April 18, 2024

Apakah Sahabat Danakini pernah mendengar istilah “frugal living”? Bagi yang sudah cukup akrab dengan istilah ini mungkin tahu jika frugal living sering disalahpahami sebagai gaya hidup pelit. Padahal, frugal living merupakan gaya hidup yang dapat berdampak positif bagi kehidupan bahkan menjadi kunci keberhasilan finansial seseorang. 

Untuk lebih lanjut mengenal frugal living, yuk simak artikel berikut!

Pengertian Frugal Living

Kenali Penerapan Frugal Living
Photo by Joslyn Pickens: https://www.pexels.com/photo/person-putting-coin-in-a-piggy-bank-3833052/

Frugal living berasal dari kata frugal yang berarti kesederhanaan, kehematan, atau keekonomisan dan kata living yang berarti hidup. Sehingga, jika digabungkan maka frugal living berarti gaya hidup hemat. 

Namun, secara lengkap frugal living dideskripsikan sebagai sebuah gaya hidup yang mengedepankan pertimbangan nilai dan kesadaran penuh (mindful) dalam mengelola keuangan yang dimiliki. Jadi. frugal living ini bukan hanya sebatas hemat dan irit saja, tapi juga mempertimbangkan nilai suatu barang/jasa berdasarkan kondisi yang sedang dialami. 

Misalnya, ada dua orang yang ingin membeli mesin cuci untuk rumah barunya, kita sebut A an B. Si A merupakan seseorang yang menerapkan frugal living, sedangkan si b sekedar menerapkan hidup hemat dan pelit. 

Dengan konsep frugal living yang diterapkan, A pasti akan memilih mesin cuci dengan spesifikasi lengkap dan fungsi awet dengan harga yang paling sesuai. Jadi tidak harus yang termurah, asalkan harga masih sesuai dengan nilai yang didapatkan. 

Sebaliknya, B dengan gaya hidup pelit biasanya memilih barang yang termurah saja tanpa melihat spesifikasi dan fungsinya. Padahal, sesuatu yang murah belum tentu tahan lama atau bahkan justru dapat menyebabkan pengeluaran lebih di masa depan.

Jadi, terlihat jelas perbedaan antara frugal living dengan gaya hidup pelit. Jika disimpulkan secara sederhana, frugal living berarti menerapkan hidup hemat dengan cerdik.

Manfaat

Kenali Penerapan Frugal Living
Photo by Karolina Grabowska: https://www.pexels.com/photo/crop-anonymous-financier-planning-budget-writing-numbers-in-notebook-4386339/

Dengan efisiensinya dalam pengelolaan keuangan, frugal living membawa manfaat tidak hanya untuk pribadi yang menerapkannya, namun juga kondisi lingkungan eksternal. Berikut adalah beberapa manfaat dari frugal living:

Menghemat biaya

Gaya hidup frugal living jika diterapkan dalam jangka panjang dapat memaksimalkan efisiensi biaya seseorang. Menerapkan frugal living berarti membelanjakan uang untuk barang-barang sesuai kebutuhan dengan penuh kesadaran dan pertimbangan akan nilai guna yang dimiliki. Sehingga, biaya menjadi hemat dan terhindari dari pengeluaran yang tidak penting.

Meningkatkan jumlah dana tabungan

Semakin kecil dan efisiennya biaya, maka semakin besar jumlah dana yang bisa disisihkan untuk tabungan atau investasi. Dana tabungan ini kemudian dapat menjadi pegangan finansial di masa yang akan datang. 

Efisiensi lingkungan

Gaya hidup frugal living juga memiliki relevansi yang cukup besar dengan minimalistik atau kesederhanaan, yaitu hanya membeli barang-barang sesuai kebutuhan saja. Oleh karena itu, semakin kecil potensi adanya sampah berlebih yang dapat merugikan lingkungan.

Tips Menerapkan Frugal Living

Kenali Penerapan Frugal Living
Photo by Anna Shvets: https://www.pexels.com/photo/woman-wearing-mask-in-supermarket-3962294/

Buatlah daftar prioritas kebutuhan

Langkah pertama dalam menerapkan frugal living adalah dengan menetapkan list prioritas kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari. Pastikan untuk memenuhi kebutuhan primer seperti makanan, listrik, air, atau tempat tinggal sebelum membeli kebutuhan lainnya.

Hindari impulsive buying

Kemudian, hindarilah impulsive buying. Biasakan untuk melakukan pertimbangan sebelum melakukan pembelian. Berpikirlah dua kali apakah barang tersebut dibeli untuk kebutuhan atau kesenangan sementara. Selain itu, dapat juga melakukan perbandingan dengan substitusi serupa untuk mencari nilai yang paling efisien.

Manfaatkan promo dan diskon

Dalam menjalani konsep frugal living, tidak ada salahnya memanfaatkan promo dan diskon dalam memenuhi kebutuhan. Apalagi ketika barang yang didapat memiliki kualitas yang sama dengan harga normal. 

Kenali Penerapan Frugal Living

Salah satunya adalah dengan memanfaatkan promo cicilan #Serbu! dari Danakini untuk pembelanjaan di Ace Hardware, Informa dan Selma. Diskon bunga hingga 0,99% untuk Sahabat Danakini yang ingin membeli perkakas, perabot atau interior rumah yang berkualitas dalam memenuhi kebutuhan.

About Author

Janice Lim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *