April 13, 2024
Mudahnya Menggali Data Pribadi
Photo by John Schnobrich on Unsplash

Di era perkembangan teknologi yang sangat pesat tentunya akan memudahkan Sahabat Danakini untuk menggali data pribadi. Mudahnya menggali data pribadi seseorang, Sahabat Danakini hanya perlu bermodalkan nama lengkap, foto, dan lain sebagainya. Selain itu, banyaknya akses media yang dapat digunakan untuk menggali informasi terhadap data diri seseorang seperti google, media sosial, linkedin, dan lain-lain. 

Oleh karena itu, melindungi data pribadi di internet sangat penting dilakukan untuk menghindari kebocoran data, terlebih jika data tersebut bersifat privasi. Untuk mencegah terjadinya kejahatan siber pada era digital seperti sekarang ini, maka diperlukan cara melindungi data pribadi di internet agar data tidak bocor yang menyebabkan data bisa disalahgunakan nantinya.

Umumnya kejahatan siber adalah pencurian data, penipuan, pembobolan kartu kredit, sampai dengan pencemaran nama baik. Sahabat Danakini juga perlu memahami bagaimana cara kerja siber yang canggih dalam membobol data agar dapat menghindari kebocoran data. Pasalnya, hal ini perlu dipahami oleh setiap orang. 

Cara Melindungi Data Pribadi di Internet

Mudahnya Menggali Data Pribadi
Sumber: theonebrief.com

1. Memastikan Data Terenkripsi

Cara melindungi data pribadi di internet yang pertama adalah memastikan bahwa data telah terenkripsi. Di dalam setiap situs biasanya memiliki sistem keamanan enkripsi untuk memastikan data terkode dengan aman saat mengirim ke situs. Contohnya adalah pada setiap situs terdapat secure http atau https dan sertifikasi ssl. Sebuah situs dengan keamanan data enkripsi bisa diketahui jika terdapat https pada alamat situs. Keamanan juga bisa dilihat dengan adanya logo gembok yang di sebelah kiri tautan situs.

2. Hati-Hati Menggunakan Jaringan Wi-Fi

Apabila Sahabat Danakini sering menggunakan jaringan WiFi, tentu Sahabat Danakini harus waspada, karena menggunakan WiFi di tempat umum juga perlu diperhatikan penggunaannya. Meskipun keuntungannya Sahabat Danakini dapat menggunakan internet secara gratis, namun tetap perlu waspada karena jaringan ini bisa digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab dalam mencuri data pribadi. Hal ini biasanya dilakukan dengan menggunakan access point palsu, contohnya ketika seseorang login WiFi ataupun login ke suatu situs menggunakan jaringan WiFi ini maka data pribadinya bisa tercuri. Hindarilah access point yang berisi informasi pribadi, username, atau password.

3. Hindari Klik Sembarang

Cara melindungi data pribadi di Internet selanjutnya adalah dilarang untuk klik secara sembarang yang mengatasnamakan sebuah organisasi atau instansi. Karena link tersebut bisa menjadi sebuah jebakan dalam mencuri data pribadi. Cek kembali domain situs, domain situs resmi pemerintahan adalah menggunakan go.id contohnya http://kemdikbud.go.id/.

4. Gunakan Password yang Rumit

Cara melindungi data pribadi di internet adalah dengan menggunakan kata sandi yang rumit. Hindari penggunaan kata sandi yang mudah ditebak, seperti nama atau tanggal lahir. Kemudian ganti kata sandi secara berkala agar data Sahabat Danakini tetap aman.

Dibalik kebutuhan internet di era sekarang ini yang semakin meningkat, ada bahaya dan risiko dari keamanan data pribadi. Terlebih serangan dari hacker cukup banyak dengan tujuan untuk meraup keuntungan dari pengguna internet. Persoalan keamanan data internet menjadi penting diketahui setiap masyarakat, apabila masyarakat tidak memiliki literasi digital yang cukup, maka kebocoran data atau pencurian data ini bisa dengan mudah terjadi. 

Berikut adalah tips dalam melindungi data yang perlu kamu ketahui.

  1. Gunakan perangkat lunak (software) yang legal. Software yang legal akan selalu ada pembaruan untuk menambah keamanan pada software dan mencegah bug yang mungkin saja muncul. Software ilegal biasanya tidak akan ada update terkini atau secara berkala. Hal ini menjadi bahaya bagi pengguna karena membuka celah peretas dalam melancarkan aksinya dalam hack atau pencurian data pengguna.
  2. Pastikan Sahabat Danakini tidak menunjukkan data pribadi, seperti e-mail, password, dan lain sebagainya kepada orang lain. Dengan cara itu akun pengguna tetap terjaga kerahasiannya dan tercegah dari serangan siber.
  3. Penggunaan dompet digital dapat menjadi pilihan untuk mengamankan data informasi. Hal ini karena penggunaan dompet digital dianggap lebih aman disamping kita menghindari penggunaan kartu debit dan kredit secara langsung.

Nah itu dia cara melindungi data pribadi di Internet serta tips yang dapat dilakukan oleh Sahabat Danakini agar terhindar dari kejahatan siber. Mudahnya menggali data pribadi di internet memang memberi kemudaha tersendiri, tetapi bukan berarti kita tidak dapat melindungi data pribadi dari bagaya tersebut.

Nikmati ragam fasilitas finansial dari Danakini dengan mengunduh aplikasi Danakini melalui Apps Store dan Play Store.

About Author

Grace Kezia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *