April 18, 2024

Bisnis Menjanjikan – Mendapatkan penghasilan tidak harus dengan menjadi karyawan, dan bisa saja didapatkan dimana saja. Terdapat banyak jenis peluang bisnis yang pastinya menjanjikan dan bisa menjadikan kamu memperoleh untung.

Untuk menjalankan suatu bisnis, diperlukan adanya perencanaan yang tepat agar bisnis dapat berkembang dan menghasilkan keuntungan. Sahabat Danakini harus dapat menentukan bisnis apa yang ingin kamu jalankan, mempelajari berbagai peluang pada bisnis, serta memiliki pemahaman pada kemampuan diri untuk menjalankan bisnis.

Keuntungan dari bisnis yang kamu jalankan bisa kamu gunakan untuk memenuhi kebutuhan dan gaya hidup. Namun perlu diingat, kamu harus memiliki mental yang kuat dengan kemungkinan merugi pada saat pertama membuka bisnis. 

Bisnis Menjanjikan
Image by rawpixel.com on Freepik

Menurut Self Employment Report 2018 dari Freshbooks Cloud Accounting, hampir 54% individu yang membangun bisnis mengaku bahwa pendapatannya meningkat. Maka dari itu, membangun sebuah bisnis pribadi memang menjanjikan keuntungan yang menggiurkan tergantung dari strategi dalam pengelolaannya.

Daftar bisnis yang menjanjikan dan menguntungkan:

Bisnis Menjanjikan
Image by rawpixel.com on Freepik

Membangun bisnis yang ramah lingkungan

Sahabat Danakini dapat membuat suatu produk yang bermanfaat dan ramah lingkungan agar bisnis yang dibangun dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama. Bisnis ramah lingkungan ini dapat diartikan sebagai salah satu peluang bisnis yang menggunakan bahan berkelanjutan. Beberapa contohnya adalah bisnis aksesoris berbahan dasar bekas, peralatan makan yang ramah lingkungan, katering sehat, dll. 

Dropshipper

Jenis bisnis ini merupakan seseorang yang menjual suatu produk dari supplier ke pelanggan. Bisnis ini adalah salah satu jenis yang tidak membutuhkan modal besar dan dapat dilakukan tanpa harus menyetok barang. 

Pengiriman dapat dilakukan dari produsen/supplier langsung ke pelanggan tanpa perantara. Selain itu, jenis bisnis ini memiliki waktu kerja yang fleksibel sehingga bisnis ini dapat dijadikan sebagai pekerjaan sampingan. 

Jasa titip

Jenis ini adalah bisnis yang memberikan penawaran kepada pembeli di suatu tempat agar dapat memperoleh keuntungan dari setiap harga barang. Bisnis ini tidak membutuhkan modal karena produk akan dibeli setelah mendapatkan pesanan dari pelanggan. Biasanya, pelanggan yang menggunakan bisnis jasa ini untuk mendapatkan produk yang diinginkan dari suatu tempat tanpa perlu pergi ke sana. 

Bisnis makanan ringan

Jenis bisnis ini tidak memerlukan modal yang besar dan bahkan dapat dijalani dari rumah. Kunci dari kesuksesan bisnis ini ada pada keunikan yang kamu tawarkan di dalam produk dan strategi pemasarannya. Kamu dapat memasarkan produk lewat berbagai media sosial sehingga orang lain dapat mengetahui bisnismu. 

Affiliate Marketing

Jenis bisnis ini merupakan salah satu metode dari pemasaran yang dimana seseorang akan memperoleh uang dari hasil mempromosikan produk pihak lain. Bisnis ini juga tidak memerlukan modal yang besar sehingga dapat dibilang salah satu usaha yang menjanjikan. 

Cara kerja bisnis ini adalah ketika pelanggan membeli suatu produk menggunakan kode referral yang telah kamu berikan maka komisi akan diberikan kepadamu sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati.

Tips memulai bisnis:

Image by tirachardz on Freepik

Mempersiapkan dasar dari bisnis yang akan dijalankan

Suatu bisnis harus memiliki tujuan serta visi misi yang jelas seperti apa bisnis kamu. Selain itu, tentukanlah berbagai nilai dalam bisnismu agar kamu memiliki panduan yang jelas dalam menjalankan bisnis. Dalam membuat suatu bisnis, kamu harus bisa melihat permasalahan yang sedang terjadi dan mampu untuk mengidentifikasi solusi apa yang dibutuhkan masyarakat. Hal tersebut dapat menjadi salah satu ide bisnis yang inovatif.

Membuat perencanaan yang matang

Agar bisnis sukses dan bertahan lama, sahabat Danakini harus bisa membuat perencanaan yang matang mulai dari nol misalnya dengan membuat business plan, menghitung modal, melakukan riset pasar, tentukan target konsumen, membuat customer journey, menganalisis kompetitor, mencari supplier terpercaya, dan menentukan perencanaan promosi.

Membangun branding 

Tips ini perlu dilakukan sebagai salah satu strategi awal dalam membangun bisnis agar identitas bisnis dapat diperhatikan oleh target konsumen. Untuk membangun branding, kamu bisa mulai dengan membuat logo yang khas dengan brand dan mudah untuk diingat sehingga akan terbangun brand identity, membuat website dan mengoptimalkan media sosial, serta dapat mengintegrasikan bisnis ke e-commerce agar produk dapat semakin mudah untuk diraih pelanggan. 

Memberikan pengalaman yang berkesan kepada pelanggan

Jika kamu sudah berada pada tahap ini, artinya bisnis sudah mulai dikenal oleh masyarakat sehingga perlu bagi bisnis meningkatkan penjualannya dengan memanjakan para pelanggan. Contohnya kamu bisa meningkatkan customer service, memperluas pengiriman, dll agar pelanggan dapat merasa nyaman dan menjadi loyal. 

Loyalitas pelanggan sangat diperlukan oleh semua bisnis karena hal tersebut merupakan perwujudan dari kesetiaan para pelanggan pada brand, produk/jasa secara terus menerus karena bisnis berhasil memberikan kepuasan yang tinggi serta citra yang positif ke benak para pelanggannya

Cukup banyak jenis usaha yang cukup menjanjikan dan dapat memberikan keuntungan. Untuk membuka bisnis, kamu bisa mencoba untuk memulai dengan hal yang kamu sukai. Yuk bangun bisnismu sekarang!

About Author

Grisela Felicia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *