April 22, 2024

Apakah Sahabat Danakini mulai merasa jenuh dengan dekorasi kamar yang itu-itu saja? Nah, mungkin ini saatnya untuk melakukan dekorasi ulang atau make over pada kamar tidur.

Kamar tidur merupakan ruang pribadi yang digunakan oleh seseorang untuk beristirahat dan mengisi energi setelah beraktivitas seharian di luar. Kamar tidur juga menjadi tempat untuk melepas segala penat duniawi dan fokus pada diri (me-time). Oleh karena itu, kenyamanan kamar tidur merupakan unsur penting dalam menjamin kualitas beristirahat.

Selain itu, kamar tidur yang nyaman juga dapat berdampak dalam meningkatkan mood seseorang. Tentu rasanya jadi lebih semangat ketika bangun tidur pada tempat yang rapi, indah, dan nyaman.

Salah satu opsi dekorasi kamar kekinian yang dapat Sahabat Danakini coba adalah gaya aesthetic. Gaya aesthetic merujuk pada gaya dekorasi yang mengutamakan keindahan visual. Gaya ini juga berkaitan erat dengan kesederhanaan atau konsep minimalis. Jadi, dapat dikatakan bahwa gaya aesthetic berarti indah dan sederhana.

Konsepnya yang indah dan sederhana inilah yang membuat dekorasi aesthetic diminati untuk menata ulang kamar tidur. Untuk membantu Sahabat Danakini mewujudkan kamar tidur yang aesthetic, yuk simak tips-tips berikut!

Cari inspirasi dan buat moodboard

Tips Dekorasi Kamar Minimalis dan Aesthetic yang Kekinian
Photo by Antoni Shkraba: https://www.pexels.com/photo/photo-of-woman-writing-on-tablet-computer-while-using-laptop-4348401/

Sebelum melakukan make over kamar, Sahabat Danakini disarankan untuk terlebih dahulu mencari inspirasi di internet, sosial media, majalah, atau sumber lainnya. Salah satu platform yang terkenal sebagai sumber inspirasi adalah Pinterest. Dengan keyword yang relevan, Sahabat Danakini bisa menemukan banyak contoh inspirasi dekorasi ruangan.

Setelah menemukan inspirasi atau contoh yang sesuai dengan preferensi, maka dapat dikompilasikan untuk membentuk moodboard. Moodboard merupakan kumpulan komposisi visual yang menggambarkan tema sebuah desain. Fungsi moodboard ini adalah untuk membantu Sahabat Danakini untuk menentukan desain akhir, warna, dan barang-barang yang diperlukan untuk melakukan make over kamar.

Tentukan skema warna

Tips Dekorasi Kamar Minimalis dan Aesthetic yang Kekinian
Photo by Designecologist: https://www.pexels.com/photo/leaves-hang-on-rope-1389460/

Setelah mendapatkan ide dan inspirasi, selanjutnya adalah menentukan skema atau kombinasi warna utama dalam dekorasi kamar. Konsep utama dari gaya aesthetic adalah enak dilihat, sehingga Sahabat Danakini perlu membuat kombinasi warna yang harmonis namun tetap sederhana.

Contoh kombinasi warna yang dapat digunakan adalah warna-warna netral seperti hijau, krem, putih, dan coklat. Skema warna ini kemudian akan menjadi dasar pemilihan barang-barang yang akan digunakan untuk mendekorasi kamar.

Rencanakan posisi dan desain kamar

Tips Dekorasi Kamar Minimalis dan Aesthetic yang Kekinian
Photo by Andrea Piacquadio: https://www.pexels.com/photo/male-constructor-drawing-draft-on-paper-roll-3760529/

Tips selanjutnya adalah untuk membuat perencanaan mendetail mengenai desain kamar dan tata penempatan furnitur hingga dekorasi. Ketika menentukan desain ruang, perlu diperhatikan untuk tetap menjaga kesederhanaan sehingga jangan memuat terlalu banyak barang.

Perencanaan diikuti dengan pembuatan daftar barang yang dibutuhkan dalam mewujudkan makeover kamar.

Pilih furnitur atau dekorasi yang sesuai

Tips Dekorasi Kamar Minimalis dan Aesthetic yang Kekinian
Photo by Dmitry Zvolskiy: https://www.pexels.com/photo/white-wooden-shelf-beside-bed-2062431/

Mulai dari furnitur seperti lemari, meja, atau kasur, hingga dekorasi seperti jam, lampu tidur, atau sprei, pilihlah yang sesuai dengan desain yang sudah direncanakan. Pastikan warna dan modelnya tidak bertabrakan dengan barang-barang lain. Dengan demikian, Sahabat Danakini bisa membentuk nuansa kamar aesthetic yang harmonis.

Ganti pencahayaan yang lebih hangat

Tips Dekorasi Kamar Minimalis dan Aesthetic yang Kekinian
Photo by Ameruverse Digital Marketing Media: https://www.pexels.com/photo/used-red-coffee-cup-and-saucer-1648839/

Tips terakhir dalam menerapkan make over kamar bergaya aesthetic adalah dengan mengubah pencahayaan kamar menjadi nuansa yang lebih hangat (warm lighting). Biasanya lampu yang bercahaya hangat memiliki warna yang cenderung ke arah kuning/jingga.

Sesuaikanlah tingkat kehangatan sesuai dengan preferensi dan kebutuhan masing-masing. Pencahayaan yang hangat akan membuat suasana kamar menjadi lebih terlihat nyaman dan meningkatkan nilai estetika.

Demikian adalah beberapa tips yang Sahabat Danakini dapat terapkan untuk melakukan make over kamar ala aesthetic kekinian. Bagi kamu yang ingin langsung mempraktekkan tips-tips ini, segera kunjungi Informa, Selma, atau Ace Hardware terdekat untuk memilih dekorasi yang paling sesuai dengan kamar aesthetic idaman.

Sebagai retail terpercaya bagian dari Kawan Lama Group, merchant Informa, Selma, dan Ace Hardware menawarkan berbagai produk berkualitas dan pastinya tidak ketinggalan jaman. Yuk, dicek dan jangan lupa bayar pakai Danakini!

About Author

Janice Lim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *