February 7, 2023

Sahabat Danakini, dalam dunia modern ini kebanyakan orang saat ini punya kartu kredit. Selain memberikan keuntungan memberikan opsi pembayaran di akhir bulan dan cicilan, kartu kredit juga praktis digunakan, apalagi saat ini kebanyakan tempat menerima pembayaran menggunakan kartu kredit. Kartu kredit juga dapat digunakan di mancanegara, sehingga semakin memudahkan penggunanya.

Berdasarkan alasan tersebut, banyak orang memilih untuk membuat kartu kredit. Meskipun kebanyakan orang memiliki kecenderungan untuk menggunakan kartu kredit terus menerus, tetapi terdapat juga tipe orang yang memiliki kartu kredit, tetapi tidak digunakan secara aktif.

Perlu disadari jika Anda punya kartu kredit, tetapi tidak pernah dipakai juga dapat berfek negatif kepada kehidupan finansial sahabat Danakini lho.

Efek Memiliki Kartu Kredit, Tetapi Tidak digunakan

Sahabat Danakini perlu berhati-hati karena jika Anda memiliki kartu kredit, tetapi tidak pernah dipakai karena ada beberapa efek negatif yang bisa Anda rasakan. Mari kitas simak efek-efek tersebut di bawah ini.

Photo by rupixen.com on Unsplash

Annual Fee Kartu Kredit

Kartu kredit memiliki biaya tahunan yang disebut annual fee atau iuran tahunan. Nominal yang ditetapkan pada annual fee bermacam-macam, bergantung dari jenis kartu kredit yang Anda gunakan (Silver, Gold, Platinum). Semakin eksklusif kartu kredit yang dimiliki, maka semakin besar pula annual fee  yang harus dibayarkan.  

Sekalipun kartu kredit tidak digunakan, annual fee akan tetap berjalan. Tentunya hal ini akan merugikan nasabah. Oleh karena itu alangkah lebih baiknya bila jika kartu tidak digunakan sebaiknya ditutup terlebih dahulu.

Utang Menumpuk

Secara tidak sadar, iuran tahunan yang tidak dibayarkan akan menumpuk setiap tahunnya. Beban ini akan membuat utang kita akan semakin bertambah. Sebab dengan tidak digunakannya  kartu selama terus menerus akan membuat pemilik terkadang lupa. Sehingga utang dari bunga iuran tahunan akan semakin bertambah.

Sulit Mendapatkan Personal Loan

Jika utang dari kartu kredit yang tidak disadari menumpuk terus menerus bukan tidak mungkin nama Anda akan dimasukan ke dalam blacklist bank Indonesia. Jika sampai terjadi, maka akan sulit untuk mendapatkan pinjaman atau layanan keuangan lainnya dari bank, lembaga keuangan, sampai fintech.

Personal loan sangat bergantung dengan skor kredit Anda, sebagai gantinya skor kredit Anda akan dinilai berdasarkan kemampuan Anda dalam membayar tagihan, salah satunya dari kartu kredit. Oleh karena itu, sahabat Danakini harus memastikan kalau skor kredit Anda memiliki nilai bagus.

Masalah Keamanan Kartu

Ketika jarang menggunakannya suatu barang, sudah pasti akan lebih mudah untuk melupakan barang tersebut. Tentunya hal ini cukup berbahaya jika membicarakan kartu kredit. Kalau Anda tidak menyadari kartu kredit hilang atau kecolongan, bukan tidak mungkin kartu kredit tersebut sudah terlanjur dipakai dan akan memberikan kerugian bagi sahabat Danakini.

Dinonaktifkan oleh Bank

Kemungkinan yang sudah pasti akan banyak terjadi adalah penonaktifan oleh pihak bank penerbit kartu kredit. Apabila bank kartu kredit telah melakukan penonaktifan memang kita akan terbebas dari utang yang bertumpuk akibat iuran tahunan, namun kita kehilangan kesempatan untuk memanfaatkan manfaat dari kartu kredit.

Beberapa bank memang tidak secara langsung menutupnya, tetapi juga tidak membebankan iuran tahunan apabila dalam jangka waktu tertentu kartu tidak digunakan. Namun jangan kuatir, pihak bank penerbit kartu akan memberitahukan sebelumnya kepada kita perihal penonaktifan tersebut.

Kehilangan Manfaat Kartu Kredit

Efek paling terakhir adalah sahabat Danakini akan kehilangan kesempatan untuk mendapatkan manfaat dari kartu kredit tersebut. Seperti contohnya cash back setiap pembelian produk tertentu tau juga bahkan cicilan dengan bunga 0%..

Manfaatkan Cicilan Tanpa Kartu Kredit

Punya Kartu Kredit
Photo by Jacek Dylag on Unsplash

Tidak dapat dipungkiri kalau kartu kredit memiliki banyak manfaat bagi pemegangnya jika digunakan dengan baik. Namun, semua itu kembali kepada kebutuhan masing-masing. Apakah saat ini Anda sedang membutuhkan kartu kredit atau mungkin Anda tergolong orang yang tidak terlalu sering menggunakannya.

Bagi sahabat Danakini yang ingin mendapatkan manfaat kartu kredit tanpa memiliki kartu kredit, mungkin Anda bisa mencoba kiniCintaku (kini cicilan tanpa kartu kredit) dari Danakini. Nikmati fasilitas pembayaran cicilan tanpa menggunakan kartu kredit dengan tenor ringan dan bunga yang kompetitif. 

Info lebih lanjut cek di sini

Nikmati ragam fasilitas finansial dari Danakini dengan mengunduh aplikasi Danakini melalui Apps Store dan Play Store.

About Author

Indakhila Putri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *