan akomodasi dari jauh hari

Peluang untuk mendapatkan tiket penginapan dan akomodasi dengan harga yang murah bisa semakin besar jika kamu melakukan reservasi dari jauh hari. Selain itu, kamu juga dapat membandingkan harga tiket dari beberapa aplikasi agar bisa mendapatkan harga termurah.

Liburan tidak selalu identik dengan biaya yang mahal. Kamu tetap dapat merencanakan liburan yang berkesan dengan biaya yang murah dan tidak menguras keuanganmu. Kamu dapat memulainya dengan merencanakan dana liburan agar tabungan masa depan atau dana darurat ada tidak terganggu.

Berikut beberapa tips untuk mengumpulkan dana liburan:

Membuat rekening khusus untuk liburan

Kamu dapat memulai dengan memisahkan rekening tabungan untuk berlibur, penghasilan, serta tabungan masa depan agar tidak tercampur. Kamu bisa disiplin dalam menabung dengan memisahkan sekitar 10% dari penghasilan di awal bulan. 

Menggunakan deposito untuk menghindari pengeluaran tidak terencana

Ketika kesulitan menabung, kamu dapat memanfaatkan deposito sebagai salah satu cara agar kamu terhindar dari pengeluaran yang tidak terencana karena terdapat denda yang harus dibayarkan ketika kamu menarik uang sebelum jatuh tempo. 

Selain deposito, kamu juga dapat memanfaatkan layanan tabungan berjangka yang mempunyai fitur auto debit yang jumlah nominal dan tanggal menabungnya dapat diatur. 

Reksa Dana

Kamu dapat menabung di reksa dana sebagai salah satu alternatif pilihan investasi dalam mengumpulkan anggaran untuk berlibur. Reksa dana terdiri dari pendapatan tetap, pasar uang, campuran, serta saham. Investasi di reksa dana tidak berbeda dengan tabungan karena dapat ditarik kapan saja sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 

Siapa bilang liburan identik dengan pemborosan? Dengan menerapkan beberapa tips liburan di atas, maka kamu pasti dapat menghemat budget dan tabunganmu tentu saja tidak akan terkuras.

About Author

Grisela Felicia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *