April 13, 2024

Tips Mengelola Keuangan – Sahabat Danakini ada yang ikut merasakan gak nih? Sejak kita memasuki era digital, berbagai aktivitas dilakukan dengan lebih mudah dan modern. Salah satu contoh yang dapat dilihat jelas adalah pada transaksi finansial. Seiring dengan berkembangnya teknologi, transaksi finansial saat ini dapat menggunakan metode cashless payment, dimana pengguna tidak perlu lagi membawa berlembar-lembar uang tunai untuk bertransaksi. Sebagai penggantinya, pengguna hanya perlu memiliki kartu ATM, e-wallet, ataupun kartu elektronik. 

Selain lebih simple, perusahaan perbankan yang menawarkan metode cashless payment juga sering menawarkan banyak promo, dimulai dari potongan harga, sampai cashback. Nah, keuntungan seperti ini yang seringkali menjadi ancaman bagi keuangan kita nih, Sahabat Danakini. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui bagaimana tips mengelola keuangan walaupun dihadapkan dengan keuntungan dan kemudahan menggunakan cashless payment

Saldo Cashless Payment = Pengganti Uang Tunai

Saat Sahabat Danakini ingin menggunakan metode  cashless di suatu toko, Anda harus mengisi saldo dengan melakukan top up terlebih dahulu. Meski begitu, salah satu keunggulan dari cashless payment ini adalah top up dapat dilakukan melalui mobile banking, sehingga dapat dilakukan secara cepat dan praktis. 

Tips Mengelola Keuangan
Sumber Foto: Pexels / Sam Lion

Melihat hal tersebut, besar kemungkinan bagi kita untuk melakukan top up berulang kali tanpa sadar. Apalagi saat melihat banyaknya promo yang ditawarkan oleh e-wallet, gampang banget untuk tergiur! Padahal perlu diketahui bahwa saldo e-wallet dan cashless payment lainnya adalah bentuk dari pengganti uang tunai. Oleh karena itu, yuk, kita lebih bijak dalam melakukan top up agar tidak berlebihan!

Buat Batasan Dalam Menggunakan Cashless Payment

Karena sistem pembayarannya yang hanya dengan satu klik, seringkali kita jadi merasa kesulitan dalam menahan diri saat berbelanja ya, Sahabat Danakini. Melihat permasalahan tersebut, tips mengelola keuangan yang Anda dapat mulai lakukan dalam menggunakan cashless payment adalah membuat batasan budget.

Tips Mengelola Keuangan
Sumber Foto: Pexels / Sam Lion

Di awal bulan saat baru gajian, Sahabat Danakini dapat membuat kelompok anggaran khusus untuk e-wallet. Anda juga dapat menyesuaikan kategori anggarannya menurut keperluan, seperti untuk makanan, transportasi, belanja, dan lainnya. Dengan begitu, Anda dapat lebih mudah mengelola keuangan dan menghindari perilaku konsumtif yang menyebabkan pengeluaran berlebih, serta pemborosan. 

Rajin Melacak Pengeluaran

Jika Sahabat Danakini ingin menghindari pengeluaran yang berlebih, Anda dianjurkan untuk melakukan tips mengelola keuangan yang satu ini, yaitu melacak pengeluaran secara rutin. Walaupun terdengar ribet dan membutuhkan waktu banyak untuk berhitung, aktivitas ini perlu dilakukan, loh. Dengan begitu, Anda dapat menjadi lebih waspada dengan kondisi keuangan setiap harinya dan menghindari pengeluaran untuk hal-hal yang tidak terlalu penting. 

Tips Mengelola Keuangan
Sumber Foto: Pexels / Sam Lion

Agar melacak pengeluaran menjadi lebih mudah, saat ini sudah banyak aplikasi money tracker yang dapat Sahabat Danakini gunakan untuk melacak pengeluaran melalui handphone Anda. Nantinya di aplikasi tersebut, Anda dapat mencatat pendapatan dan pengeluaran dalam jangka waktu yang ditentukan dengan kalkulasi yang jelas, sehingga Anda tidak perlu menghitung lagi secara manual. Bisa banget dicoba nih, Sahabat Danakini!

Buat List Prioritas

Melihat banyaknya promo yang bisa didapatkan saat bertransaksi menggunakan cashless payment, rentan banget untuk jadi pemicu keborosan nih, Sahabat Danakini. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk tidak tergoda dan tetap bijak dalam berbelanja. Cara yang dapat Anda lakukan, salah satunya adalah membuat list prioritas terlebih dahulu mengenai barang apa saja yang ingin dibeli.

Sumber Foto: Pexels / Sam Lion

Sebelum membuat list, Sahabat Danakini dapat mengelompokkan terlebih dahulu mana yang merupakan kepentingan dan mana yang merupakan kebutuhan. Setelah itu, baru dapat diurutkan berdasarkan prioritasnya. Dengan dilakukannya cara ini, Sahabat Danakini dapat menjadi lebih bijak dalam berbelanja dan mengutamakan pengeluaran sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan.

Itulah tips mengelola keuangan menggunakan cashless payment yang Sahabat Danakini dapat lakukan. Walaupun lebih menguntungkan dan memudahkan, tidak menutup kemungkinan teknologi ini justru dapat merugikan kita jika kita tidak dapat mengelola keuangan dengan baik. Maka dari itu, yuk kita sama-sama lebih menahan diri dan bijak dalam bertransaksi!

Dapatkan aplikasi Danakini melalui Apps Store dan Play Store.

About Author

Jovita Christie

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *