April 18, 2024

Menabung – Banyak dari kita yang sudah berpenghasilan, namun belum juga bisa menyisihkan uang untuk ditabung. Terdapat berbagai keinginan untuk membeli barang-barang atau kebutuhan lain, yang menjadi salah satu faktor penghambat untuk menabung. 

Menabung bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Banyak juga yang mengaku kesulitan dalam menabung karena memiliki kebiasaan yang buruk dalam mengatur keuangan. Umumnya, masyarakat kesulitan menabung karena terpengaruh dengan stigma gaya hidup yang lebih penting daripada menabung.

Hal tersebut menjadikan persentase gaji bulanan akan lebih besar digunakan untuk memenuhi gaya hidup dibandingkan untuk menabung. Tidak jarang juga gaji yang dimiliki habis terlebih dahulu sebelum sempat disisihkan untuk menabung.

Menabung
Image by jcomp on Freepik

Dalam hidup, menentukan masa depan adalah salah satu hal yang paling penting. Dengan begitu segala kebutuhan baik sekunder maupun primer dapat dibedakan berdasarkan porsinya masing-masing. 

Beberapa faktor penghambat saat menabung:

Menabung
Image by Freepik

Belanja tidak sesuai kebutuhan

Berbagai macam keinginan untuk membeli banyak barang akan menjadikan kamu lebih boros. Banyak godaan yang akan datang ketika melihat berbagai produk terbaru seperti fashion, gadget, dll. Hindari kebiasaan konsumtif dan gunakan uang sebijak mungkin.

Tidak memiliki catatan keuangan

Seseorang yang tidak memiliki catatan keuangan tidak akan bisa mengontrol pengeluaran dalam berbelanja. Mencatat semua pemasukan dan pengeluaran tentunya sangat penting agar kamu bisa mengetahui apakah yang didapatkan seimbang dengan yang dikeluarkan.

Tidak memiliki rencana menabung

Dalam menabung, diperlukan adanya tujuan. Oleh karena itu, penting untuk kamu memiliki rencana tabungan yang baik. Perencanaan tabungan yang baik juga dapat memungkinkan kamu dalam menggunakan uang tersebut untuk membayar tagihan saat sudah pensiun. 

Kurangnya pengetahuan mengenai keuangan

Kurangnya pengetahuan terhadap keuangan ini dapat menjadikan seseorang tidak mampu untuk mengelola uang dengan baik dan tidak dapat mengambil keputusan keuangan secara tepat. Selain itu, kurangnya pengetahuan juga dapat menjadikan seseorang sulit untuk membuat serta mengatur pengeluaran secara bijak. 

Untuk mengatasi berbagai faktor penghambat tersebut, diperlukan beberapa cara agar kamu dapat menabung tanpa adanya hambatan:

Menabung
Image by Freepik

Dimulai dari gaya hidup

Kamu perlu menghindari pengeluaran yang konsumtif agar dapat menyisihkan lebih banyak uang untuk ditabung atau untuk kebutuhan lain yang lebih produktif. Untuk menghindari sikap konsumtif ini, kamu bisa melakukan berbagai aktivitas yang tidak memerlukan biaya, mempertimbangkan secara berulang sebelum membeli barang, menghindari biaya yang tidak penting seperti berlangganan atau keanggotaan tertentu, dll.

Membuat tabungan terpisah

Dengan menggabungkan uang belanja dan tabungan akan mendorong kamu untuk melakukan pengeluaran yang lebih besar. Akibatnya tabungan kamu akan terus berkurang karena belanja di luar anggaran.

Menetapkan tujuan

Tidak hanya menabung saja, menentukan tujuan juga penting dalam menabung. Kamu bisa memulai dengan hal yang kamu sukai seperti travelling, membeli barang yang sudah diinginkan sejak lama, dll. Ketika suatu kebiasaan menabung sudah berhasil terbentuk, maka kedepannya akan lebih mudah untuk menetapkan tujuan lainnya. 

Hindari menunda-nunda

Kamu juga harus memiliki keinginan dan komitmen ketika ingin menabung. Jika kamu terlalu sering menunda-nunda justru akan menjadikan kamu kehilangan kesempatan untuk menikmati hasilnya nanti. 

Menciptakan sistem manajemen keuangan

Sistem manajemen keuangan ini dapat diciptakan dengan beberapa cara seperti sebelum membuat rencana pengeluaran, kamu bisa melakukan evaluasi terhadap pengeluaran sebelumnya, membuat rencana pengeluaran untuk sebulan, mengetahui uang digunakan untuk apa saja, dll sesuai kebutuhan kamu.

Menabung
Image by Freepik

Bagaimana? Masih bingung mengapa menabung itu sulit? Yuk jangan menunda-nunda lagi! Mulailah dari sekarang dan motivasikan diri untuk menabung agar kamu bisa menikmati hasilnya di masa yang akan datang.

About Author

Grisela Felicia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *