May 3, 2024

Sahabat Danakini, pasti sudah sangat familiar dengan metode pembayaran menggunakan QRIS. Namun, apakah sahabat Danakini telah mengetahui bagaimana cara menggunakan QRIS antarnegara? Quick Response Code Indonesia Standard atau yang biasa disebut dengan QRIS merupakan metode pembayaran digital berbasis QR Code.  

Dilansir dari finansial.bisnis.com, Aida S. Budiman, Deputi Gubernur Bank Indonesia menyatakan bahwa sebanyak 20,6 juta masyarakat Indonesia telah menggunakan alat pembayaran QRIS dan 19,3 juta diantaranya merupakan merchant

Dari banyaknya jumlah pengguna QRIS tersebut, maka tak heran jika Pemerintah Indonesia dan Bank Indonesia bekerjasama untuk meluncurkan sistem pembayaran QRIS Antarnegara pada hari Senin (29/8). 

Peluncuran QRIS Antarnegara diharapkan dapat mendukung dunia pariwisata, UMKM, serta mendukung ekonomi keuangan digital secara nasional. 

Keuntungan Penggunaan QRIS Antarnegara

Photo by Pablo Arroyo on Unsplash
  1. Mudah

Menggunakan QRIS Antarnegara jauh lebih mudah dilakukan ketika ingin melakukan pembayaran dibandingkan penggunaan kartu kredit. Dengan QRIS, pembayaran hanya cukup scan QR Code saja, sedangkan penggunaan kartu kredit perlu memberikan informasi kepada bank terkait agar transaksi dapat berjalan dengan lancar. 

  1. Praktis

Ketika melakukan perjalanan ke luar negeri masyarakat Indonesia tidak perlu lagi untuk menukarkan uang ke money changer dan membawa berbagai kartu yang dapat digunakan, cukup isi saldo dan bayar apapun menggunakan QR Code yang telah tersedia.

  1. Murah

Penggunaan QRIS Antarnegara lebih murah jika dibandingkan penukaran uang di money changer, kartu kredit, maupun tarik tunai di ATM luar negeri. QRIS Antarnegara memungkinkan para penggunanya untuk bertransaksi tanpa adanya biaya tambahan, sedangkan seperti money changer akan menerapkan komisi tambahan tiap ingin melakukan penukaran uang. 

QRIS Antarnegara Dapat Digunakan Di Negara Mana Saja?

Cara Menggunakan QRIS Antarnegara
Sumber: https://asean.org/about-asean/asean-flag/
  1. Thailand

Thailand menjadi negara pertama yang telah mengimplementasikan cross border payment (transaksi lintas negara) sejak Senin 29 Agustus 2022. Saat ini, QRIS sudah dapat digunakan sepenuhnya untuk transaksi perdagangan maupun pariwisata. Telah ada 8 aplikasi yang dapat digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk melakukan transaksi QRIS Antarnegara di Thailand, seperti DANA, Bank Central Asia (BCA), Bank Sinarmas, Bank Syariah Indonesia (BSI), Bank BPD Bali, Bank Permata, dan Bank Mega. 

Sementara itu, terdapat 3 aplikasi Thailand yang dapat digunakan untuk scan QR di Merchant Indonesia, seperti CIMB Thailand, Bangkok Bank, dan Bank of Ayudhya (Krungsri).

  1. Malaysia

Saat ini, QRIS Antarnegara belum dapat dilakukan di Negara Malaysia. Diperkirakan Negara Malaysia akan mengimplementasikan cross border payment pada akhir tahun 2022 atau awal tahun 2023. Nantinya, masyarakat Indonesia dapat melakukan transaksi pembayaran menggunakan QRIS pembayaran Malaysia yakni DuitNow. 

  1. Singapura

Negara Singapura direncanakan akan mengimplementasikan QRIS Antarnegara pada Semester II tahun 2023. Monetary Authority of Singapore (MAS) dan Bank Indonesia (BI) telah bekerja sama dan merencanakan mengenai kolaborasi dengan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI), NETS, dan RAJA (Rintis, Artajasa, Jalin, dan Alto) terkait linkage kode QR. 

  1. Filipina

Bangko Sentral ng Pilipinas dan Bank Indonesia telah membahas mengenai penggunaaan QRIS Antarnegara. Hal inipun sejalan dengan kesepakatan dan komitmen untuk menyambungkan sistem pembayaran melalui QR Code Currency di ASEAN. 

Cara Kerja QRIS Antarnegara

Cara Menggunakan QRIS Antarnegara
Sumber: detikfinance.com

Cara kerja QRIS Antarnegara secara umum masih sama dengan transaksi QRIS biasanya. Untuk menyelesaikan pembayaran, pengguna hanya perlu memindai QR Code yang telah disediakan oleh setiap merchant. 

Para turis yang ingin melakukan transaksi menggunakan QRIS Antarnegara di Indonesia cukup menggunakan aplikasi QR mereka, dan akan secara otomatis dapat langsung terkoneksi dengan QR Indonesia, begitupun sebaliknya. 

Selain itu, saldo yang akan terpotong jika melakukan transaksi menggunakan QRIS Antarnegara akan disesuaikan dengan kurs mata uang lokal. Artinya, kita tidak perlu untuk menukarkan mata uang maupun membawa uang cash terlebih dahulu. 

Cara Menggunakan QRIS Antarnegara

Cara Menggunakan QRIS Antarnegara
Sumber: CNNIndonesia.com

Untuk melakukan transaksi pembayaran menggunakan QRIS Antarnegara ternyata sangatlah mudah. Sebagai langkah awal, masyarakat perlu menginstal aplikasi jasa keuangan yang telah memberikan fasilitas penggunaan QRIS antarnegara. 

Berikut merupakan langkah-langkah yang dapat digunakan untuk penggunaan QRIS antarnegara:

  1. Bukalah aplikasi pembayaran yang telah diinstal
  2. Scan QR Code
  3. Masukkan nominal pembayaran dengan satuan mata uang negara tempat dilakukan transaksi 
  4. Konfirmasi tujuan dan nominal dalam bentuk rupiah 
  5. Masukkan PIN 
  6. Transaksi telah berhasil untuk dilakukan

Nah itulah tutorial penggunaan QRIS Antarnegara yang dapat dilakukan oleh Sahabat Danakini. Selain mudah digunakan, QRIS Antarnegara juga memberikan manfaat lainnya seperti lebih praktis dan murah jika dibandingkan dengan menukarkan mata uang di money changer, penggunaan kartu kredit, dan penarikan uang tunai di ATM luar negeri.

Nikmati ragam fasilitas finansial dari Danakini dengan mengunduh aplikasi Danakini melalui Apps Store dan Play Store.

About Author

Grace Kezia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *