April 18, 2024

Tips Mempersiapkan Dana untuk Menonton Konser – Setelah hampir 3 tahun Indonesia dilanda pandemi Covid-19 yang mengakibatkan semua konser ditiadakan, akhirnya dari pertengahan tahun 2022 hingga saat ini konser musik digelar kembali di Indonesia. 

Tahun 2023 ini, kabarnya akan ada banyak musisi lokal hingga internasional yang dikabarkan akan menggelar konser di Indonesia seperti Coldplay, NIKI, Bring Me the Horizon, dan lainnya. Belum lama ini girl group asal Korea yaitu Blackpink juga sukses melaksanakan konsernya di Indonesia pada 11-12 Maret 2023 lalu. 

Dari kesuksesan pada berbagai konser yang telah digelar tentu saja menjadi salah satu awal yang baik dalam mendukung kebangkitan ekonomi di sektor industri kreatif Indonesia pasca pandemi. Konser musik memiliki peran yang cukup besar dalam memutar roda perekonomian dan mempromosikan Indonesia secara lebih luas.

Tips Mempersiapkan Dana untuk Menonton Konser
Image by Drazen Zigic on Freepik

Setiap jenis konser pastinya mempunyai harga tiket yang berbeda-beda salah satunya tergantung pada seberapa terkenal penyanyi tersebut. Semakin terkenal penyanyinya maka tiket konser yang akan ditawarkan juga semakin mahal. 

Baru-baru ini, banyak masyarakat yang antusias menanti kedatangan Coldplay yang akan menggelar konser bertemakan “Music of the Spheres World Tour”. Konser yang terbilang cukup mahal tersebut nyatanya tidak mempengaruhi antusiasme masyarakat. 

Dengan banyaknya kebutuhan dan keperluan di masa depan termasuk untuk hiburan, menabung dan investasi menjadi salah satu cara agar keuangan lebih terkontrol. Salah satunya menonton konser, yang membutuhkan biaya yang tidak sedikit di luar dari kebutuhan primer. 

Para penggemar musik tentu saja harus pintar dalam menabung serta mengatur pengeluaran agar dapat menonton konser impiannya. Maka dari itu, berikut tips menabung yang perlu kamu lakukan untuk tiket konser impianmu:

Tips Mempersiapkan Dana untuk Menonton Konser
Image by Freepik

Ubah gaya hidup konsumtif menjadi produktif

Agar tabungan cepat terkumpul, kamu bisa mengurangi kebiasaan untuk nongkrong di cafe dan mengalokasikan uang untuk ditabung. Selain itu, kamu bisa hemat dengan membawa bekal dari rumah agar dana lebihnya bisa ditabung untuk tiket konser impianmu. 

Melakukan perencanaan keuangan

Satu tiket konser saja seseorang dapat mengeluarkan uang ratusan ribu bahkan hingga belasan juta. Maka dari itu, sahabat Danakini memerlukan adanya rencana keuangan agar tidak boncos setelah nonton konser. 

Kamu bisa memulainya dengan mencatat segala hal yang akan dikeluarkan seperti tiket konser, biaya transportasi, konsumsi, dll. Dengan melakukan perencanaan keuangan, kamu juga bisa memperkirakan berapa dana yang dapat dialokasikan untuk menabung.

Memisahkan dana tabungan untuk konser

Tabungan untuk menonton konser lebih baik dipisah agar tidak terpakai untuk kebutuhan lainnya. Tips ini dapat dilakukan agar kamu bisa tahu berapa total yang akan dikeluarkan serta berapa lama uang akan terkumpul untuk menonton konser. 

Selain itu, sahabat Danakini juga harus konsisten dalam menabung ya! Agar target dapat tercapai sesuai dengan waktu yang telah kamu tentukan. 

Mencari penghasilan tambahan

Selain berhemat, sahabat Danakini juga bisa lho mencari sumber penghasilan tambahan agar penghasilan pokok yang dimiliki tidak terganggu. Jika kamu punya skill di luar pekerjaan utama, kamu bisa jadikan itu sebagai sumber penghasilan. Contohnya jika kamu memiliki skill masak, kamu bisa menjual hasil masakanmu dan membuka peluang bisnis online. 

Membuat tabungan terpisah

Agar kamu bisa konsisten untuk menabung, memiliki tabungan yang terpisah adalah salah satu tips agar kamu memiliki pengaturan keuangan yang jelas. Jika tabungan untuk menonton konser dicampur dengan tabungan lainnya maka bisa saja kamu akan menggunakan dana tersebut untuk keperluan lain. 

Selain itu, kamu juga bisa merasa kamu memiliki tabungan yang besar sehingga berdampak pada rasa ingin berhenti menabung dan berpikir bahwa biaya untuk konser sudah terpenuhi. 

Tips Mempersiapkan Dana untuk Menonton Konser
Image by Drazen Zigic on Freepik

Selain beberapa tips di atas, sahabat Danakini juga harus mengetahui berapa banyak konser yang akan kamu tonton dalam satu periode waktu agar pengeluaran kamu tidak membengkak dan kamu masih punya simpanan untuk masa depan.

Gampang banget kan? Itu dia tips menabung untuk kamu yang mau nonton konser idola. Yuk semangat dalam menabung agar sahabat Danakini bisa segera bertemu dengan idola.

About Author

Grisela Felicia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *