March 28, 2024

Sahabat Danakini, sudah akhir tahun, gimana nih kondisi finansial kalian? Tahun baru memang menjadi waktu yang tepat untuk memulai dan menentukan tujuan keuangan baru serta merefleksi diri dari kondisi keuangan di tahun sebelumnya. Buat sahabat Danakini yang masih bingung bagaimana sih cara mengatur keuangan di tahun baru, sini Danakini akan bantu jabarkan.

Terlepas dari apapun tujuan keuangan yang ingin Anda capai, penting bagi Anda untuk mengatur keuangan dengan baik. Berikut merupakan 5 langkah mudah cara mengatur keuangan di tahun baru.

Membuat Perencanaan Keuangan

Cara Mengatur Keuangan
Sumber: Photo by Gabrielle Henderson on Unsplash

Langkah awal untuk memulai mengatur keuangan di tahun baru adalah membuat estimasi pengeluaran yang akan datang. Misalnya pengeluaran makan, transportasi, biaya listrik, dan biaya-biaya lainnya yang dapat disesuaikan dengan diri Anda. Untuk memastikan keuangan Anda tetap sehat setiap bulan pastikan pengeluaran Anda tidak melebihi pemasukan yang diterima. Oleh karena itu, penting untuk membuat catatan pengeluaran dan pemasukan secara detail untuk membantu Anda melihat kondisi keuangan Anda. Membuat perencanaan keuangan ini juga penting untuk menentukan tujuan keuangan sahabat Danakini dalam jangka panjang ataupun pendek.

Prioritaskan Kebutuhan, Hutang, dan Cicilan

Setiap bulan pasti ada biaya yang harus dikeluarkan, tetapi dari semua biaya tersebut pastikan Anda memprioritaskan untuk membayar kebutuhan, hutung, dan cicilan terlebih dahulu. Memiliki hutang atau cicilan yang bersifat konsumtif memang tidak dianjurkan, tetapi dalam praktiknya kadang sulit untuk menghindari hal tersebut, apalagi jika produk atau jasa yang dicicil memang dibutuhkan. Oleh karena itu, sahabat Danakini harus memprioritaskan pembayaran tersebut, terlebih karena hutang atau cicilan yang terlambat dibayar dapat berakibat denda.

Setelah prioritas pengeluaran telah dibayarkan cek kembali perencanaan keuangan Anda dan pilah-pilah pengeluaran lainnya, seperti pengeluaran hiburan, investasi, dan dana darurat sesuai dengan pendapatan Anda.

Utamakan Menabung

Cara Mengatur Keuangan
Sumber: Photo by Towfiqu barbhuiya on Unsplash

Cara mengatur keuangan di tahun baru selanjutnya adalah mengutamakan menabung. Seberapa besar apapun pendapatan Anda, pastikan untuk selalu mengutamakan menabung. Pastikan Anda menabung sekian persen dari jumlah pendapatan Anda. Hal ini mungkin akan sulit dilakukan karena ada saja pengeluaran yang bisa terjadi. Namun, dengan disiplin, sahabat Danakini nantinya akan mulai terbiasa untuk menyisihkan dana tabungan.

Tabungan memang menjadi faktor yang sangat penting, apalagi mengingat uang tersebut akan dibutuhkan di masa depan. Oleh karena itu, pastikan sahabat Danakini rutin menabung setiap bulannya.

Memiliki Penghasilan Tambahan

Jika sahabat Danakini adalah seorang pekerja kantoran, gaji yang didapatkan hanya berkisar segitu-segitu saja. Padahal, pengeluaran selalu naik setiap tahunnya. Untuk itu, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba mencari penghasilan tambahan.

Mungkin agak sulit untuk mencari penghasilan tambahan dari pekerjaan lain mengingat kebanyakan perusahaan tidak memperbolehkan karyawan untuk bekerja di tempat lain. Oleh karena itu, Anda mungkin dapat mencoba investasi kecil-kecilan seperti di reksadana atau emas, selain itu Anda juga bisa mencoba jenis investasi lainnya yang lebih sesuai dengan kebutuhan sahabat Danakini. 

Mengevaluasi Kesalahan Keuangan Tahun Lalu

Cara Mengatur Keuangan
Sumber: Photo by Scott Graham on Unsplash

Setiap orang pasti melakukan kesalahan, baik disengaja atau tidak. Nah, sahabat Danakini cara mengatur keuangan di tahun baru yang terakhir adalah dengan mengevaluasi diri dari kesalahan keuangan di tahun lalu. 

Sebelum memulai menjalankan perencanaan bulanan atau tahunan yang akan datang sebaiknya Anda merefleksikan diri dengan melihat kesalahan keuangan tahun lalu. Apakah mungkin Anda terlalu banyak mengeluarkan uang untuk bersenang-senang atau mungkin besaran tabungan kurang memadai. Belajar dari kesalahan-kesalahan tersebut dapat mengantisipasi terjadinya kesalahan yang sama dan untuk memperoleh hasil yang maksimal untuk mencapai tujuan keuangan di tahun baru.

Demikian beberapa uraian dan cara mengatur keuangan di tahun baru yang semoga dapat menjadi referensi bagi sahabat Danakini untuk mengatur keuangan di tahun 2023. Tidak terasa ya sahabat Danakini, tahun terus berganti. Untuk menjaga keuangan Anda di tahun depan, Anda juga dapat menggunakan Danakini, aplikasi fintech dengan berbagai layanan sesuai dengan kebutuhan Anda. Langsung unduh aplikasi Danakini dan cek layanan-layanan yang tepat untuk Anda di bawah ini.

Nikmati ragam fasilitas finansial dari Danakini dengan mengunduh aplikasi Danakini melalui Apps Store dan Play Store.

About Author

Indakhila Putri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *