February 27, 2024

Rumah yang nyaman tentunya menjadi idaman semua orang. Tergantung selera masing-masing, definisi rumah nyaman dapat terbagi ke dalam berbagai konsep. Mulai dari konsep mewah, klasik, mediteran, hingga minimalis. Ada beberapa orang yang merasa nyaman dengan furnitur yang mewah, ada juga yang merasa lebih nyaman di rumah dengan furnitur yang sederhana.

Photo by Andrew Neel

Di tengah perkembangan budaya yang modern dan serba praktis, gaya hidup minimalis kini menjadi favorit para generasi milenial. Oleh karena itu, mereka cenderung memilih furnitur dengan konsep minimalis ketika mengisi interior rumah. 

Konsep minimalis berarti sederhana, fungsional, modern, dan enak dilihat. Dengan konsep minimalis, rumah akan terlihat lebih tertata dan luas. Selain itu, nuansanya yang sederhana juga menimbulkan kesan nyaman bagi penghuni rumah.

Ciri-ciri furnitur dengan konsep minimalis adalah sederhana (compact), warna yang tidak mencolok, dan serbaguna (versatile). Untuk mewujudkan rumah minimalis idaman Sahabat Danakini, yuk cermati tips berikut!

Perhatikan Ukuran Furnitur

Photo by Christian Kaindl on Unsplash

Salah satu unsur penting dalam konsep minimalis adalah kesederhanaan. Pastikan terdapat ruang kosong yang cukup untuk bergerak sehingga ruangan tidak terkesan penuh. Pilihlah furnitur dengan ukuran yang sesuai dengan ruangan, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. 

Adanya penataan furnitur yang sesuai akan membuat ruangan terkesan lebih minimalis. Sedangkan, penempatan furnitur yang tidak sesuai dengan ukuran ruangan dapat menyebabkan ruangan terkesan terlalu kosong atau terlalu sempit.

Pilih Warna yang Senada

Tips Memilih Furnitur untuk Rumah Minimalis
Photo by Houzlook .com

Supaya terkesan minimalis, pilihlah furnitur dengan warna yang senada. Kombinasi furnitur dengan perpaduan warna yang harmonis dapat menimbulkan kesan indah pada ruangan.

Jangan lupa untuk menerapkan konsep minimalis dengan tidak memilih warna yang terlalu berwarna-warni atau warna yang mencolok. Supaya tetap sederhana, pilihlah warna yang soft seperti variasi warna pastel dipadu dengan warna monokrom seperti abu-abu, hitam, dan putih.

Warna merupakan unsur penting dalam membangun suasana ruangan. Oleh karena itu, penting untuk menentukan palet warna sebelum memilih furnitur supaya dapat membentuk penataan furnitur yang konsisten.

Sesuaikan Fungsi Furnitur dengan Kebutuhan

Photo by Medhat Ayad

Minimalis berarti mengutamakan fungsionalitas dalam penggunaan yang seminimal mungkin. Oleh karena itu, pemilihan furnitur berdasarkan konsep minimalis akan lebih mengutamakan fungsi dari furnitur tersebut. Pilihlah furnitur yang benar-benar dibutuhkan pada ruangan tersebut. Jangan sampai ada furnitur yang tidak terpakai dan hanya memenuhi ruangan saja.

Kemudian, supaya lebih minimalis, Sahabat Danakini juga dapat memilih furnitur yang multifungsi untuk meningkatkan efisiensi ruangan. Sebagai contoh dengan memilih sofabed yang dapat digunakan sebagai sofa sekaligus tempat tidur. Atau laci yang dapat ditarik menjadi meja makan. Selain bermanfaat untuk dua hal sekaligus, furnitur yang multifungsi juga dapat menghemat area ruangan yang digunakan.

Buat Gambaran Layout Furnitur

Photo by Anete Lusina

Seluruh tahapan sebelumnya dapat dirangkum dengan membuat gambaran (blueprint) atas tata interior yang ingin dibuat. Mulai dari tata letak penempatan, suasana yang diinginkan, hingga perpaduan warna furnitur dengan warna tembok. Adanya penggambaran atas layout interior akan membantu Sahabat Danakini untuk memilih furnitur yang tepat bagi konsep minimalis yang diinginkan.

Supaya lebih mudah, Sahabat Danakini dapat menggunakan jasa desain interior untuk mendapat gambaran visual terhadap ruangan yang ingin ditata. Kemudian, Sahabat Danakini juga dapat pergi ke toko furnitur untuk melihat langsung bahan, warna, dan bentuk fisik dari furnitur yang dibutuhkan.

Nah, Informa sebagai salah satu toko furnitur terbesar di Indonesia menyediakan banyak variasi furnitur minimalis untuk melengkapi interior rumah Sahabat Danakini. Di setiap store Informa juga terdapat staff yang siap melayani Sahabat Danakini dalam menemukan furnitur yang pas.

Membangun susunan interior minimalis dapat terkesan mahal dan membutuhkan biaya yang banyak. Namun jangan khawatir karena Danakini menawarkan solusi hemat untuk Sahabat Danakini.  

Dengan menggunakan cicilan KiniCintaku dari Danakini, Sahabat Danakini dapat menikmati promo #Duaar!! dengan keringanan bunga hingga 0,99% saja! Tunggu apa lagi? Segera download aplikasi Danakini, klaim promonya, dan dapatkan furnitur untuk rumah minimalis idaman Sahabat Danakini!

About Author

Janice Lim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *