Financial Planning Untuk Millennial – Bicara soal uang memang sudah tidak asing lagi ditelinga orang-orang. Sebagai alat pembayaran yang sah, uang memiliki peran yang penting dalam kehidupan sehari-hari masyarakat. Walaupun ada istilah uang bukan segalanya, tetapi tidak dapat dipungkiri kalau uang memiliki nilai dalam kehidupan. Oleh karena itu penting bagi orang-orang untuk melek mengenai perencanaan keuangan. Hal ini tidak terlepas dari kaum millennial

Bicara soal financial memang seakan identik dengan pekerja paruh baya dengan gaji tinggi dan sudah mapan. Namun, jangan salah karena bicara soal financial, apalagi rencana keuangan penting dilakukan sedini mungkin. Perbedaannya hanya financial planning untuk millennial memang cukup berbeda. 

Tidak seperti generasi pendahulunya, generasi millennial hidup di zaman dengan tingkat inflasi yang tinggi. Terlebih lagi, semakin banyaknya saingan untuk mendapatkan pekerjaan membuat cukup banyak millennial yang tidak memiliki kestabilan financial. Memang tantangan financial yang dihadapi oleh generasi yang lahir dari tahun 1985-an sampai 2000-an ini cukup berbeda. Hal ini membuat perencanaan keuangan yang harus dibuat juga berbeda. 

Mungkin masih banyak yang menganggap kalau perencanaan keuangan ini tidak sepenting yang dibayangkan. Jangan salah, ada banyak orang yang kurang fasih dalam keuangan pribadi mereka dan membuat financial pribadi menjadi berantakan. 

Sumber: https://unsplash.com/photos/4gKHjKG7ty4

Rencana keuangan penting dilakukan sedini mungkin karena kamu pasti membutuhkan uang di masa depan, tetapi belum tentu kamu akan selalu mendapatkan uang seperti saat ini. Apalagi pastinya dalam menjalankan kehidupan, ada beberapa hal yang menjadi goals milik kamu dan hal tersebut pastinya hanya bisa didapatkan dengan perencanaan keuangan yang baik. Misalnya membeli rumah, keliling dunia, atau membeli transportasi. Kebutuhan dan keinginan tersebut dapat menjadi dorongan bagi generasi millennial untuk membuat rencana keuangan sesuai dengan kebutuhan dirinya. 

Belum lagi, adanya kejadian tidak terduga yang mungkin membutuhkan dana tambahan. Sebut saja kecelakaan atau pencurian barang. Dengan menyiapkan perencanaan keuangan kamu bisa mewujudkan impian masa depan, sekaligus melindungi dari situasi tidak terduga.

Financial Planning

Sebuah perusahaan biasanya memiliki catatan keuangan yang lengkap, pertumbuhan setiap bulannya, pendapatan, pengeluaran, hingga total aset yang dimiliki. Hal tersebut penting dimiliki untuk memantau kesehatan keuangan milik perusahaan. Tidak berbeda dengan sebuah perusahaan, kamu sebagai seorang individu juga perlu mengetahui kesehatan dengan membuat perencanaan keuangan pribadi dengan membuat financial planning untuk millennial

Mungkin masih cukup banyak generasi millennial yang kebingungan dengan konsep financial planning. Agar lebih mudah, anggap saja perencanaan ini sebagai “Blue Print” panduan bagi keuangan kamu saat ini dan di masa depan. 

Sumber: https://unsplash.com/photos/rH8O0FHFpfw

Tentunya sama seperti “Blue Print”, perencanaan keuangan yang baik harus berisi informasi-informasi penting mengenai keuangan pribadi kamu. Mulai catat pendapatan bulanan dan pengeluaran, rekam semua aset yang kamu miliki, rencanakan pengeluaran setiap bulan, dan pastinya buat data penyisihan uang untuk keperluan-keperluan tertentu. Misalnya 30% pendapatan bulanan dialokasikan untuk tabungan, 20% untuk investasi, 20% untuk pengeluaran bulanan, 20%  untuk senang-senang, dan 10% untuk dana darurat.

Setiap perencanaan keuangan bisa berbeda-beda tergantung pribadi masing-masing. Mungkin saja ada orang yang menyisihkan dana 20% setiap bulannya untuk tabungan membeli rumah atau mobil. Intinya setiap tabungan keuangan dibuat sesuai dengan kebutuhan pribadi masing-masing orang.

Pentingnya Financial Planning untuk Anak muda

Sebagai generasi millennial sudah sepatutnya kamu bertanggung jawab untuk keuangan pribadi milik kamu. Mengapa melek financial planning untuk millennial menjadi sangat penting untuk dilakukan? Jawabannya karena uang adalah hal yang penting untuk keberlangsungan hidup orang-orang, tidak terkecuali kaum yang juga sering disebut sebagai “Echo Boomer” ini.

Masalah keuangan bisa terjadi pada siapa saja dan nyatanya sebagai kaum yang tergolong muda, generasi millennial sangat rentan mengalami permasalahan semacam ini. Tentunya uang tidak hanya dibutuhkan saat ini. Jadi, penting bagi kamu untuk memikirkan uang yang harus dipakai di masa depan juga. Dengan perencanaan keuangan yang mantap, kamu bisa lepas dari ketakutan masalah financial yang mungkin dapat hinggap di kehidupan kamu.

Setelah melek dan sadar akan pentingnya financial planning untuk millennial ini selanjutnya kamu harus menyadari kondisi keuangan kamu saat ini. Untuk mengetahui kondisi keuangan tersebut buatlah daftar pendapatan perbulan, pengeluaran, jumlah aset yang dimiliki, serta jumlah hutang yang dimiliki. Secara mudah kondisi keuangan yang baik adalah ketika pendapatan lebih besar dari pengeluaran. 

Sumber: https://unsplash.com/photos/xoU52jUVUXA

Selanjutnya adalah membuat daftar kebutuhan dan keinginan. Lebih lagi, jangan lupa tuliskan goals untuk masa depan. Pastikan para millennial selalu memprioritaskan kebutuhan sebelum keinginan. Terakhir, sisihkanlah sedikit dari penghasilan untuk berinvestasi. Apalagi di era modern seperti ini, investasi menjadi lebih mudah dilakukan dan resiko investasi pun semakin kecil. Pilihan investasi juga banyak memberikan millenials kebebasan untuk memilih investasi yang sesuai dengan dirinya.

Baca Juga: Cara Merdeka Finansial, Panduan Untuk Anak Muda

Penutup

Itulah beberapa poin dari financial planning untuk millennial dan mengapa penting, terutama bagi millennial untuk melek mengenai perencanaan keuangan. Kemungkinan besar di masa depan akan membutuhkan banyak uang, mempersiapkan segala kemungkinan akan menjadi hal yang paling bijaksana untuk dilakukan. Tentunya hal tersebut tidak hanya membantu kamu di masa ini, tetapi juga kamu di masa depan. 

About Author

Indakhila Putri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *