April 13, 2024

Sahabat Danakini, tips utama dari financial freedom di usia muda adalah dengan jangan menghambur-hamburkan uang. Sebenarnya hal ini dapat dilakukan dengan lebih memprioritaskan pada kebutuhan saja, bukan keinginan semata. Namun, kenyataannya masih banyak orang yang membeli barang tidak sesuai kebutuhan.

Apabila ingin menjadi orang yang mandiri secara finansial maka Sahabat Danakini  bisa menerapkan tips yang diberikan oleh Dave Ramsey. Langkah-langkah ini mungkin bisa Sahabat Danakini lakukan agar keuangan menjadi lebih teratur.

Tips Financial Freedom di Usia Muda

Image by Freepic.diller on Freepik

Financial freedom merupakan kondisi di saat seseorang tidak memiliki pertimbangan dalam membeli sesuatu misalnya membeli ponsel atau mobil. Jadi ketika ingin membeli sesuatu, uangnya selalu ada.

Dave Ramsey merupakan ahli di bidang keuangan asal Amerika Serikat. Dahulu Dave Ramsey juga bukan orang yang kaya, bahkan Ia pernah bangkrut uang jutaan dolar. Berikut ini tips-tips financial freedom di usia muda ala Dave.

1. Melunasi Hutang Menggunakan Metode Snowball

Image by Wayhomestudio on Freepik

Cara pertama adalah melunasi hutang dengan menggunakan sistem Snowball, hal ini pun tentunya juga sudah dilakukan Dave Ramsey setelah memiliki dana darurat. Sahabat Danakini dapat mulai melunasi semua hutang kecuali KPR rumah.

Snowball adalah sebuah metode untuk melunasi piutang mulai dari nominal terkecil dahulu. Snowball sering mendapatkan kritikan dari pakar keuangan karena mereka memiliki pendapat sebaliknya. Namun, jika melunasi hutang besar seseorang itu akan merasa kesulitan.

2. Menginvestasikan 15% Pemasukan Buat Masa Depan

Tips financial freedom di usia muda berikutnya menurut Dave adalah dengan menginvestasikan pemasukannya sebesar 15% untuk kebutuhan di masa depan. Walaupun masa depan masih terlihat jauh, akan tetapi sebaiknya mulai dipikirkan sejak sekarang yaitu dengan berinvestasi.

Akan tetapi penting untuk diperhatikan ketika melakukan investasi adalah sudah memiliki simpanan dana terlebih dahulu. Jika belum maka hati akan merasa takut akan gagal dalam investasi. Selain itu, Sahabat Danakini juga harus tahu alasan mengapa memilih jenis investasi tersebut.

3. Melunasi KPR Rumah

Image by freepik

Langkah selanjutnya menurut Dave adalah dengan melunasi KPR Rumah. Bayangkan setelah menghabiskan waktu lama untuk mencicil rumah, ketika rumah sudah lunas itu adalah hal membahagiakan, pasti memiliki rasa kepuasan tersendiri.

Setelahnya tidak perlu lagi membayar biaya KPR rumah karena biayanya pasti sangat tinggi. Apalagi biasanya biaya KPR rumah itu biasanya lebih mahal daripada membeli rumah secara kontan.

4. Menabung Sebagai Dana Darurat

Menabung adalah tips financial freedom di usia muda menurut Dave Ramsey. Dapat diambil contoh gaji di Jakarta sebesar 4 jutaan rupiah. Dari 4 juta kemudian diambil 3.4 juta sebagai dana darurat karena tidak ada yang tahu masalah di masa mendatang.

Hal-hal darurat itu contohnya adalah jatuh sakit, membutuhkan pengobatan, perbaikan rumah, ada barang rusak dan sebagainya. Tentu saja untuk mengatasi permasalahan tersebut sangat membutuhkan uang atau dana darurat.

5. Menabung Sampai Memiliki Tabungan 3 – 6 Bulan

Image by Wirestock on Freepik

Setelah semua hutang lunas rasanya pasti sangat lega sekali. Oleh karena itu, langkah berikutnya adalah menabung dan memiliki dana darurat sejumlah 3 sampai 6 bulan pemasukan.

Jika sudah memiliki tabungan darurat dan kehilangan pekerjaan maka bisa menggunakan uang tersebut. Jadi selama menggunakan uang tersebut Sahabat Danakini dapat mencari pekerjaan baru. Jadi tidak perlu lagi pusing untuk bertahan hidup.

6. Memiliki Tabungan Pendidikan Untuk Anak

Cara agar bisa financial freedom di usia muda adalah sudah mulai menyisihkan uang buat biaya pendidikan anak. Ini adalah cara paling baik agar anak mendapatkan kualitas pendidikan terbaik.

Dave Ramsey juga menerangkan bahwa pendidikan itu sangat penting oleh karena itu persiapannya juga harus matang. Apabila ada dana, maka akan lebih mudah untuk menyekolahkan anak di tempat yang tepat.

7. Beramal

Image by Freepik

Penting untuk tetap beramal ketika sudah memasuki masa mandiri secara finansial. Ini juga dilakukan oleh Dave karena menurutnya dengan beramal bisa membantu meringankan beban banyak orang. Salah satu contoh orang kaya dan suka beramal adalah Bill Gates.

Masalah keuangan adalah masalah krusial dalam kehidupan apalagi jika Anda sudah berumah tangga tentu harus pintar mengaturnya. Dengan tujuh langkah financial freedom di usia muda dari Dave Anda bisa mengelola finansial lebih baik.

Nikmati ragam fasilitas finansial dari Danakini dengan mengunduh aplikasi Danakini melalui Apps Store dan Play Store.

About Author

Grace Kezia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *