December 7, 2022
Tips Membagi Gaji Bulanan
Sumber: Pixabay.com

Tips membagi gaji bulanan berperan penting mengontrol keuangan. Skill ini wajib dimiliki oleh siapapun agar kehidupan finansial di masa depan stabil. Untuk membagi gaji agar terkontrol dengan baik bukanlah hal sulit.

Dari semua tahap pengaturan gaji bulanan, bagian tersulit adalah menabung. Sering kali gaji terasa kurang dan habis sebelum waktu satu bulan. Jika ini terjadi pada Sahabat Danakini, maka sebaiknya perbaiki keuangan Sahabat Danakini sekarang juga.

Cara berikut ini tentu dapat membantu Sahabat Danakini dalam mengontrol gaji bulanan secara optimal. Jangan khawatir, caranya sangat mudah dan dapat dilakukan dengan nominal gaji berapapun. Kuncinya adalah konsisten dan disiplin dengan tujuan mengontrol keuangan.

Tips Membagi Gaji Bulanan Agar Tetap Bisa Menabung

Tips Membagi Gaji Bulanan
Photo by Towfiqu barbhuiya on Unsplash

1. Membuat Anggaran Bulanan

Membuat anggaran bulanan adalah langkah dasar mengatur keuangan. Selain itu cara ini juga berguna untuk memperkirakan kemungkinan pengeluaran biaya dalam satu bulan. Mencatat secara detail anggaran bulanan juga dapat membantu Sahabat Danakini dalam menentukan prioritas keuangan.

Apa saja yang termasuk ke dalam anggaran bulanan? Diantaranya yakni kebutuhan rumah tangga, kebutuhan pokok satu bulan, berbagai tagihan kredit, dan lainnya.

Mulailah dengan membuat perkiraan jenis anggaran dan harganya. Setelah itu jumlahkan seluruhnya, lalu kurangi dengan gaji bulanan yang tersedia. Pastikan bahwa sisanya tidak kurang dari 30% gaji Sahabat Danakini.

Jika anggaran tidak cukup, sebaiknya Sahabat Danakini mengurangi beberapa poin kebutuhan yang fungsinya bukan sebagai prioritas utama. Misalnya, mengganti keperluan bahan pokok dengan harga yang lebih terjangkau.

2. Evaluasi Penggunaan Gaji Bulan Lalu

Evaluasi adalah langkah penting untuk membuat keuangan menjadi lebih baik dari sebelumnya. Hal ini bisa dimulai dari pengecekan pengeluaran di kartu kredit atau sejenisnya. Selain itu, perhatikan penggunaan bulan lalu yang dirasa tidak penting.

Setelah selesai melakukan evaluasi, Sahabat Danakini dapat menjadikan evaluasi tersebut sebagai pembelajaran di bulan berikutnya. Sehingga Sahabat Danakini tidak akan mengeluarkan uang untuk hal serupa lagi. Dengan begitu, uang akan tersimpan lebih banyak dari bulan sebelumnya.

3. Prioritaskan Pelunasan Kredit

Berdasarkan pembuatan anggaran dari poin pertama, Sahabat Danakini tahu bahwa ada beberapa kebutuhan membutuhkan pengeluaran besar. Namun, sebelum menjalankan anggaran untuk hal lain, pastikan bahwa semua tagihan dalam bulan tersebut telah lunas.

Sering kali keuangan seseorang tersandung akibat lalai dengan kewajiban membayar tagihan. Padahal seharusnya pembayaran tagihan dijadikan sebagai prioritas utama gaji bulanan.

Selain untuk mencapai kehidupan tenang dan damai, melunasi tagihan tepat waktu juga dapat membantu anda mendapatkan keuangan pada saat terdesak melalui kartu kredit.

4. Alokasikan Gaji Sebagai Dana Darurat

Tips membagi gaji bulanan dialokasikan dalam beberapa wadah penting, salah satunya dana darurat. Menyimpan gaji untuk dana darurat adalah hal yang cukup jarang dilakukan. Alasan utamanya adalah gaji tidak mencukupi untuk disimpan sebagai dana darurat.

Padahal peran dana darurat sangat penting untuk jaminan masa depan. Bentuknya mungkin saja seperti tabungan, namun fungsinya adalah sebagai asuransi hidup jika kedepan terjadi musibah seperti PHK, kecelakaan, dan lainnya.

Pada saat seperti itu, hanya dana darurat yang bisa diandalkan dengan cepat. Jadi, jangan lupa untuk menyisihkan sebagian gaji Sahabat Danakini pada tabungan dana darurat. Salah satu cara efektifnya adalah dengan membuat rekening tabungan terpisah.

5. Tabung Atau Investasikan Sisa Dana Tersisa

Gaji sudah habis dan tidak ada yang tersisa untuk dijadikan tabungan ataupun investasi. Tentu hal ini sangat salah, jika Sahabat Danakini mengalami hal ini, maka lakukan evaluasi pada anggaran bulanan.

Hapus atau kurangi pengeluaran yang tidak penting dan anggarkan sebagai tabungan. Ini lah peran penting mencatat anggaran bulanan karena akan terlihat skala prioritas kebutuhannya.

Untuk menabung Sahabat Danakini dapat memanfaatkan rekening terpisah. Namun, jika ingin menyimpan uang untuk jangka waktu lama maka bisa menggunakan deposito atau investasi reksadana.

Selain itu, Sahabat Danakini juga dapat menggunakan metode LSP (Living, Save, Playing) untuk mengalokasikan budget bulanan kalian. 

Tips Membagi Gaji Bulanan
Sumber: Instagram.danakini

Nah itu dia tips membagi gaji bulanan secara efektif untuk membuat kondisi keuangan Sahabat Danakini menjadi stabil. Gaji bisa terkelola dengan sempurna sekaligus mengontrol diri dari sifat boros.

Nikmati ragam fasilitas finansial dari Danakini dengan mengunduh aplikasi Danakini melalui Apps Store dan Play Store.

About Author

Grace Kezia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *