February 7, 2023

Bulan inklusi keuangan merupakan kegiatan khusus yang menjadi akses bagi lembaga, layanan, dan produk keuangan untuk dikenal dan digunakan oleh masyarakat secara luas. Kegiatan ini rutin diadakan setiap tahun oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Penyelenggaran kegiatan ini diadakan setiap tahun dengan berbagai tema yang berbeda. Tahun ini, tema yang diangkat mengenai pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi COVID-19. Untuk lebih jauh tentang kegiatan Bulan Inklusi Keuangan (BIK), berikut ini uraiannya.

Sekilas Tentang Bulan Inklusi Keuangan Tahun 2022

Rangkaian kegiatan BIK tahun 2022 diadakan pada tanggal 1-31 Oktober. Sementara acara puncak diselenggarakan pada tanggal 29 Oktober 2022 di Mall Central Park. Tema yang diusung tahun ini adalah “Inklusi Keuangan Meningkat, Perekonomian Semakin Kuat”.

Adapun pada bulan tersebut akan diadakan berbagai event menarik seputar inklusi keuangan. Menariknya dalam kegiatan ini OJK akan bekerjasama dengan badan keuangan lainnya. Berikut merupakan events-events yang disediakan dalam kegiatan BIK 2022.

BUlan Inklusi Keuangan
Photo by Brooke Cagle on Unsplash

1. Kampanye dan Publikasi

Kampanye dan publikasi ditujukan untuk meningkatkan daya tarik masyarakat terhadap produk ekonomi. Salah satunya dengan menjual layanan dan produk disertai dengan promosi menarik seperti discount, cashback, merchandise, dan lainnya.

2. Edukasi dan Sosialisasi

Kegiatan ini meliputi proses edukasi mengenai tata cara aktivasi produk keuangan baik secara online maupun offline dan dilaksanakan di seluruh daerah yang ada di Indonesia.

3. Media Gathering

Media gathering merupakan momentum terbuka untuk membantu masyarakat dapat dekat dengan pelaku keuangan. Di sini masyarakat dapat bertanya apapun tentang produk dan layanan keuangan.

4. FinExpo

FinExpo merupakan kegiatan pameran seputar produk keuangan yang dilaksanakan secara online maupun offline. Fungsinya adalah untuk mengenal layanan atau produk keuangan terbaru dan terbaik tahun 2022.

5. Puncak Acara BIK

Pada puncak acara akan diselenggarakan pengumuman hasil perlombaan dan kompetisi seputar BIK 2022. Lalu diikuti dengan penyampaian hasil capaian BIK tahun 2022. Tentunya tidak lupa memberikan hiburan kepada para pengunjung.

Peran Penting Bulan Inklusi Keuangan Dalam Perekonomian

Kegiatan BIK tahun ini mengusung tema pemulihan ekonomi nasional. Oleh karena itu, kegiatan ini menjadi kesempatan emas bagi siapapun dalam meningkatkan perekonomian. Berikut ini alasan kenapa BIK wajib diikuti oleh masyarakat Indonesia.

1. Membuka Akses Keuangan

Kegiatan BIK dapat membantu akses keuangan menjadi lebih mudah karena pelaksanaannya difasilitasi oleh pemerintah. Kerjasama juga dilakukan dengan banyak lembaga keuangan resmi, seperti bank, penyedia kredit, bisnis, dan lainnya.

Keuntungan mengikuti event ini adalah kemudahan dan keamanan akses untuk ikut serta menjadi pengguna produk atau layanan keuangan menjadi terjamin. Akses yang diberikan berupa pembukaan rekening, pemberian kredit mikro, matching business, dan banyak lainnya.

2. Membuka Wawasan Tentang Menabung

Webinar dan sosialisasi tentang wawasan menabung juga dijadikan latar belakang kegiatan. Seiring dengan isu resesi ekonomi yang mengancam di tahun 2023, tentu menabung menjadi ilmu penting yang harus dimiliki oleh semua orang.

Pelaksanaan kegiatan ini diadakan di seluruh Indonesia, dalam bentuk sosialisasi ataupun webinar. Untuk proses daftar Bulan Inklusi Keuangan 2022 terbuka untuk umum. Namun, pelaksanaan di setiap daerah tentu saja berbeda.

3. Meningkatkan Kepedulian Terhadap Perekonomian

Menyesuaikan dengan temanya yakni untuk peningkatan inklusi keuangan dan membangkitkan perekonomian Indonesia, maka acara ini akan difokuskan untuk membantu masyarakat dari kelas manapun dapat memiliki akses keuangan yang lebih mudah.

Salah satunya dalam bentuk pinjaman mikro dan matching business. Pinjaman ini berguna untuk memperkuat perekonomian masyarakat melalui bantuan tambahan modal dan kerjasama.

4. Mendorong Penggunaan Jasa dan Produk Keuangan

Ada kegiatan pameran dan publikasi produk ekonomi untuk meningkatkan penggunaan produk keuangan. Dorongan ini diberikan untuk menumbuhkan rasa kepedulian masyarakat terhadap perekonomian di masa depan. Salah satunya dalam bentuk pembukaan rekening bank.

Nantinya akan ada banyak bank ataupun lembaga resmi lain membuka akses pendaftaran dalam kegiatan BIK. Kemudahan ini untuk mendorong minat masyarakat terhadap produk/layanan terpercaya.

5. Kepedulian Terhadap Literasi dan Perlindungan Konsumen

Terakhir adalah melaksanakan kegiatan literasi dan publikasi produk/layanan terbaru serta informasi mengenai perlindungan konsumen. Terutama di tengah maraknya produk keuangan digital, maka masyarakat dituntut harus cermat memahami hak dan kewajiban konsumen yang dilindungi oleh hukum.

Nah, bagi Sahabat Danakini yang tertarik dengan kegiatan ekonomi, maka dapat mengikuti Bulan Inklusi Keuangan yang diadakan di setiap daerah. 

Nikmati ragam fasilitas finansial dari Danakini dengan mengunduh aplikasi Danakini melalui Apps Store dan Play Store.

About Author

Grace Kezia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *