October 6, 2022

Tahukan sahabat Danakini kalau ada beberapa paspor terkuat di dunia. Saat sahabat Danakini ingin bepergian antar negara, ada satu dokumen yang wajib selalu Anda bawa, yaitu paspor. Paspor merupakan dokumen yang dikeluarkan dari negara asal kepada warga negara yang melakukan perjalanan ke luar negeri. Fungsi dari alat ini adalah sebagai kartu identitas dan memverifikasi identitas saat masuk ke suatu negara. 

Berdasarkan fungsi tersebut, paspor dari suatu negara memiliki kekuatan masing-masing. Kekuatan ini dinilai berdasarkan berapa banyak negara yang dapat dimasuki tanpa Visa hanya dengan menggunakan paspor tersebut. 

Sahabat Danakini, Henley & Partners baru saja merilis daftar paspor terkuat di dunia di tahun 2022 yang dikeluarkan dalam laporan The Henley Passport Index: Q3 2022.  Henley & Partners merupakan konsultan kewarganegaraan dan tempat tinggal global yang berbasis di London, Inggris. 

Paspor terkuat di dunia
Photo by ConvertKit on Unsplash

Yuk kita intip laporan tersebut dan cek negara apa saja sih yang memiliki paspor terkuat di dunia? Kira-kira apakah ada Indonesia?

10. Slovakia, Polandia, Lithuania

Pada posisi ke-10 ditempati oleh beberapa negara sekaligus yaitu Slovakia, Polandia, dan Lithuania. Ketiga negara ini dapat masuk ke 182 negara tanpa Visa. Ketiga negara ini sama-sama terletak di benua Eropa.

9. Hungaria

Negara yang terletak di Eropa Tengah menjadi salah satu negara paspor terkuat di dunia dan menempati posisi ke-9 dengan jumlah 183 negara yang dapat dikunjungi tanpa menggunakan Visa. 

8. Australia, Kanada, Republik Ceko, Yunani, Malta

Paspor terkuat di dunia
Photo by ConvertKit on Unsplash

Pada peringkat selanjutnya ditempati oleh negara Australia, Kanada, Republik Ceko, Yunani, dan Malta sekaligus. Kelima negara ini memiliki paspor yang membuat warga negaranya dapat bebas masuk ke-185 negara tanpa perlu menggunakan Visa.

7. Belgium, Selandia Baru, Norwegia, Swiss, Amerika Serikat

Selanjutnya posisi ke-7 dalam paspor terkuat di dunia ditempati oleh 5 negara juga, yaitu Belgium, Selandia Baru, Norwegia, Swiss, dan Amerika Serikat. Jumlah negara yang dapat dikunjungi jika sahabat Danakini memiliki paspor ini adalah 186 negara.

6. Prancis, Irlandia, Portugal, Britania Raya

Photo by Anthony DELANOIX on Unsplash

Negara Prancis, Irlandia, Portugal, dan Britania Raya menempati posisi ke-6 dengan jumlah negara yang bebas dikunjungi tanpa Visa adalah sebanyak 187. 

5. Austria, Denmark, Belanda, Swedia

Keempat negara yang terletak di benua Eropa ini memiliki paspor terkuat di posisi nomor 5 dengan jumlah negara yang bebas dikunjungi adalah sebanyak 188 negara.

4. Finland, Italia, Luxembourg

Tiga negara yang juga masih berada di benua Eropa ini memiliki kekuatan paspor yang membuat warganya dapat bebas masuk ke 189 negara tanpa menggunakan Visa.

3. Jerman dan Spanyol

Paspor terkuat di dunia
Photo by Dennis Rochel on Unsplash

Selanjutnya di posisi nomor 3 ditempati oleh negara Jerman dan Spanyol. Paspor keluaran negara ini memungkinkan warga negaranya untuk mengunjungi 190 negara tanpa perlu menggunakan Visa.

2. Singapura dan Korea Selatan

Posisi nomor 2 pada urutan paspor terkuat di dunia ditempati oleh negara tetangga Indonesia, Singapura dan negara asal K-Pop, Korea Selatan. Paspor dari kedua negara ini membuat warga negaranya dapat masuk ke-190 negara tanpa perlu menggunakan Visa.

1. Jepang

Pada urutan pertama ditempati oleh negara yang terletak di benua Asia, yaitu Jepang. Posisi nomor 1 ini sudah ditempati oleh Jepang sejak lama menjadikan paspor Jepang menjadi paspor terkuat di dunia. Total ada 193 negara yang dapat dikunjungi oleh warga negara matahari terbit ini tanpa perlu menggunakan Visa.

Photo by Jezael Melgoza on Unsplash

Penilaian Paspor Terkuat

Melansir dari Kompas,com, laporan The Henley Passport Index: Q3 2022, penilaian paspor terkuat mencakup 199 paspor dan 227 destinasi perjalanan. Sumber data diambil dari Asosiasi Pengangkutan Udara Internasional atau International Air Transport Association (IATA). 

Perlu diketahui bahwa ada persyaratan masuk ke setiap negara dapat berbeda-beda dan tergantung dari tujuan kunjungan, mungkin saja pemegang paspor dari negara-negara di atas juga memerlukan Visa. 

Sahabat Danakini, lalu apa sih negara yang menempati posisi terakhir sekaligus menjadi negara dengan pemegang title paspor terlemah di dunia? Posisi tersebut ditempati oleh negara Afganistan yang hanya bisa berpergian bebas ke 27 negara saja tanpa Visa. Indonesia sendiri berada di posisi nomor 76 pada urutan paspor terkuat di dunia dengan destinasi yang dapat dikunjungi tanpa memerlukan Visa adalah sebanyak 72 negara. 

Nikmati ragam fasilitas finansial dari Danakini dengan mengunduh aplikasi Danakini melalui Apps Store dan Play Store.

About Author

Indakhila Putri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *