February 27, 2024

Sleeping Investor – Sahabat Danakini tahu apa itu sleeping investor? Jika kamu memiliki rencana untuk melakukan investasi saham, pasti kamu mengharapkan keuntungan investasi dari kenaikan harganya. Nah, apa kaitannya dengan sleeping investor? Mari kita simak!

Perlu diketahui, banyak faktor eksternal yang harus diperhitungkan ketika terjadi kenaikan harga saham. Banyak orang yang memantau harga sahamnya setiap hari, namun menjadi kecewa karena hasil yang tidak maksimal. 

Jika kamu tidak ingin terjebak dalam lingkaran tersebut, kamu dapat melakukan alokasi dana untuk berinvestasi dalam jangka waktu yang panjang. Dengan begitu, kamu tidak perlu lagi memikirkan fluktuasi harga saham. Nah, orang yang melakukan investasi dengan cara seperti itu disebut sebagai sleeping investor. 

Photo by Andrew Neel on Unsplash

Sleeping investor merupakan seorang investor yang bisa menghasilkan keuntungan tanpa harus terus menerus memantau pergerakan pasar. Mereka adalah investor jangka panjang yang menaruh dananya pada berbagai instrumen keuangan dengan melihat fundamental jangka panjang. 

Tidak semua orang dapat menjadi sleeping investor, karena seringkali orang tidak sabar dalam menunggu hasil investasi jangka panjang. Sementara yang dilakukan sleeping investor adalah menunggu periode jangka panjang hingga akhirnya dana yang ditanam berbuah terus menerus dan bisa dinikmati.

Berikut beberapa keuntungan menjadi sleeping investor:

  1. Menerima pendapatan pasif, karena nilai instrumen investasi dapat meningkat seperti capital gain serta pembagian dividen dalam saham.
  2. Kesempatan dalam meraih kebebasan finansial, karena investor yang menggunakan jenis investasi ini dapat bertahan ataupun fokus melakukan kegiatan lain tanpa harus memantau pergerakan aset.
  3. Tidak memerlukan modal yang besar, karena dapat menyesuaikan dengan kemampuan serta profil risiko, selama dilakukan secara rutin. Contohnya dengan modal yang rendah namun profil risikonya tidak tinggi maka dapat memilih berbagai macam reksa dana. 
Photo by Joshua Mayo on Unsplash

Namun, bagaimana cara menjadi sleeping investor? Yuk simak beberapa cara di bawah ini:

Memahami fundamental investasi

Pemahaman mengenai investasi merupakan modal awal yang terpenting bagi sleeping investor. Pemahaman terhadap fundamental instrumen investasi ini menjadi faktor apakah kamu dapat mengelola investasi secara tepat. 

Memiliki sumber penghasilan utama 

Jangan mengandalkan keuntungan dari investasi sebagai sumber penghasilan utama karena keuntungan yang diterima dari investasi tidak dapat diterima dengan instan, butuh adanya kesabaran dan kesiapan dalam menghadapi berbagai risiko saat melakukan investasi sebagai seorang sleeping investor. 

Rutin mengumpulkan modal

Tentunya diperlukan modal sebelum berinvestasi yang bisa didapatkan dari sumber penghasilan utama. Namun, perlu diingat bahwa untuk mengumpulkan modal investasi sumbernya bukan dari dana pinjaman ataupun uang untuk kebutuhan utama/harian. Kamu dapat mengumpulkan modal sesuai dengan kemampuan. 

Photo by Austin Distel on Unsplash

Menjadi sleeping investor merupakan strategi investasi yang bisa membantu seseorang dalam mencapai tujuan keuangannya dalam jangka waktu yang panjang dengan lebih tenang. Dengan memiliki pemahaman mengenai konsep sleeping investor, memilih instrumen investasi yang sesuai, dan rutin menyisihkan dana maka kamu bisa mencobanya. 

About Author

Grisela Felicia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *