July 1, 2022

Memasuki tanggal gajian rasanya nyenengin banget ya, Sahabat Danakini! Selain tagihan yang harus segera dibayarkan, keinginan untuk memenuhi kebutuhan juga langsung menjadi prioritas utama, salah satunya adalah jajan. Disaat kita menyimpan uang, seringkali kita jadi lebih mudah mengeluarkan uang tanpa berpikir dua kali walaupun hanya untuk sekedar membeli kopi atau cemilan. Padahal tanpa disadari, kebiasaan jajan bikin boros untuk finansial kita.

Jika dalam jangka waktu satu bulan kita melakukan perbandingan pengeluaran antara saat jajan di luar dan saat membuatnya sendiri di rumah, kita bisa melihat adanya perbandingan yang sangat signifikan. Saat kita beli kopi di coffee shop seharga Rp22.000/cup, selama 30 hari total pengeluaran Sahabat Danakini akan mencapai Rp660.000. Sedangkan jika kita bikin kopi sendiri di rumah seharga Rp1.500/cup, selama 30 hari total pengeluaran Sahabat Danakini hanya Rp45.000 dan menghemat Rp615.000 setiap bulannya. Tidak hanya kopi, hal ini juga berlaku pada kebiasaan jajan lain, seperti makanan ringan, makanan berat, dan minuman lainnya.

Melihat kebiasaan ini, ada beberapa cara yang dapat Sahabat Danakini lakukan untuk menghindari kebiasaan jajan yang bikin boros.

Baca Juga: Tips Hemat Belanja Bulanan

Tahan-tahan dengan godaan cashback

Semakin hari, layanan pesan antar makanan atau minuman semakin mengalami perkembangan. Dari yang sebelumnya hanya menawarkan kepraktisan dan kemudahan, sekarang banyak layanan pesan antar yang menyediakan cashback dan promo besar-besaran. Hal ini tentu saja sangat menggiurkan dan semakin mendorong kita untuk menjadi konsumtif.

Cashback yang ditawarkan oleh layanan pesan antar makanan atau minuman seringkali memiliki syarat minimal pembelanjaan. Karena itu, saat kita tadinya hanya ingin memesan satu porsi makanan dengan harga Rp25.000, kita jadi harus memesan 2-3 porsi lagi karena tergiur dengan cashback yang mengharuskan pembelian minimal di harga Rp50,000. Padahal, belum tentu juga kita bisa makan porsi kedua dan ketiga lainnya. Agar tidak terjadi seperti itu, Sahabat Danakini dapat mengajak teman-teman lain untuk ikut patungan bersama. Dengan begitu, pengeluaran Anda akan tetap satu porsi, tetapi ada cashback yang Anda terima. Jadi lebih hemat ya, Sahabat Danakini!

Kebiasaan Jajan yang Bikin Boros
Sumber Foto: Pexels / Porapak Apichodilok

Bawa makan dan minum dari rumah

Membawa makanan dan minuman dari rumah adalah langkah selanjutnya untuk menghindari kebiasaan jajan yang bikin boros. Walaupun tidak mudah dan membutuhkan waktu, serta effort yang lebih besar dari biasanya, jika Sahabat Danakini rutin melakukan ini, keinginan untuk jajan di luar jadi semakin menipis dan finansial Anda akan lebih sehat di masa depan, loh.

Selain hal ini berpengaruh pada masa depan finansial Anda, membawa makanan dan minuman dari rumah dapat lebih mengontrol kebersihan dan kesehatannya. Anda juga dapat menentukan sendiri menu jajanan apa yang ingin Anda bawa untuk menemani aktivitas setiap harinya. Bisa makanan berat seperti nasi dan lauk, es kopi di dalam tumbler, makanan yang lebih ringan dan simple seperti sandwich atau salad buah, dan masih banyak menu lainnya. Kantong hemat, badan sehat!

Kebiasaan Jajan yang Bikin Boros
Sumber Foto: Pexels / Sarah Chai

Tentukan limit budget untuk jajan

Menentukan budget bulanan untuk jajan dan memisahkannya dari budget keuangan Anda yang lain dapat Sahabat Danakini lakukan untuk menghindari kebiasaan jajan yang boros. Sahabat Danakini dapat memisahkan 30% dari uang gajian misalnya, kemudian membuat limit maksimal Rp50.000 sehari, atau sesuai dengan yang Anda ingini. Dengan menggunakan cara ini, Sahabat Danakini dapat lebih menguasai diri dalam mengeluarkan uang dan menghindari pengeluaran di luar batas limit yang sudah ditentukan.

Pastikan Sahabat Danakini tetap membuat porsi pembagian gaji & limit seefisien mungkin, ya. Tetap prioritaskan kebutuhan utama Anda, lalu setelah itu Sahabat Danakini bisa memikirkan untuk kesenangan diri.

Kebiasaan Jajan yang Bikin Boros
Sumber Foto: Freepik

Demikian beberapa cara agar kita dapat menghindari kebiasaan jajan yang bikin boros. Dari uang jajan yang sudah berhasil kita simpan, dapat dimaksimalkan lagi penggunaannya untuk program deposito atau investasi sehingga ada perputaran dan keuntungan yang Sahabat Danakini bisa dapatkan. Walaupun di awal-awal pasti tidak gampang untuk merubah kebiasaan, tetapi dengan keseriusan dan keinginan, pasti Sahabat Danakini bisa melihat sendiri hasil dan manfaatnya bagi finansial Anda. Semangat, ya!

About Author

Jovita Christie

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *